alexametrics
Jumat, 24 Sep 2021
radarmadura
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Aplikasi Akuntansi Terbaik Berbasis Cloud

26 Juli 2021, 20: 23: 31 WIB | editor : Abdul Basri

Aplikasi Akuntansi Terbaik Berbasis Cloud

Share this      

PENGELOLAAN keuangan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik usaha, baik itu usaha besar maupun usaha kecil, menengah dan mikro. Manajemen keuangan akan menjadi dasar pengembangan usaha. Keadaan bisnis juga dapat dilihat dari cara mereka mengelola keuangan. Perusahaan yang baik harus memiliki manajemen keuangan yang baik, begitu pula sebaliknya. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, berbagai cara dapat ditempuh. Dari membuat catatan menggunakan Microsoft Excel hingga mempekerjakan seorang akuntan. Namun ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi akuntansi.

Sebelum membahas aplikasi akuntansi lebih lanjut, dilansir dari Jurnal.id di halaman situsnya https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/ berikut adalah beberapa manfaat menggunakan aplikasi akuntansi dalam bisnis Anda:

1.     Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, Anda tidak perlu pusing memikirkan rumus-rumus perhitungan akuntansi. Hal ini dikarenakan terdapat fungsi-fungsi yang dapat digunakan secara langsung dan otomatis dalam aplikasi akuntansi. Dengan cara ini Anda dapat menyelesaikan semua proses akuntansi dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Kiat Melahirkan Sehat di Era Pandemi

2.    Anda dapat mengalokasikan waktu untuk hal-hal yang lebih penting karena proses akuntansi akan ditangani oleh aplikasi akuntansi. Dengan cara ini Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menangani hal-hal lain yang terkait dengan bisnis Anda.

3.     Dengan aplikasi akuntansi, Anda tidak perlu menyewa seorang ahli. Hal ini karena aplikasi akuntansi memiliki fungsi yang dapat diandalkan, sehingga Anda hanya perlu mengamatinya saja.

4.    Karena Anda tidak perlu menyewa ahli akuntansi, Anda juga dapat menghemat lebih banyak biaya. Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk keperluan bisnis lainnya.

5.  Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, Anda juga bisa meminimalisir kesalahan. Seperti yang kita ketahui bersama, ketika Anda menggunakan akuntansi manual, Anda harus menghitung dan mencatat satu per satu. Ini tidak diperlukan saat menggunakan perangkat lunak akuntansi. Dengan cara ini Anda dapat meminimalkan kesalahan karena perhitungan dilakukan oleh sistem yang profesional.

6.     Anda dapat menggunakan perangkat lunak akuntansi untuk melindungi data Anda. Anda dapat mengontrol siapa yang memiliki akses ke data keuangan perusahaan Anda dan mengurangi tingkat penipuan.

7.        Anda dapat mengakses aplikasi akuntansi kapan saja, di mana saja. Hal ini karena aplikasi akuntansi menggunakan penyimpanan berbasis cloud, dan Anda dapat mengaksesnya kapan saja, di mana saja, termasuk saat Anda sedang berlibur atau bepergian.

Setelah memahami manfaat yang Anda dapatkan dari aplikasi akuntansi, Anda pasti penasaran dengan aplikasi akuntansi mana yang bisa Anda pilih. Berikut rekomendasi aplikasi akuntansi yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengelola keuangan perusahaan. Aplikasi pembukuan tidak hanya tersedia di Android saja, tetapi ada juga software aplikasi pembukuan khusus, bahkan ada yang sudah terintegrasi dengan market untuk memudahkan Anda dalam melaporkan pembukuan bisnis Anda.

JURNAL

Salah satu aplikasi akuntansi online terbaik yang menggunakan basis cloud dan layak mendapatkan pertimbangan yaitu Jurnal by Mekari. Aplikasi ini memberikan banyak manfaat dalam pengelolaan akuntansi perusahaan secara optimal. Berkat penggunaan aplikasi ini tentunya dapat membantu perusahaan dalam mencatat seluruh transaksi keuangan secara mudah dan cepat serta mendapatkan pelaporan akurat secara real time.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang menarik untuk para penggunanya. Sehingga dengan menggunakan Jurnal maka otomatis perusahaan dapat melakukan berbagai hal terkait fitur yang diberikan tersebut dengan mudah. Adapun fitur-fitur andalan Jurnal by Mekari antara lain yaitu sebagai berikut.

●        Fitur laporan bisnis dan keuangan, yang membantu perusahaan dalam memilih berbagai template laporan keuangan sesuai kebutuhan perusahaan.

●        Fitur akuntansi yang membantu perusahaan melaksanakan pembukuan yang efektif dan minim kesalahan.

●        Fitur kas dan transaksi, yang membantu melacak serta mengawasi jalannya transaksi dalam perusahaan secara real time.

●        Fitur invoice yang bermanfaat untuk membuat serta menerbitkan invoice dengan mudah mengintegrasikan secara langsung dengan laporan keuangan yang dibuat.

●        Fitur produk dan inventory untuk membantu perusahaan dalam mengelola seluruh produk yang ada secara optimal.

●        Fitur biaya dan anggaran yang dapat mengelola seluruh biaya dan bentuk pengeluaran lainnya secara efektif dan efisien.

●        Fitur perpajakan sesuai regulasi pajak di Indonesia. Sehingga perusahaan dapat melakukan perhitungan pajak secara akurat serta mendukung pembuatan faktur secara mudah.

●        Fitur mobile app yang membantu perusahaan melakukan akses pada aplikasi kapan saja dan dimana saja.

ODOO

Berikutnya bagi yang mencari informasi aplikasi akuntansi terbaik dapat juga mempertimbangkan untuk menggunakan Odoo. Aplikasi ini termasuk salah satu yang banyak diminati karena memiliki tampilan yang mudah dimengerti bagi banyak penggunanya. Belum lagi memiliki berbagai macam fitur menarik yang cukup bermanfaat. Adapun beberapa fitur maupun manfaat menarik yang dapat ditemukan saat menggunakan Odoo yaitu sebagai berikut:

●        Fitur untuk membuat faktur perusahaan secara manual termasuk proses mencetak serta mengirimkannya pada konsumen dengan mudah. Sehingga menghasilkan sistem pembayaran untuk perusahaan yang lebih optimal maupun menghemat banyak waktu.

●        Fitur untuk akses keuangan dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Hal ini akibat adanya aplikasi mobile dari Odoo yang dapat diakses melalui berbagai macam perangkat sesuai keinginan pengguna.

●        Odoo juga memiliki fitur pembayaran otomatis yang bervariasi. Termasuk penggunaan kartu kredit, Paypal, Adyen, Ingenico, dan macam-macam lainnya.

●        Odoo juga dapat melakukan pengecekan terhadap pesanan pelanggan, faktur, hingga pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan secara akurat.

●        Fitur lainnya yang tidak kalah bermanfaat yaitu fitur scan QR yang memudahkan konsumen membayar hanya dengan melakukan pemindaian kode QR.

WAVE

 

Wave adalah aplikasi akuntansi yang berasal dari Amerika Serikat dan telah digunakan oleh ratusan ribu orang. Aplikasi ini memiliki fungsi yang cukup lengkap, seperti pengiriman invoice, pencatatan keuangan, dan pembuatan kwitansi online.

Keunggulan Wave adalah tampilannya yang cantik, tidak perlu menginstal software, dan memiliki fungsi yang relatif lengkap. Namun, sangat disayangkan bahwa fungsi inventaris dan inventaris tidak didukung.

Karena aplikasi ini dirancang untuk digunakan di Amerika Serikat dan Kanada, mungkin terasa aneh jika Anda menggunakan aplikasi ini di Indonesia karena beberapa fungsi tidak dapat diakses. Wave adalah aplikasi akuntansi gratis dengan fungsi seperti pengiriman invoice, pencatatan laporan keuangan dan pembuatan kwitansi online. Dengan perangkat lunak akuntansi dari Wave ini, Anda dapat menautkan rekening bank dan kartu kredit tanpa batas ke buku rekening Anda. Wave telah digunakan oleh ratusan ribu pengguna gratis dan berbayar.

ZIPBOOK

Zipbook adalah aplikasi akuntansi yang sangat cocok untuk usaha kecil dan menengah. Zipbooks juga menjadi pilihan bagi para freelancer atau pekerja lepas untuk mengelola keuangan mereka. Untuk kenyamanan pengguna, Zipbook menyediakan layanan chat real-time yang selalu aktif selama jam kerja. Namun, karena Zipbook belum tersedia di Indonesia, Anda harus menyesuaikan jam kerja Anda dengan jam kerja Anda di luar negeri.

AKAUNTING

Akaunting menyediakan banyak fungsi penting yang dibutuhkan oleh perusahaan. Menggunakan Akaunting, Anda dapat menerbitkan faktur, menyinkronkan akun, melacak pengeluaran, mengatur faktur berulang, mengelola pelanggan, dan mengelola pemasok. Akaunting adalah perangkat lunak akuntansi yang dapat diakses secara gratis, tetapi untuk mengakses fitur yang lebih canggih, seperti pembayaran online, Anda harus mengunduh aplikasi, yang akan dikenakan biaya tahunan.

QUICKBOOKS

Aplikasi pembukuan akuntansi selanjutnya adalah Quickbooks. Aplikasi ini dapat membuat faktur, Anda dapat melampirkan foto atau bahkan catatan pada faktur dan transaksi untuk membuat laporan keuangan, termasuk laporan penjualan, laporan laba rugi, laporan saldo, laporan pembelian, dll. Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah pengguna dapat mengelompokkan transaksi pendapatan sehingga dapat membuat laporan laba rugi berdasarkan kelompok. Anda dapat mengaksesnya dari tablet atau komputer Android yang harus terhubung ke Internet.

SLACKPIE

Slackpie adalah aplikasi akuntansi yang menyediakan antarmuka yang mudah dipahami untuk pemula. Bagi yang tidak memiliki banyak pengalaman di bidang aplikasi akuntansi, Anda bisa memilih Slickpie. Selain itu, Slackpie juga bisa diakses secara gratis, namun sayangnya saat ini belum ada pilihan bahasa Indonesia untuk Slackpie.

GNUCASH

GNUCash telah dikenal dan digunakan oleh banyak orang, terutama aplikasi akuntansi ini dirancang untuk usaha kecil menengah. GNUCash memiliki fungsi seperti faktur, piutang, hutang, akun investasi, depresiasi nilai, formulir pajak, akun kredit, pinjaman, dll. Dengan GNUCash, Anda dapat melacak pendapatan, rekening bank, pengeluaran, dan saham Anda.

TURBOCASH

TurboCash adalah aplikasi akuntansi yang sangat cocok untuk usaha kecil dan menengah. TurboCash akan membantu Anda mengelola keuangan perusahaan, mulai dari pembuatan laporan laba rugi, pembuatan saldo, neraca saldo, laporan rekonsiliasi bank, faktur, akuntansi pajak pertambahan nilai , Kontrol inventaris dimulai, dan produksi buku besar.

NCH EXPRESS

NCH Express adalah aplikasi akuntansi versi gratis yang dapat mendukung pengelolaan keuangan usaha kecil dengan kurang dari 5 orang. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, Anda dapat mengakses dan menghasilkan 20 laporan keuangan yang dibutuhkan oleh bisnis Anda. Dengan NCH Express ini, Anda juga bisa mengelola utang dan piutang. Pada saat yang sama, untuk dapat mengakses pembukuan online, Anda harus membeli perangkat lunak akuntansi versi cloud.

FRESHBOOKS

Freshbooks adalah aplikasi akuntansi berbasis cloud yang sangat mudah digunakan, terutama untuk usaha kecil. Aplikasi ini juga menyediakan invoice, laporan dan time tracking. Ini memiliki fungsi seperti pelacakan otomatis penghasilan Anda dan pengingat pembayaran. Tidak hanya itu, Freshbooks juga dapat memproses faktur pajak untuk semua proyek yang telah selesai, karena Anda dapat mengelola keuangan Anda dengan lebih efektif.

KESIMPULAN

Tentu saja, ketika menjalankan bisnis, kita perlu melengkapi bisnis kita dengan alat pencatatan keuangan. Karena alat pendukung ini dapat membantu kita dalam menghasilkan laporan keuangan perusahaan. Pencatatan penjualan toko dapat dilakukan secara manual misalnya dengan menggunakan buku besar atau mempermudah dengan menggunakan aplikasi pembukuan sederhana.

Saat ini banyak perusahaan yang mulai menggunakan aplikasi pencatatan keuangan perusahaan untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran bisnisnya. Sebelum memasuki aplikasi pembukuan apapun, Anda harus mengetahui apa itu pembukuan.

Pembukuan akuntansi adalah proses pencatatan reguler yang digunakan untuk mengelola informasi keuangan dan keuangan perusahaan termasuk modal, kewajiban, keuntungan, aset, dan biaya lainnya. Tidak hanya itu, informasi keuangan lainnya, seperti total biaya pembelian dan pengiriman barang dan jasa, nantinya akan disiapkan dalam laporan keuangan, seperti laporan laba rugi periode tertentu.

(mr/*/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news