alexametrics
Kamis, 29 Jul 2021
radarmadura
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Tips Menabung yang Benar dan Efektif, Yuk Dicoba!

21 Juni 2021, 20: 35: 15 WIB | editor : Abdul Basri

Tips Menabung yang Benar dan Efektif, Yuk Dicoba!

Share this      

TAK sedikit orang yang merasa sulit untuk membiasakan diri dalam menabung. Bahkan sering mencari cara untuk menabung. Tips menabung yang benar dan efektif sangat penting untuk tujuan atau target tertentu. 

Banyak orang yang gagal menabung karena mempunyai anggapan jika kegiatan tersebut menjadi beban diri sendiri. Padahal bila Anda lakukan maka akan menjadi kebiasaan baik, manfaat untuk kedepannya akan Anda rasakan.

Simak Tips Menabung yang Benar dan Efektif

Baca juga: Pemkab Punya Utang Puluhan Miliar terkait Modal Dasar PT Sumekar

Salah satu bentuk dari menabung adalah berhemat dan berinvestasi. Hal lainnya yang sangat dianjurkan adalah kedisiplinan menetapkan target dan memonitor tabungan. Sehingga aset yang Anda miliki akan terus bertambah. 

Dengan mengetahui dan mempelajari tentang tips menabung, maka tujuan finansial akan tercapai dengan mudah. Mulai dari pengusaha, mahasiswa, karyawan, bahkan pelajar. Cara menabung harus dipahami dengan baik untuk masa depan masing-masing yang terbaik. 

Tujuan menabung sangat beragam, tergantung individu masing-masing. Seperti untuk membeli rumah, biaya pernikahan, atau tujuan jangka pendek.

Agar menabung menjadi mudah dan lebih ringan, maka ikuti tips menabung yang efektif di bawah ini. 

Tentukan Tujuan dan Target Menabung

Sebelum menabung, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah tujuan jelas. Dengan demikian, akan lebih termotivasi dalam membiasakan diri untuk menabung. 

Tentukan apa yang menjadi keinginan Anda, sehingga dapat mencapainya dengan menabung. Selanjutnya tentukan prioritas menabung dan pilihlah berdasarkan kebutuhan. 

Tips menabung efektif dengan mengetahui target dan waktu supaya tabungan tercapai. Catat pemasukan dan pengeluaran, sehingga dapat mengalokasikan anggaran untuk menabung. 

Pemasukan rutin seperti gaji, keuntungan bisnis, komisi penjualan, dan lainnya harus dikelola. Bila belum mempunyai penghasilan tetap, maka dapat memberikan nilai rata-rata.

 Catat pengeluaran bulanan sedetail mungkin.  Dengan cara itu, maka bisa mencari rekam jejak pengeluaran, misalnya dari bukti transfer, tagihan kartu kredit ,dan nota belanja. 

Menabung Efektif Sistem Tanggal

Tips menabung jangan karena ada uang sisa, namun sengaja menyisihkannya sebelum menggunakan. Misalnya saja Anda dapat menabung dengan menggunakan sistem tanggal. Setiap menabung tentukan tanggalnya supaya rutin melakukannya. 

Bisa juga dengan menyesuaikan beberapa hari dalam satu bulan. Mulailah menabung dan menyisihkan uang secara rutin. 

Anda bisa mengumpulkan uang mulai dari pecahan terkecil. Jangan menganggap remeh dengan uang recehan. Karena seperti pepatah, sedikit demi sedikit akhirnya menjadi bukit. 

Anda dapat menyiapkan celengan dengan ukuran besar. Karena uang receh biasanya akan memakan tempat. 

Memisahkan Rekening Tabungan

Finansial akan terganggu apabila mempunyai rekening yang sama. Jadi, tips menabung selanjutnya dengan memisahkan antara tabungan, dana darurat, dan pengeluaran rutin.

Bisa saja Anda menggunakan uang tabungan untuk memenuhi pengeluaran rutin. Sehingga tidak mengetahui secara jelas jumlah uang tabungan Anda di rekening. Jadi, solusi terbaik adalah mempunyai rekening terpisah.

Mempunyai Teman dengan Gaya Hidup yang Sama

Menjalankan gaya hidup sederhana, kemudian tidak berlebihan saat mengeluarkan uang perlu dukungan dari teman dan keluarga. Akan lebih baik jika Anda mempunyai teman dengan gaya hidup yang sama. 

Jadi, jangan terlalu sering menghabiskan waktu bersama dengan teman yang memiliki gaya hidup berlebihan dan boros. Hal tersebut akan mempengaruhi keuangan Anda, karena sifat boros.

Investasikan Uang Anda

Tips menabung lainnya adalah dengan cara investasi. Bukan hanya sekedar menabung, namun Anda akan merasakan bunga dari hasil investasi. Sahabat Pegadaian bisa menginvestasikan uang Anda supaya lebih aman.

Pernyataan jika investasi hanya bisa dilakukan dengan nominal besar. Kemudian hanya cocok bagi orang yang sudah mempunyai banyak uang adalah salah. Sebab, memulai investasi bisa dari nominal kecil. 

Investasi dapat berupa menabung deposito, obligasi, saham, dan emas. Emas salah satu bentuk investasi yang terbaik. Pergerakan harganya dapat dipantau kapan saja. Jenis logam mulia ini tergolong likuid. 

Jangan terburu-buru saat membeli suatu barang. Anda dapat membandingkannya di tempat lain. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan harga terbaik dan menghemat pengeluaran. 

Berhemat merupakan langkah untuk mengurangi pengeluaran. Untuk tujuan menabung dan finansial yang mendesak, bisa mengurangi pengeluaran seperti membeli game, video, dan hiburan lainnya.

Selain itu, hentikan kebiasaan buruk seperti ngemil tidak sehat, minum alkohol, dan merokok. Hal tersebut akan membuat hidup lebih sehat, hemat, dan menabung lebih banyak.

Cari Penghasilan Tambahan 

Simulasi tabungan emas menjadi upaya terbaik dalam hal investasi. Emas merupakan aset yang nyata untuk melindungi uang dari inflasi. Meskipun dalam jangka pendek mengalami fluktuasi, namun harganya selalu naik dalam jangka waktu panjang. 

Langkah terakhir jangan lupa untuk selalu memonitor pertumbuhan tabungan Anda. Tidak ada salahnya apabila melakukan evaluasi untuk prioritas kebutuhan. Mengalihkan tabungan untuk tujuan yang lebih tepat bisa saja Anda lakukan. Namun dalam waktu dekat jangan terlalu sering berubah pikiran. 

Tips menabung harus menjadi kebiasaan baru. Meskipun tujuan menabung sudah tercapai, namun harus tetap bersemangat mengumpulkan pundi-pundi untuk menambah kekayaan. (par)

(mr/*/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news