alexametrics
Jumat, 24 Sep 2021
radarmadura
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Aplikasi Pembukuan online Fitur Terlengkap

18 Agustus 2021, 21: 27: 41 WIB | editor : Abdul Basri

Istimewa

Istimewa

Share this      

ERA kecanggihan teknologi seperti saat ini, banyak pengusaha mulai beranjak menggunakan layanan pembukuan online. Jika sebelumnya setiap perusahaan membutuhkan beberapa akuntan untuk menginput data satu persatu, kini tidak perlu lagi. 

Kelebihan Menggunakan Pembukuan Online

Di tengah persaingan bisnis online yang semakin sengit, seorang pengusaha dituntut memiliki sistem pembukuan online yang efisien. Kerja sistem harus dibuat sedemikian sederhana agar pengusaha bisa lebih fokus mengembangkan perusahaan.

Baca juga: Bupati Haji Idi Terima Penghargaan dari Gubernur Khofifah

Secara lebih rinci, berikut 6 kelebihan menggunakan aplikasi pembukuan online untuk bisnis:

1. Meningkatkan Branding Perusahaan

Perusahaan yang inovatif akan segera membuang cara-cara kuno ketika mereka sudah menemukan sistem lebih baik. Begitu pula pandangan para konsumen dan kompetitor dalam memandang bisnis kamu.

Kabar baiknya, harga software akuntansi tak selalu mahal. Bahkan beberapa layanan menyediakan fitur gratis bagi para penggunanya. Jadi, tak usah bingung karena tidak selalu membutuhkan modal besar untuk melakukan branding usahamu.

2. Sudah Tersedia Banyak Pilihan Software

Saat ini, software akuntansi online sudah cukup mudah untuk kamu temukan di website, baik buatan lokal maupun luar negeri. Keberagaman jenis ini tentu menguntungkan karena kamu bisa lebih leluasa memilih produk yang sesuai.

Ketersediaan jenis software berbanding lurus dengan semakin banyaknya pilihan fitur dan harga. Selain menguntungkan, penting juga untuk kamu agar lebih teliti dalam memilih yang terbaik.

3. Membuat Laporan Keuangan Lebih Cepat dan Rapi

Dengan teknologi software, kamu bisa membuat tampilan pembukuan online yang canggih dan keren. Beberapa aplikasi pembukuan toko menyediakan banyak fitur custom sehingga desain pembukuan bisa terkesan original.

Pengguna juga tidak perlu khawatir perihal kelengkapan data dalam aplikasi akuntansi. Pihak software juga menyediakan custom kolom sehingga pengguna bisa menambahkan atau mengubah nama kolom sesuai keperluan data.

4. Lebih Mudah Memantau Perkembangan Keuangan

Jika seluruh laporan administrasi bergerak secara sistematis, kebaruan data dalam aplikasi juga akan lebih mudah dipantau. Kecepatan administrasi akan memotori ketangkasan seluruh lini dalam perusahaan.

Fitur kecepatan pembaruan juga sangat menguntungkan jika kebetulan perusahaan sedang menjalani afiliasi dengan pihak lain. Dalam kerjasama, diperlukan transparansi data kedua belah pihak. Disinilah peran accurate pembukuan berbasis online menjadi faktor penunjang.

5. Meminimalisir Human Error

Sebagai manusia, kesalahan adalah aspek tak terhindarkan. Bahkan ketika seseorang sudah berhati-hati, kesalahan tidak disengaja mungkin saja terjadi. Di era teknologi, human error semacam itu dapat diatasi oleh sistem.

Tugas akuntan kini menjadi semakin ringan. Karyawan tinggal menginput data terbaru yang masuk, sistem yang secara otomatis akan memperbarui perhitungan. Mudah, bukan? Selama data yang kamu masukkan sesuai, tidak akan ada masalah pada jumlah saldo, kredit, deposito, ataupun lainnya.

6. Mendapatkan Kepercayaan Ekstra dari Konsumen

Dengan sistem pembukuan online yang akurat, canggih, dan tentunya terpercaya tersebut, konsumen tidak akan ragu dengan kamu. Mereka akan semakin yakin untuk membeli, bekerjasama, maupun menggunakan jasa perusahaanmu.

Sampai di sini kita dapat menyimpulkan bahwa aplikasi pembukuan online memberikan banyak manfaat. Bahkan lebih banyak dari sekedar kesederhanaan administrasi saja. Tentu sayang sekali jika kemudahan ini dilewatkan, bukan? 

5 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Online Paling Canggih 2021

Banyaknya software pembukuan online yang kini beredar tak jarang membuat orang bingung untuk memilih. Padahal memilih aplikasi dengan kualitas terbaik sangat penting agar roda administrasi perusahaan berjalan lebih baik.

Berikut rekomendasi aplikasi accurate pembukuan terbaik yang berhasil kami himpun;

1. Jurnal.id

Fiturnya:

1.      Terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain seperti Payroll dan POS;

2.      Terintegrasi dengan sistem perpajakan dan Bank melalui sistem Cloud;

3.      Dasbor dengan tampilan data real-time dengan desain menarik;

4.      Sistem berspesifikasi tinggi sehingga tidak lemot;

5.      Memiliki banyak jenis kebutuhan software seperti akuntansi, kas dan transaksi, bisnis dan keuangan, persediaan barang atau inventory, invoice, anggaran, dll.

Jurnal.id merupakan software akuntansi yang sudah digunakan oleh ratusan ribu pengusaha di Indonesia. Software ini aslibuatan Indonesia dan sudah memiliki kantor di tiga kota besar. Jadi, jangan meragukan lagi kualitas Jurnal.id.

Cara mendaftar di layanan Jurnal.id sangat mudah. Calon pengguna bisa langsung mengakses website Jurnal.id, kemudian klik tombol personal admin yang tersedia.

Di sana, kamu bisa berkonsultasi dahulu atau langsung bertransaksi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur demo gratis selama 14 hari.

2. Fund Accounting

1.      Fiturnya:

2.      Fitur pilihan mata uang;

3.      Membuat laporan keuangan terperinci;

4.      Terintegrasi dengan perangkat lain;

5.      Berbasis cloud;

6.      Mengadopsi sistem Microsoft NAV dan Azure.

Sekilas, mungkin kamu merasa belum familier dengan aplikasi yang satu ini. Fund Accounting merupakan salah satu aplikasi pembukuan online terkemuka dari Australia. Meskipun belum terlalu populer di Indonesia, fitur-fiturnya yang canggih bisa kamu perhitungkan.

3. SAP

Fiturnya:

1.      Terintegrasi dengan Cloud;

2.      Pembuatan laporan secara real-time;

3.      Fitur financial planner dan budget management;

4.      Terintegrasi dengan fitur SAP Success factors;

5.      Manajemen utang piutang.

Rekomendasi aplikasi pembukuan toko online selanjutnya adalah SAP yang berasal dari Jerman. SAP dikenal lebih cocok untuk perusahaan-perusahaan besar dengan beban administrasi yang besar.

Kurang lebih memang demikian karakteristik pengguna SAP. Selain memiliki harga lebih mahal, fitur-fitur dalam aplikasi ini juga dirancang sesuai jenis kebutuhan makro ala perusahaan ternama. Kurang cocok untuk bisnis kecil atau menengah.

4. EQUIP

Fiturnya:

1.      Manajemen nota untuk debit dan kredit;

2.      Fitur perpajakan yang sudah terintegrasi;

3.      Pembuatan laporan keuangan;

4.      Fitur akunanalitik;

5.      Manajemenmata uang.

Software EQUIP berasal dari negara Singapura dan baru masuk ke Indonesia pada tahun 2018. Meski demikian, antusiasme masyarakat sudah cukup tinggi dalam mengapresiasi aplikasi ini.

EQUIP juga sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan ternama seperti Astra Finance, Hino Truck, Yokohama, dan lain-lain. Selain cocok untuk industri besar, EQUIP juga cocokuntuk UMKM, UKM, dan sejenisnya.

5. MYOB

Fiturnya:

1.      Tersedia tiga paket layanan dengan variasi harga, paket standart, plus, dan premier;

2.      Memiliki sistem kualitas unggulan;

3.      Sudah memiliki branding sangat baik di Indonesia.

MYOB merupakan singkatan dari Mind Your Own Business. Perusahaan pembukuan online asal Australia ini digadang-gadang sebagai software pertama yang masuk ke Indonesia dan mengilhami munculnya software-software lainnya.

MYOB juga menjadi aplikasi akuntansi terbaik di negaranya. Sayangnya, software ini belum secara otomatis terintegrasi dengan sistem perpajakan di Indonesia. Sehingga pengguna harus mengatur ulang PSAK dan sistem perpajakannya.

6. Freshbook

Fiturnya:

1.      Berbasiscloud;

2.      Pelacakan pendapatan otomatis;

3.      Pengaturan faktur pajak secara otomatis dan menyeluruh;

4.      Fitur invoice;

5.      Time tracking.

Freshbook merupakan layanan pembukuan online asal negara Kanada. Meskipun kurang populer di Indonesia, aplikasi ini memiliki banyak fitur memadai untuk membantu administrasi usahamu.

Tampilan yang sederhana membuat proses akuntansi perusahaan menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, Fresh Book juga user friendly sehingga tidak akan menimbulkan kesulitan bagi pemula.

Manakah yang ingin kamu gunakan? Setiap aplikasi memiliki kelebihan masing-masing sehinggakamu bisa mempertimbangkan mana yang paling tepat. Semoga informasi seputar pembukuan online ini bisa bermanfaat dan membantu bisnis lebih berkembang.

(mr/*/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news