alexametrics
Jumat, 24 Sep 2021
radarmadura
Home > Features
icon featured
Features

Cara FGNK Sumenep Gratiskan Biaya Tes Swab

Temui Bupati, Permintaan Dikabulkan

07 September 2021, 18: 30: 16 WIB | editor : Abdul Basri

MELAYANI: Bupati Achmad Fauzi (pakai belangkon) menemui perwakilan Forum Guru Non Kategori di Pendapa Keraton Sumenep kemarin.

MELAYANI: Bupati Achmad Fauzi (pakai belangkon) menemui perwakilan Forum Guru Non Kategori di Pendapa Keraton Sumenep kemarin. (JUNAIDI PONDIYANTO/RadarMadura.id)

Share this      

Perjuangan Forum Guru Non Kategori (FGNK) Sumenep patut diapresiasi. Sebab, biaya tes swab bagi calon peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) akhirnya digratiskan. Keputusan itu ditetapkan Bupati Achmad Fauzi setelah menerima rombongan FGNK.

JUNAIDI PONDIYANTO, Sumenep, Jawa Pos Radar Madura

LORONG Pendapa Keraton Sumenep kemarin (6/9) sepi. Maklum, sedang tidak ada kegiatan pemerintahan. Meski demikian, Bupati Sumenep Achmad Fauzi terlihat menemui sejumlah tamu. Seperti biasa, bupati selalu mengenakan belangkon saat menemui warga.

Baca juga: Atlet Renang Bawa Pulang Lima Medali

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Fauzi berbicang serius dengan para tamu yang mengenakan pakaian putih dan celana hitam. Belakangan diketahui para tamu yang datang menghadap bupati ternyata dari perwakilan Forum Guru Non Katagori (FGNK) Sumenep.

Dalam pertemuan itu, FGNK menyampaikan beberapa aspirasi. Salah satunya, meminta bupati menggratiskan layanan tes kesehatan bagi calon aparatur sipil negara (CASN). Khususnya, calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang bakal berjuang mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD).

Ketua FGNK Sumenep Bukhari menuturkan, terdapat ketentuan calon peserta harus melampirkan hasil swab test atau rapid test. Termasuk harus divaksinasi. Karena itu, dia memperjuangkan aspirasi teman-temannya. Apalagi, saat ini masa pandemi Covid-19. ”Informasinya, beberapa kabupaten menggratiskan layanan bagi calon peserta yang akan melakukan tes SKD,” tuturnya.

Bukhari mengungkapkan, bupati berjanji menggratiskan layanan tersebut. Calon peserta SKD tidak bakal dipungut biaya tes kesehatan. Bupati juga akan memerintahkan OPD terkait agar kebijakan tersebut bisa segera direalisasikan. ”Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati karena mengabulkan aspirasi teman-teman,” ucap pria berkacamata itu.

Sementara itu, Bupati Sumenep Fauzi membenarkan bahwa tes kesehatan bagi pendaftar rekrutmen CASN Sumenep 2021 tidak akan dipungut biaya alias gratis. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan jajaran panitia kabupaten agar kebijakan tersebut segera ditindaklanjuti dengan dinas kesehatan (dinkes).

”Selain pemeriksaan swab test atau rapid test, vaksinasi juga kami gratiskan. Sebab, vaksinasi menjadi salah satu syarat. Hal itu dilakukan pemerintah untuk mengurangi beban masyarakat pada masa pandemi,” tegasnya.

Achmad Fauzi minta peserta tes CASN tidak lagi memikirkan biaya tes kesehatan. Dia minta peserta fokus belajar agar bisa mengikuti seleksi dan nilai yang dihasilkan sesuai harapan. ”Kebijkan ini berlaku untuk pendaftar PPPK, PPPK guru, maupun CPNS. Pemerintah bakal menggratiskan biaya tes kesehatan,” pungkas politikus PDI Perjuangan itu. 

(mr/yan/jun/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news