alexametrics
Jumat, 24 Sep 2021
radarmadura
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Anda Baru Pertama Kali Ajukan Asuransi, 3 Tips Ini Biar Nggak Gagal

21 Agustus 2021, 21: 20: 48 WIB | editor : Abdul Basri

Asuransi Mobil (Istimewa)

Asuransi Mobil (Istimewa)

Share this      

KESADARAN akan pentingnya menjaga kesehatan membuka mata masyarakat akan manfaat menyiapkan asuransi. Melalui perlindungan yang diberikan oleh produk keuangan tersebut, pemilik polis mampu mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin saja terjadi tanpa pertanda sebelumnya.

Ada banyak sekali jenis asuransi yang bisa dipilih dengan jenis perlindungan yang berbeda-beda pula. Sebagai contoh, Anda bisa memilih asuransi kesehatan untuk menjamin biaya pengobatan Anda bersama keluarga saat terkena penyakit. Atau bisa juga mengajukan asuransi mobil untuk melindungi kendaraan dari berbagai risiko yang mampu mengacaukan keuangan, seperti risiko kehilangan atau kecelakaan berat pada mobil.

Akan tetapi, kepemilikan polis asuransi di dalam negeri masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan sejumlah negara maju lainnya. Khususnya bagi kalangan milenial atau anak muda yang kebanyakan masih belum memiliki asuransi sebagai upaya melindungi diri.

Baca juga: Produk Syafira Batik Diminati Para Pejabat

Nah, bagi Anda yang baru pertama kali mengajukan asuransi, tentu merasa bingung tentang produk asuransi seperti apakah yang tepat dan baik untuk dipilih. Tak perlu ragu, Cermati sudah merangkum 3 tips memilih asuransi yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan finansial. Berikut ulasannya.

Terdapat sejumlah alasan mengapa kawula muda masih enggan memiliki asuransi. Salah satunya adalah merasa tak akan mendapatkan keuntungan atau manfaat dari produk tersebut secara langsung. Hal ini tentu saja pemikiran yang salah dan sudah seharusnya dibuang jauh-jauh dari kepala.

Pasalnya, baik masih muda ataupun sudah berumur, beragam risiko tak terduga bisa terjadi kapan saja. Tanpa asuransi, tentu saja hal tersebut dapat menjadi masalah tersendiri bagi keuangan agar bisa mengatasi masalah tersebut. Terlebih anak muda secara umum mungkin masih belum memiliki kondisi keuangan yang mapan dan tak mempunyai dana darurat untuk mengatasi masalah tersebut.

Oleh karena itu, disarankan untuk menyiapkan asuransi sedini mungkin. Jadi, jika musibah terjadi esok hari, Anda sudah siap untuk mengatasinya karena telah mendapatkan perlindungan dari asuransi. Yang terpenting adalah menyesuaikan jenis asuransi yang dipilih dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

Asuransi mempunyai banyak sekali jenis yang masing-masing diantaranya memberikan perlindungan di suatu aspek tertentu. Sebagai contoh, asuransi kesehatan adalah jenis produk asuransi yang wajib dimiliki oleh semua orang, baik itu yang masih muda ataupun yang sudah tua, untuk menjamin biaya pengobatan saat tiba-tiba terserang masalah kesehatan. Selain itu, jika Anda memiliki mobil pribadi, mendapatkan produk asuransi mobil terbaik menjadi hal yang juga harus dimiliki agar kendaraan mendapatkan perlindungan yang diperlukan.

Setelah menentukan jenis asuransi apa yang hendak dipilih, Anda perlu membandingkan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang berbeda. Pasalnya, setiap penyedia asuransi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya, cakupan perlindungan yang diberikan, kualitas layanan dan perlindungan, biaya polis, dan lain sebagainya.

Tentunya, Anda perlu memilih produk asuransi yang menawarkan perlindungan sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, manfaat yang diberikan oleh asuransi tersebut lebih optimal dan maksimal didapatkan.

Tak kalah pentingnya, memilih asuransi jenis apa pun wajib disesuaikan dengan kondisi finansial atau budget yang tersedia. Umumnya, premi asuransi ada yang dibayarkan setiap bulan atau setiap tahun. Perbedaan tersebut tentu akan mempengaruhi bagaimana Anda merencanakan keuangan nantinya dan membuat alokasi pendanaan untuk membayar premi asuransi.

Secara umum, kualitas perlindungan yang diberikan oleh asuransi berbanding lurus dengan biaya atau premi yang harus dibayarkan oleh nasabahnya. Semakin mahal preminya, biasanya perlindungan yang dijamin oleh asuransi juga semakin lengkap dan berkualitas.

Akan tetapi, belum tentu semua perlindungan yang diberikan oleh asuransi dengan premi mahal tersebut Anda butuhkan. Dalam kata lain, tidak ada salahnya memilih asuransi dengan nominal premi lebih rendah dan terjangkau asal perlindungan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan.

Jangan Biarkan Musibah Menguras Keuangan Anda Karena Tak Menyiapkan Asuransi

Lambat laun, dengan semakin banyaknya kejadian yang terjadi di kehidupan seseorang, kesadaran akan pentingnya memiliki asuransi pasti akan tumbuh. Sebab, hampir semua masalah yang terjadi pada seseorang pada dasarnya bisa diatasi dengan lebih mudah saat memiliki perlindungan dari asuransi. Nah, bagi Anda yang baru akan mengajukan asuransi untuk pertama kalinya, pastikan mengikuti tips di atas agar tak salah pilih.

 

 

(mr/*/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news