Senin, 06 Dec 2021
Radar Madura
Home / Rekreasi
icon featured
Rekreasi

Ini Enam Tempat Kuliner Legendaris di Malang

Ada yang Usianya Lebih 100 Tahun

15 November 2021, 20: 47: 31 WIB | editor : Haryanto

Ini Enam Tempat Kuliner Legendaris di Malang

MENGGODA SELERA: Puthu Lanang salah satu kuliner legendaris di Malang (Istimewa)

Share this      

MALANG merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menyuguhkan banyak wisata menarik. Ada alam, budaya, belanja, sampai dengan kulinernya. Selain berbagai tempat wisata, Malang juga memiliki banyak kampus terkemuka di Indonesia.

Karena hal itu, tidak mengherankan banyak wisatawan berkunjung ke Malang saat liburan. Apalagi, akses Malang juga sangat memadai dan telah memiliki bandar udara, Abdul Rachman Saleh.

Maskapai yang membuka rute penerbangan ke Malang juga banyak, salah satunya Sriwijaya Air. Jika berencana ke Malang, bisa dengan mudah pesan tiket Sriwijaya Air online di Traveloka, begitu praktis. Jika sudah berada di Malang, kuliner legendaris memang sangat layak untuk dicoba. Berikut ini enam tempat rekomendasinya.

Baca juga: Baru Launching, Gua Soekarno Diserbu Ribuan Wisatawan

1. Bakso Bakar Trowulan

Berkunjung ke Malang tanpa mencicipi bakso sepertinya ada yang kurang. Karena kawasan berjuluk Kota Bunga tersebut sangat terkenal dengan berbagai tempat makan bakso yang rasanya menggoyang lidah. Salah satu yang cukup legendaris dan banyak dikunjungi adalah Bakso Bakar Trowulan.

Meski namanya bakso bakar, di sini juga ada versi kuah yang sangat nikmat dilahap kala udara mulai dingin. Tempat ini sudah mulai berdiri sejak 1999 dan berlokasi di Jalan C. Trowulan Nomor 65, Mojolangu, Lowokwaru, Malang. Harganya mulai dari Rp 3.000 per biji.

2. Ronde Titoni

Tempat legendaris di Malang yang menyuguhkan minuman hangat adalah Ronde Titoni. Berdiri sejak 1948, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Dalam satu porsi ronde, akan ada kuah jahe hangat dengan ronde (bola-bola warna-warni yang terbuat dari ketan), dan juga kacang tanah.

Meski sederhana, Ronde Titoni hampir selalu ramai. Baik itu pengunjung yang makan di tempat atau bawa pulang. Selain ronde, ada angsle, kacang kuah, roti goreng atau cakwe yang bisa dibeli. Alamat Ronde Titoni ini berada di Jalan Zainul Arifin Nomor 17, Sukoharjo, Klojen, Malang.

3. Toko Oen

Tempat lainnya yang begitu kondang dengan kelegendarisannya adalah Toko Oen. Saat datang ke lokasi, Anda akan merasakan suasana zaman kolonial yang kental. Dari pertama dibuka sampai saat ini, tempatnya tidak terlalu banyak berubah. Salah satu menu utama yang banyak dicicipi para pengunjung adalah es krim rasa otentik.

Selain es krim, banyak juga berbagai makanan atau oleh-oleh yang bisa jadi buah tangan. Alamat Toko Oen di Malang berlokasi di Jalan Jenderal Basuki Rahmat Nomor 5, Kauman, Klojen. Tempat ini sudah berdiri sejak 1930-an dan lokasinya tidak jauh dari Alun-Alun Kota Malang.

4. Puthu Lanang

Sementara jika ingin mencicipi kuliner legendaris yang lebih tradisional, rekomendasinya adalah Puthu Lanang. Tidak hanya makanannya yang enak, namun pemiliknya begitu ramah dan hafal semua pesanan para pembeli meski tidak mencatatnya. Dalam satu porsi, akan ada beberapa potong puthu yang diberi taburan kelapa parut segar ditambah lelehan gula merah kental.

Selain kue putu, tempat ini juga menyajikan klepon, lupis, cenil, atau bisa dicampur jadi satu porsi. Usaha ini beroperasi sejak 1935 dan meski berjualan di gang buntu yang terbilang sempit dan sedikit tersembunyi, banyak orang rela antre panjang. Lokasinya di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Nomor 73, Samaan, Klojen, Malang.

5. Warung Lama H. Ridwan

Jika sedang berbelanja di Pasar Besar Malang, jangan lupa untuk mencicipi berbagai menu kuliner di Warung Lama H. Ridwan. Banyak menu yang disuguhkan. Mulai dari sate komoh, nasi rawon, nasi campur, gule, ayam lodo, ayam bumbu rujak sampai aneka minuman menyegarkan.

Tempat di sini sangat khas sekali dengan didominasi warna putih, baik itu untuk lantai dan tembok. Alamatnya di Lantai Dasar Unit B15-16, Pasar Besar. Beroperasi mulai pukul 08.00–16.00. Jika Anda ingin mencicipi kuliner rumahan yang legendaris, usaha yang sejak 1925 ini wajib dikunjungi.

6. Warung Sate Gebug

Warung Sate Gebug lokasinya memang di pinggir jalan. Namun jika tidak teliti, Anda akan sedikit kesusahan mencarinya. Lokasinya sendiri berada di sekitar Jalan Basuki Rachmat Nomor 113A, di sebelah McD yang terletak di Kayutangan dan sebelum lampu merah.

Menu andalan di warung makanan yang berdiri sejak 1920 ini adalah sate gebug, rawon, dan sop rumahan yang rasanya begitu segar. Saat masuk ke warung, suasananya masih sama seperti awal dibuka. Yakni warung yang merupakan bekas toko es pada masa penjajahan Belanda. Masih ada pilar terbuat dari bebatuan yang dicat hitam.

Meski termasuk kota kecil di Indonesia, Malang memang memiliki segudang kuliner legendaris yang sayang sekali dilewatkan. Mulai dari jajanan, minuman, sampai dengan aneka makanan rumahan. Bagi Anda yang gemar hunting kuliner, Malang harus ada dalam list yang wajib dikunjungi ya. Memiliki rencana jalan-jalan ke Malang dalam waktu dekat? Anda bisa pesan Sriwijaya Air di Traveloka, bisa pesan sekarang dan digunakan kemudian. (*/par)

(mr/*/yan/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia