Radar Madura JawaPos.com | Pottre Koneng RSS News Feed https://radarmadura.jawapos.com/rss/283/pottre-koneng http://www.jawapos.com/images/radar-logo/radarmadura-logo1.png http://www.jawapos.com/images/radar-logo/radarmadura-logo1.png Radar Madura JawaPos.com | Pottre Koneng RSS News Feed https://radarmadura.jawapos.com/rss/283/pottre-koneng id Tue, 22 May 2018 00:46:23 +0700 Radar Madura <![CDATA[Bentengi Diri dengan Ilmu]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/05/22/75323/bentengi-diri-dengan-ilmu https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/05/22/75323/bentengi-diri-dengan-ilmu

INDONESIA menetapkan 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Peristiwa pengeboman di Surabya beberapa hari lalu]]>

INDONESIA menetapkan 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Peristiwa pengeboman di Surabya beberapa hari lalu menjadi bahan refleksi di momen Harkitnas tahun ini. Perlu peran serta semua pihak demi menangkal terorisme. Termasuk pemuda.

Dewasa ini paham radikalisme bukan tidak mungkin juga merasuki kalangan pemuda. Untuk itu, penguatan ideologi Pancasila dan NKRI menjadi penting. Demikian disampaikan R. Roro Annisa, mahasiswi STKIP PGRI Bangkalan.

Menurut dia, Indonesia sepakat memusuhi terorisme. Meski kenyataannya aksi terorisme masih terjadi. ”Yang harus dilakukan pemuda, bentengi diri dengan ilmu pengetahuan yang baik dan benar,” katanya.

Semakin canggih teknologi informasi, semakin mudah banyak hal diakses. Pengetahuan yang baik dan benar menjadi kunci dasar. ”Sering-sering sosialisasikan bahaya terorisme supaya pemuda bisa menangkal,” ujarnya.

Dara kelahiran 1998 itu menambahkan, cara yang lain menangkal terorisme yakni berdoa kepada Sang Pencipta untuk selalu meminta perlindungan. Kemudian, rajin ibadah dan tetap hormat kepada orang yang lebih tua. ”Seminar tentang bahaya terorisme juga bagus untuk mahasiswa dan pemuda,” ujarnya.

Penyebaran paham radikalisme sebagai benih aksi terorisme cukup masif. Baik di media sosial (medsos) maupun dalam pertemuan-pertemuan kecil. Agar tidak mudah termakan paham radikal, generasi muda harus mempunyai pengetahuan yang mumpuni.

Roro Annisa mengutuk keras aksi-aksi terorisme. Baginya, Islam tidak mengajarkan kekerasan. Sebaliknya, Islam menyebarkan kedamaian. ”Tindakan pengeboman itu bukan ajaran Islam,” tandasnya.

]]>
Abdul Basri Tue, 22 May 2018 00:46:23 +0700
<![CDATA[Ulang Tahun Ke-53, Ini Doa dan Harapan Khofifah Indar Parawansa]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/05/19/74770/ulang-tahun-ke-53-ini-doa-dan-harapan-khofifah-indar-parawansa https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/05/19/74770/ulang-tahun-ke-53-ini-doa-dan-harapan-khofifah-indar-parawansa

KHOFIFAH Indar Parawansa genap berusia 53 tahun hari ini, Sabtu (19/5). Mantan Menteri Sosial yang kini menjadi calon Gubernur Jawa Timur]]>

KHOFIFAH Indar Parawansa genap berusia 53 tahun hari ini, Sabtu (19/5). Mantan Menteri Sosial yang kini menjadi calon Gubernur Jawa Timur tersebut memiliki segudang mimpi dan harapan yang belum terpenuhi. Tidak hanya untuk dirinya, tapi juga seluruh masyarakat Jawa Timur. Penasaran apa saja mimpi si mantan penjual es lilin dan pendaki gunung tersebut? Berikut liputannya.

Khofifah tidak pernah bermimpi menjadi anggota DPR RI, bahkan menteri hingga dua kali jabatan. Pun, kini melenggang dalam bursa Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Semasa SD dulu, pecandu kopi ini justru bercita-cita menjadi pembawa berita. Seiring bertambah usia, Khofifah remaja bahkan sempat mengidam-idamkan menjadi seorang pembalap. ”Saya suka kebut-kebutan naik motor. Makanya, sempat terlintas dalam benak saya untuk menjadi pembalap,” kenang perempuan yang juga hobi mendaki gunung tersebut.

IDOLA: Remaja putri berebut untuk berjabat tangan dengan Khofifah Indar Parawansa. (ISTIMEWA)

Khofifah menceritakan masa kecilnya pun jauh dari kesan ”berada”. Sebaliknya, Khofifah pernah menjadi penjaja es lilin dan tukang pungut padi sisa panen di sawah milik nenek dan orang tuanya. Uang yang diperolehnya diperuntukkan untuk membeli buku dan peralatan sekolah.

”Hal itu saya lakukan tanpa sedikit pun rasa malu. Karena buat saya, yang penting saya bisa membantu meringankan beban orang tua,” ungkapnya.

”Baru di tahun 1991, saya diminta mengisi formulir pendaftaran jadi anggota DPR. Tahun 1992 saya jadi pimpinan fraksi, pernah ketua komisi, dan juga pernah jadi wakil ketua DPR RI. Saya masuk Senayan saat usia 26 tahun,” tambah ibu empat orang anak ini.

Kini di usianya ke-53 tahun, bukan berarti semangat Khofifah menjadi padam. Dia masih menyimpan cita-cita besar. Khofifah ingin mengabdi pada tanah kelahirannya, Jawa Timur.

Dua kali menelan kekalahan dalam Pilgub 2008 dan 2013, tidak lantas menyurutkan langkah Khofifah untuk kembali bertarung dalam Pemilihan Gubernur 2018. Bersama Emil Elestianto Dardak, Khofifah bertekad membawa Jawa Timur menjadi lebih sejahtera dan makmur.

”Bukan obsesif. Tapi saya ingin berbuat lebih dan fokus untuk Jawa Timur. Karena bagaimanapun saya lahir dan dibesarkan di Jawa Timur,” tuturnya.

Menurut dia, Jawa Timur masih menyimpan banyak masalah. Seperti pengangguran, kemiskinan, buruknya pelayanan publik dasar (pendidikan, kesehatan, dan administrasi kependudukan), infrastruktur, reformasi birokrasi, dan lain sebagainya. Karena itu, untuk membangun Jawa Timur dibutuhkan ide dan gagasan yang besar, bukan ”seadanya”.

Untuk menggapai cita-citanya tersebut, Khofifah menjadikan Nawa Bhakti Satya sebagai senjata andalan. Khofifah pun optimistis sembilan rumusan program kerja yang disusunnya tersebut mampu membawa kebaikan dan kemuliaan bagi seluruh masyarakat Jawa Timur.

”Nawa Bhakti Satya merupakan konsep pembangunan yang kami godok secara rinci dan detail di semua lini kehidupan masyarakat. Insyaallah, bisa terimplementasikan dengan baik,” ujarnya.

Di hari ulang tahunnya, Khofifah berharap bisa membawa manfaat dan kebaikan di sisa umurnya untuk masyarakat Jawa Timur. Selamat ulang tahun Ibu Khofifah Indar Parawansa.

]]>
Abdul Basri Sat, 19 May 2018 15:12:58 +0700
<![CDATA[Evi Febriani Ajak Lanjutkan Perjuangan Kartini]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/04/24/67401/evi-febriani-ajak-lanjutkan-perjuangan-kartini https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/04/24/67401/evi-febriani-ajak-lanjutkan-perjuangan-kartini

Dosen IAIN Madura Evi Febriani, M.Psi. mengajak para perempuan milenial melanjutkan perjuangan RA Kartini. Salah satu caranya dengan menyumbangkan]]>

SUMENEP – Dosen IAIN Madura Evi Febriani, M.Psi. mengajak para perempuan milenial melanjutkan perjuangan RA Kartini. Salah satu caranya dengan menyumbangkan pemikiran hebat dalam kehidupan sehari-hari untuk bangsa Indonesia.

Perempuan tiga anak itu mengatakan, peringatan Hari Kartini sangat penting. Alasannya, para generasi muda supaya bisa melihat dan meningkatkan elektabilitas daripada perempuan terdahulu. ”Perempuan itu supaya tidak terus diremehkan,” ucapnya Senin (23/4).

Istri Wakil Ketua DPRD Sampang Abdus Salam itu menambahkan, dengan adanya momen penting tersebut, eksistensi dan elektabilitas perempuan sangat tidak diragukan lagi. Apalagi saat ini perempuan banyak menduduki posisi penting. Maka, perempuan tidak bisa menyalahkan kodratnya sebagai perempuan.

”Kami mengajak kepada perempuan Kartini saat ini agar tidak mengubah dan meninggalkan nilai-nilai atau budi pekerti zaman dulu. Misalnya, RA. Kartini sosok priyayi ingin mendobrak bahwa perempuan tidak bisa disepelekan karena pemikirannya,” jelasnya.

Dengan begitu, perempuan masa kini maju dari pemikiran. Perempuan yang menjadi praktisi psikologi itu menjelaskan, Kartini milineal sudah mulai tergeser dari kearifan lokal. Mulai dari gaya hidup, fashion, dan sebagainya. Padahal tidak demikian.

”Yang sangat saya sayangkan ialah gaya hidup perempuan kebarat-baratan. Padahal, perempuan yang anggun secara sikap dan pemikiran jauh memikirkan perubahan, khususnya perubahan wanita dulu dan sekarang. Nilai kearifan lokal atau adat ketimuran tidak diabaikan,” pungkas perempuan yang pernah menjadi tim penilai kinerja aparatur negara Kabupaten Sumenep itu.

]]>
Abdul Basri Tue, 24 Apr 2018 03:38:23 +0700
<![CDATA[Perempuan, Jangan Takut untuk Berkarya]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/04/21/66922/perempuan-jangan-takut-untuk-berkarya https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/04/21/66922/perempuan-jangan-takut-untuk-berkarya

Sosok RA Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita terus dikenang. Berkat perjuangannya, lahir kartini baru yang mendapatkan haknya sebagai bagian dari masyarakat]]>

SAMPANG – Sosok RA Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita terus dikenang. Berkat perjuangannya, lahir kartini baru yang mendapatkan haknya sebagai bagian dari masyarakat yang kompleks.

Bagi Ketua TP PKK Sampang Dra Hj Anna Eko Prapti MM, Hari Kartini merupakan momentum untuk mengenang perjuangan emansipasi wanita. Menurut dia, perempuan Madura memiliki semangat RA Kartini. Potensi tersebut perlu dikembangkan melalui pendidikan dan pelatihan.

Berkat perjuangan Kartini, perempuan tidak lagi dipandang sebelah mata dalam menjalankan kehidupan sosial. Perempuan sudah bisa merefleksikan pendidikan dan kemampuan yang dimilikinya.

HARMONIS: Ketua TP PKK Sampang Anna Eko Prapti bersama suami dan tiga buah hatinya. (Radar Madura/JawaPos.com)

”Eksistensi perempuan sudah dilindungi undang-undang. Jadi, jangan takut untuk berkarya,” pesannya. Perempuan tidak perlu minder untuk menunjukkan kualitas dan jati dirinya. Dengan begitu, keberadaan perempuan tak lagi dikucilkan.

”Mari kita hormati dan peringati serta refleksikan perjuangan RA Kartini dalam kehidupan kita sehari-hari,” ajaknya. Ditegaskan, TP PKK Sampang memiliki sepuluh program khusus. Di antaranya, pembinaan dan pelatihan terhadap perempuan. ”Anggaran TP PKK sekitar Rp 800 juta,” tuturnya.

Dia berpesan kepada perempuan yang statusnya sebagai aparat sipil negara (ASN) supaya giat dan disiplin. Sementara bagi perempuan nonASN, diharapkan terus mengembangkan bakat dan kemampuannya. ”Selamat Hari Kartini, semoga tidak ada lagi kekerasan terhadap perempuan di Sampang,” harapnya.

 

]]>
Abdul Basri Sat, 21 Apr 2018 22:41:51 +0700
<![CDATA[Hari Kartini Momentum Tingkatkan Semangat Juang]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/04/21/66919/hari-kartini-momentum-tingkatkan-semangat-juang https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/04/21/66919/hari-kartini-momentum-tingkatkan-semangat-juang

Perempuan merupakan sumber daya potensial. Perempuan memiliki kualitas yang setara dengan laki-laki. Baik di pemerintahan, perusahaan swasta, maupun]]>

SUMENEP – Perempuan merupakan sumber daya potensial. Perempuan memiliki kualitas yang setara dengan laki-laki. Baik di pemerintahan, perusahaan swasta, maupun nongovernment organization (NGO).

Demikian disampaikan Ketua TP PKK Sumenep Ny Nurfitriana Busyro Karim Senin (16/4). Nurfitriana berharap, Hari Kartini menjadi momentum bagi perempuan serta organisasi-organisasi perempuan untuk meningkatkan citra baik.

Perempuan, menurut dia, harus didorong untuk maju, produktif, dinamis, dan mandiri. Perempuan merupakan salah satu kekuatan bagi kemajuan bangsa.

ELEGAN: Ny Nurfitriana Busyro Karim (VIVIN AGUSTIN HARTONO/Radar Madura/JawaPos.com)

Nurfitriana menganalogikan dengan burung. ”Burung tidak bisa terbang tinggi hanya dengan satu sayap,” tuturnya. ”Begitu juga dengan Sumenep, tidak mungkin maju, aman, adil, dan sejahtera apabila hanya laki-laki yang diberdayakan dan mengabaikan perempuan,” sambung perempuan yang sekaligus pemilik butik House Of Apparel itu.

Hari Kartini yang diperingati tiap 21 April merupakan kilas balik perjalanan perempuan yang gigih memperjuangkan status dan peranannya. Peringatan Hari Kartini diharapkan menyegarkan kembali dan menggugah kesadaran akan perjuangan serta keteladanan RA Kartini dalam mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan.

Nurfitriana berharap, peringatan Hari Kartini tahun ini dijadikan sebagai momentum untuk bersama-sama meningkatkan semangat juang dalam membangun Sumenep. ”Tentu dengan keahlian dan tanggung jawab masing-masing,” pesannya.

]]>
Abdul Basri Sat, 21 Apr 2018 22:38:38 +0700
<![CDATA[Nurfitriana Busyro Karim: Perempuan Adalah Ibu Peradaban]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/04/21/66918/nurfitriana-busyro-karim-perempuan-adalah-ibu-peradaban https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/04/21/66918/nurfitriana-busyro-karim-perempuan-adalah-ibu-peradaban

”Kita sebagai perempuan harus memiliki nilai-nilai positif. Bernilai positif untuk keluarga. Bernilai positif untuk masyarakat. Dan bernilai positif untuk diri kita sendiri,]]>

SUMENEP – ”Kita sebagai perempuan harus memiliki nilai-nilai positif. Bernilai positif untuk keluarga. Bernilai positif untuk masyarakat. Dan bernilai positif untuk diri kita sendiri,” kata Ny Nurfitriana Busyro Karim.

Raden Ajeng (RA) Kartini menginspirasi jutaan perempuan Indonesia. Termasuk Ketua Tim Penggerak PKK Sumenep Ny Nurfitriana Busyro Karim.

Menurut Nurfitriana, perempuan Indonesia patut berterima kasih atas peran dan jasa Kartini dalam mendobrak sangkar besi kehidupan. Inspirasi Kartini mendorong perempuan Indonesia memiliki pendidikan yang tidak kalah tinggi dengan kaum pria.

Ketua TP PKK Sumenep Nurfitriana Busyro Karim. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/Radar Madura/JawaPos.com)

Perempuan juga bisa menjadi entrepreneur. Bahkan bisa menjadi apa saja sesuai dengan yang dicita-citakan. Perempuan bisa berperan aktif dalam kehidupan yang lebih baik, mandiri, dan maju.

Kegigihan dan kepercayaan diri RA Kartini seolah menular kepada perempuan-perempuan Indonesia. Perempuan masa kini memilik tantangan yang cukup kompleks karena dunia terus berubah. Perkembangan teknologi yang cepat, mengubah berbagai pandangan kehidupan. Termasuk interaksi manusia.

”Kartini adalah tokoh yang menginspirasi. Perjuangan beliau membawa dampak besar bagi kaum perempuan,” ujar Nurfitriana.

Istri bupati Sumenep dua periode A. Busyro Karim itu menyatakan, atas perjuangan Kartini, kesetaraan dalam berbagai bidang bisa terwujud. Misalnya, pendidikan dan pekerjaan telah menapaki suatu titik terang. Perempuan bertransformasi menjadi sosok yang tangguh.

”Saya yakin, perempuan adalah penggerak perubahan yang penting. Perempuan adalah ibu peradaban. Perempuan dengan pikiran-pikiran cerdas merupakan inspirasi kebangkitan bangsa,” kata Bunda PAUD Sumenep tersebut.

Nurfitriana menegaskan, perempuan sangat bernilai. Kaum laki-laki sangat menjunjung tinggi perempuan. Sudah semestinya perempuan memiliki nilai lebih yang positif. Yang tidak kalah penting, perempuan tidak keluar dari kodratnya. ”Perempuan harus membanggakan, terutama bagi keluarganya,” tegas dia.

]]>
Abdul Basri Sat, 21 Apr 2018 22:37:29 +0700
<![CDATA[Nia Kurnia: Keluarga Tetap Nomor Satu]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/04/21/66916/nia-kurnia-keluarga-tetap-nomor-satu https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/04/21/66916/nia-kurnia-keluarga-tetap-nomor-satu

Nia Kurnia memiliki kesempatan untuk berkarir lebih tinggi. Sebab, sebelum suaminya menjadi wakil bupati Sumenep, Nia Kurnia telah menjadi komisaris]]>

SUMENEP – Nia Kurnia memiliki kesempatan untuk berkarir lebih tinggi. Sebab, sebelum suaminya menjadi wakil bupati Sumenep, Nia Kurnia telah menjadi komisaris di sejumlah perusahaan. Bahkan sebelum lulus kuliah, dia sudah mulai menata karir di perusahaan besar.

Akan tetapi, ketika diminta memilih, dia tetap mengutamakan sebagai ibu rumah tangga. Baginya, rumah adalah surga. Dia ingin menjadi bagian penting dari kehidupan rumah tangganya. ”Apa pun kesibukan saya di luar, saya tetap mengutamakan keluarga,” terang Nia Kurnia didampingi Achmad Fauzi.

Nia dengan Fauzi berkenalan pada 2008 dan menikah pada 2012. Keduanya dipertemukan dalam sebuah jamuan meja makan. Baik Nia maupun Fauzi ketika itu datang karena mendapat tugas dari kantor masing-masing. ”Awal ketemu pas makan. Dia bersama bos perusahaan. Saya juga bersama bos perusahaan. Kebetulan kantor kami kerja sama,” kisahnya.

Setelah menikah, fokus utama Nia Kurnia menjadi ibu rumah tangga. Dia memang bekerja di beberapa perusahaan. Akan tetapi, itu bukan menjadi tujuan utama dalam hidupnya. Bahkan kepada Achmad Fauzi dia mengatakan siap berhenti kapan saja dari perusahaan jika diminta. ”Saya walaupun kerja, keluarga tetap nomor satu,” tegasnya.

Sebagai istri kepala daerah, dia sadar banyak beban yang harus diemban oleh suami. Karena itu, dia memilih menjadi tempat curhat bagi setiap keluh kesah suami. Dengan catatan, dia tidak terlalu memaksakan diri agar suami bercerita.

Ketika suami pulang dalam keadaan lelah dan penuh beban, biasanya Nia Kurnia membiarkan terlebih dahulu untuk istirahat. Baru setelah tenang, dia mengajak bicara. ”Saya memberinya ruang, apa kira-kira yang dia butuhkan,” tuturnya.

 

]]>
Abdul Basri Sat, 21 Apr 2018 22:36:13 +0700
<![CDATA[Hari Kartini Momentum untuk Bangkit]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/04/21/66915/hari-kartini-momentum-untuk-bangkit https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/04/21/66915/hari-kartini-momentum-untuk-bangkit

Masyarakat Indonesia kembali memperingati hari kelahiran RA Kartini. Kartini dipandang sebagai sosok inspirator bagi seluruh perjuangan perempuan di negeri ini.]]>

SUMENEP – Masyarakat Indonesia kembali memperingati hari kelahiran RA Kartini. Kartini dipandang sebagai sosok inspirator bagi seluruh perjuangan perempuan di negeri ini. Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Sumenep Nia Kurnia Achmad Fauzi juga banyak belajar dari kisah perjuangan Kartini.

Bagi Nia, memperingati Hari Kartini tidak bisa dilakukan secara seremonial belaka. Sebab, acara seremoni cenderung hanya sesaat. Akan tetapi, yang dibutuhkan aktualisasi dari nilai-nilai semangat perjuangan Kartini.

”Kita sudah tidak hidup di era RA Kartini lagi. Tentu tantangan yang dihadapi berbeda dengan beliau,” kata Nia. ”Kita tidak cukup hanya dengan meniru Kartini. Yang perlu kita tiru semangatnya. Sebab, semangat itu tak akan lekang oleh waktu,” tambahnya.

Bagi perempuan berdarah Cirebon-Banten itu, sosok Kartini merupakan pejuang kesetaraan gender. Kartini berjuang dengan cara memfasilitasi teman-temannya belajar. Sebab hanya dengan pengetahuan, ilmu, dan wawasan yang luas, martabat perempuan akan terangkat.

”Beliau seorang pelopor emansipasi wanita yang mampu mewujudkan kesetaraan gender. Saya berharap, semua kaum wanita bisa melihat dan meniru semangat perjuangan beliau,” urai alumnus Unma Pandeglang itu.

Wakil Ketua 1 TP PKK Sumenep itu menegaskan, di era sekarang atau yang populer dengan zaman now, perempuan harus memiliki kecakapan yang luas. Mereka dituntut paham tentang perkembangan zaman dan teknologi. Sebab, perubahan merupakan keniscayaan sekaligus tantangan yang harus dihadapi.

”Perempuan merupakan makhluk yang istimewa. Dia bisa hamil, melahirkan, dan menyusui,” jelasnya. Pada saat yang sama, perempuan juga merupakan sosok yang memiliki kontribusi besar dalam menyukseskan karir laki-laki. ”Makanya ada pepatah, di balik kesuksesan laki-laki ada perempuan hebat di belakangnya,” tegas Nia.

 

]]>
Abdul Basri Sat, 21 Apr 2018 22:35:24 +0700
<![CDATA[Rifanissa Eka Pratiwi Jaga Martabat Perempuan]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/03/28/60794/rifanissa-eka-pratiwi-jaga-martabat-perempuan https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/03/28/60794/rifanissa-eka-pratiwi-jaga-martabat-perempuan

IPPNU Bangkalan menggelar pemilihan Duta Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Senin (26/3). Rifanissa Eka Pratiwi terpilih dan keluar sebagai juara.]]>

BANGKALAN – IPPNU Bangkalan menggelar pemilihan Duta Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Senin (26/3). Rifanissa Eka Pratiwi terpilih dan keluar sebagai juara. Perempuan kelahiran 1999 itu mampu menyisihkan 17 peserta lain dari 17 kecamatan di Kota Salak.

Kepada wartawan, dia mengaku senang terpilih sebagai Duta Pelajar Putri Nahdlatul Ulama. Sebelumnya tidak menyangka. Sebab, peserta yang lain sangat berkualitas.

”Ini baru kali pertama saya dapat juara dalam pemilihan duta. Sebelum-sebelumnya hanya sebagai finalis,” katanya kemarin.

Menurut dia, terpilih sebagai Duta Pelajar Putri Nahdlatul Ulama tentu tugas utama adalah mengajak putri-putri muda Bangkalan untuk berkarya dan bersikap dengan baik. Kemudian, jangan pernah takut untuk belajar dan menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki, tidak boleh minder.

”Selagi demi bangsa, Negara, dan agama. Karenanya, tempuhlah pendidikan setinggi-tingginya. Kemudian, jaga martabat perempuan,” pungkas gadis asal Kamal itu.

]]>
Abdul Basri Wed, 28 Mar 2018 21:26:31 +0700
<![CDATA[Putri Indonesia Janji Promosikan Batik Sumenep]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2017/12/09/32329/putri-indonesia-janji-promosikan-batik-sumenep https://radarmadura.jawapos.com/read/2017/12/09/32329/putri-indonesia-janji-promosikan-batik-sumenep

Putri Indonesia Kezia Roslin Cikita Warouw berkunjung ke Bumi Sumekar, Jumat (8/12). Pada kesempatan itu, mantan Duta Sulawesi Utara tersebut banyak berbicara]]>

SUMENEP – Putri Indonesia Kezia Roslin Cikita Warouw berkunjung ke Bumi Sumekar, Jumat (8/12). Pada kesempatan itu, mantan Duta Sulawesi Utara tersebut banyak berbicara tentang batik. Batik Sumenep tidak kalah saing untuk dipromosikan hingga internasional.

Sebagai putri Indonesia, dirinya wajib mengenalkan dan mempromosikan potensi Indonesia. Batik Sumenep yang merupakan khas daerah dinilai tidak kalah saing dengan batik daerah lain. Bahkan dinilai layak bersaing.

”Kami akan mempromosikan batik Sumenep di tingkat nasional bahkan internasional. Di Indonesia banyak sekali kerajinan batik yang sama-sama bagus. Tentunya batik Sumenep mempunyai ciri khas khusus yang berbeda dengan daerah lain,” ucapnya.

Dirinya akan melihat langsung kerajinan batik. Selama event Sumenep Batik Festival 2017, perempuan yang akrab disapa Keke ini akan mengenakan pakaian berbahan batik. Kehadirannya didampingi desainer nasional Anaz Khairunnas.

Kedatangannya ke Sumenep juga dalam rangka mengenal potensi pariwisata. Sebagai Putri Indonesia dirinya akan mengetahui lebih banyak kebudayaan dan potensi alam. Setelah itu, promosi potensi daerah akan dilakukan.

Perempuan yang hobi traveling tersebut mengaku sangat banyak potensi batik dan wisata di Indonesia. Dirinya berkomitmen mengenalkan semua potensi itu. Dia berharap potensi tersebut terus dikembangkan.

Desainer yang dipercaya Putri Batik Indonesia Anaz Khairunnas menambahkan, batik Sumenep sudah bagus. Namun perlu promosi dan pengembangan produksi. ”Secara promosi masih kalah dengan batik di luar. Kami harap juga didukung dengan pengembangan potensi yang lebih baik,” ucap laki-laki asal Sumenep tersebut.

Beberapa karyanya selalu menyertakan batik Sumenep sebagai upaya promosi. ”Kebetulan orang tua saya salah satu perajin batik. Dalam karya kami selalu tampilkan batik Sumenep. Saya ingin batik Sumenep lebih banyak dipakai semua orang,” ucap desainer yang karyanya akan digunakan 38 finalis Putri Indonesia 2017.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Mien Ahmad Rifai mengatakan, batik Sumenep mempunyai ciri khas. Karena itu, wajib dikembangkan dan dipromosikan sebagai bagian potensi kerajinan Indonesia. ”Tidak hanya batik Sumenep yang akan dipromosikan. Tapi, lebih pada potensi batik Madura satu kesatuan,” imbuhnya.

Humas Pelaksana Event Sumenep Batik Festival 2017 Ibnu Hajar mengatakan, dalam lomba desainer batik menggunakan tema Batik Sekar Jagat. Motif batik tersebut merupakan salah satu motif keraton Sumenep. ”Event ini sebagai upaya meningkatkan potensi batik di Sumenep,” katanya.

]]>
Abdul Basri Sat, 09 Dec 2017 07:05:59 +0700
<![CDATA[Sabila Rahmaniyah Jadi Runner-Up SML 2017]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2017/11/07/25107/sabila-rahmaniyah-jadi-runner-up-sml-2017 https://radarmadura.jawapos.com/read/2017/11/07/25107/sabila-rahmaniyah-jadi-runner-up-sml-2017

Sabila Rahmaniyah, 19, meraih prestasi membanggakan pada event Smart Model Look (SML) 2017. Pada grand final yang digelar di Jogjakarta]]>

  SUMENEP – Sabila Rahmaniyah, 19, meraih prestasi membanggakan pada event Smart Model Look (SML) 2017. Pada grand final yang digelar di Jogjakarta, Sabtu (27/10), dia keluar sebagai terbaik kedua. Putri pasangan RB. Abd Halim dan R. Aj. Fauziyah itu juga mengukir prestasi dalam ajang Indonesian Model Hunt 2016, yakni menjadi runner-up IV.

”Alhamdulillah, ini berkat dukungan kedua orang tua, rekan, dan Coach drg. Novia Sri Wahyuni,” tutur Duta Batik Jawa Timur 2016 ini Senin (6/10). Novi –sapaan akrab drg. Novia Sri Wahyuni–, kata Sabila, merupakan pemilik Agency Tirta Amerta Modelling yang cukup terkenal di Kota Sumekar. Agency tersebut telah melahirkan banyak model kondang. ”Saya sangat berterima kasih pada beliau (drg. Novi, Red). Beliau dengan seksama membimbing dan hadir ke lokasi acara hingga lolos ke grand final,” ucapnya haru.

Untuk diketahui, Grand Final SML 2017 berlangsung di Hotel Grand Tjokro, Jogjakarta. Juri yang hadir adalah artis-artis kesohor Tanah Air. Seperti Roro Fitria, Okan Cornelius, Joe Richard, dan Zee Zee Shahab. ”Alhamdulillah, semoga di masa mendatang lebih baik lagi, modal awal untuk ajang yang lebih bergengsi lainnya,” imbuh Novia Sri Wahyuni.

]]>
Abdul Basri Tue, 07 Nov 2017 17:26:38 +0700
<![CDATA[Dukung Indah Gita, Finalis Smart Model Look 2017]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2017/09/11/12877/dukung-indah-gita-finalis-smart-model-look-2017 https://radarmadura.jawapos.com/read/2017/09/11/12877/dukung-indah-gita-finalis-smart-model-look-2017

Cita-cita Indah Gita menjadi model tingkat nasional tinggal selangkah lagi. Remaja putri 13 tahun kelas VIII SMPN 2 ini menjadi finalis]]>

BANGKALAN – Cita-cita Indah Gita menjadi model tingkat nasional tinggal selangkah lagi. Remaja putri 13 tahun kelas VIII SMPN 2 ini menjadi finalis dalam ajang pemilihan model tingkat nasional, Smart Model Look (SML) 2017. Kegiatan itu akan digelar 26–28 Oktober di Jogjakarta.

Sebagai ibu Indah Gita, Iva Saralee mengajak semua warga Madura, khususnya Bangkalandukung putrinya sebagai perwakilan Jawa Timur dengan cara followInstagram @delapanpro likefoto SML Indah Gita Jawa Timur. Like terbanyak akan mendapat juara sosial media dan otomatis masuk top 15 SML 2017.

”Ingat, follow dulu baru bisa like,” ujar pemilik salon Saralee itu. 

]]>
Abdul Basri Mon, 11 Sep 2017 07:05:59 +0700
<![CDATA[Dorong Pemuda Gemar Membaca]]> https://radarmadura.jawapos.com/read/2017/08/29/10481/dorong-pemuda-gemar-membaca https://radarmadura.jawapos.com/read/2017/08/29/10481/dorong-pemuda-gemar-membaca

KEPALA Puskesmas Kamal Nur Hotibah memiliki hobi membaca]]>

KEPALA Puskesmas Kamal Nur Hotibah memiliki hobi membaca. Membaca diyakini merupakan kunci sukses menambah pengetahuan. Semakin banyak referensi buku yang dibaca semakin bertambah pula wawasan seseorang.

Beberapa buku yang menjadi kesukaan Nur Hotibah, di antaranya materi sejarah Islam maupun sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Buku yang berkaitan dengan masalah kesehatan paling dominan dibaca.

Kendati disibukkan sebagai kepala puskesmas, dia selalu berusaha menyempatkan diri untuk membaca. ”Saya setiap hari juga baca koran Jawa Pos Radar Madura supaya tidak ketinggalan informasi, baik tentang pemberitaan nasional maupun daerah,” terangnya Senin (28/8).

Dia juga mendorong anaknya untuk gemar membaca. Dengan begitu, ilmu pengetahuan mereka semakin luas. ”Kami juga berpesan kepada generasi muda. Kalau pengin pintar ya harus banyak belajar,” tutup Nur.

]]>
Abdul Basri Tue, 29 Aug 2017 14:38:29 +0700