21.6 C
Madura
Friday, December 9, 2022

CATEGORY

sastra & budaya

Kado Buat Sumenepku yang Ke-753

EUFORIA ucapan, festival, dan beragam kegiatan telah menggema di seantero sudut-sudut Kabupaten Sumenep selama satu bulan ini untuk merayakan Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang ke-753. Beragam prestasi, penghargaan, dan kemenangan yang telah dicapai oleh Sumenep menjadi titik tolak euforia tersebut.

Catatan dari Bedah Buku Dinasti Arya Wiraraja

Salah satu tokoh terkenal di Nusantara dari Sumenep adalah Arya Wiraraja. Dia diperkirakan hidup pada abad ke-13. Tepatnya pada masa kejayaan Kerajaan Singasari. Bahkan, ditengarai sebagai penasihat raja Kertanegara.

Usia Produktif Isi dengan Kegiatan Produktif

M. Atiatul Muqtadir atau lebih akrab disapa Father, lahir di Palembang, 1 Agustus 1998. Father tercatat sebagai mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta dengan mengambil pendidikan kedokteran gigi.

Talak Tiga dengan Korupsi

TANGGAL 15 September 2022 di Gedung Negara Grahadi Surabaya menjadi saksi gerakan penting bagi Jawa Timur di masa-masa yang akan datang. Rapat koordinasi pemberantasan korupsi yang dihadiri Ketua KPK Firli Bahuri

Pemkab Sampang Semarakkan Hari Jadi

Kerinduan masyarakat terhadap semarak musik tongtong segera terobati. Tahun ini pemerintah kembali akan akan menggelar festival. Pemkab Sumenep akan menggelar kegiatan itu bulan depan.

Meneroka Seni Hidup Orang Jawa

KEBUDAYAAN tanah Jawa memang unik, menarik, dan sarat akan makna. Telah banyak para peneliti yang mengkaji, menelaah, dan meneliti secara berulang kali. Namun, Jawa masih tetap menyimpan fenomena dan misteri tersendiri.

Memegahkan Ruang Sunyi (Hikayat Nyai Makkiyah Bin Ashim)

SEBELUMNYA saya tidak mengenal beliau. Bahkan, sejak sehatnya sekali pun. Jangankan mengenal atau berjumpa, mendengar nama saja belum pernah. Yang saya kenali ialah raka (suami) beliau, yakni Kiai M. Faizi, itu pun masih lupa-lupa ingat jika bertemu.

Anemia dan Generasi Muda

TAK sedikit orang yang menganggap anemia atau kurang darah bukan masalah serius. Padahal, penyakit ini bisa menjadi indikasi kondisi kurang gizi yang harus segera diperbaiki. Sebab, jika tidak, dan berlangsung jangka panjang (kronis), anemia juga punya peluang besar mengancam nyawa.

Olle ollang: Penjelajahan Melintas Batas

TEPAT di pintu masuk terpampang kaligrafi karya almarhum KH Solahur Rabbani sebuah lukisan berbentuk huruf arab gha. Huruf yang mirip sosok tengah tafakur dalam suasana hening dalam lingkaran penuh cahaya.

Ekonomi Indonesia di Tengah Kepungan Invasi

INDONESIA berdiri di atas pengorbanan rakyat yang ingin lepas dari kungkungan penjajah. Para pendahulu bangsa, ingin mendirikan sebuah negara yang bebas dari penjajahan demi masa depan generasi penerus bangsa kelak.

Berita Terbaru

/