alexametrics
Kamis, 29 Jul 2021
radarmadura
Home > Bangkalan
icon featured
Bangkalan

Kapolres Alith Fokus Tangani Covid-19

18 Juni 2021, 20: 18: 45 WIB | editor : Abdul Basri

KHIDMAT: Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino didampingi istri dan Wakapolresta Banyuwangi AKBP Didik Hariyanto doa bersama sebelum menggunting untaian melati kemarin.

KHIDMAT: Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino didampingi istri dan Wakapolresta Banyuwangi AKBP Didik Hariyanto doa bersama sebelum menggunting untaian melati kemarin. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN, Jawa Pos Radar Madura – Serah terima jabatan (sertijab) pejabat utama dan polres jajaran digelar Polda Jatim kemarin (17/6). AKBP Didik Hariyanto yang sebelumnya menjabat Kapolres Bangkalan juga mendapat posisi baru. Saat ini Didik menjabat Wakapolresta Banyuwangi. Penggantinya AKBP Alith Alarino yang sebelumnya menjadi Pamen Bareskrim Polri (penugasan PD PPATK).

Pisah sambut digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Kegiatan itu digelar di lobi Polres Bangkalan. Setelah itu, dilanjut apel pengenalan kepada anggota Polres Bangkalan.

Didik Hariyanto bertugas di Bangkalan selama 7 bulan 8 hari. Selama itu, penanganan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta perlindungan masyarakat berjalan dengan baik. Seperti pelayanan dan penegakan hukum.

Baca juga: Kapolres Alith Alarino Tegaskan Siap Bersinergi

Pemilihan kepala desa (pilkades) pada 2 Mei berjalan dengan lancar. Selain keberhasilan personel polres, pesta demokrasi di tingkat desa itu didukung peran serta elemen masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda. Dengan demikian, pesta demokrasi di level bawah betul-betul berjalan tanpa gejolak. ”Ini yang betul-betul saya rasakan,” katanya.

Didik berkesan selama bertugas di Kota Zikir dan Salawat. Lebih-lebih dalam melaksanakan ibadah. Menurut dia, kesan itu semakin mendalam karena di kabupaten ini ada maqbarah Syaikhona Muhammad Kholil sebagai panutan. Baginya, Mbah Kholil merupakan tokoh luar biasa.

”Beliau mondok di Banyuwangi. Saya sudah cek. Mondoknya di Banyuwangi sebelum berangkat ke Makkah. Saya tidak tahu ini garisan (mutasi Didik ke Banyuwangi) atau bagaimana. Yang jelas, amanah akan saya laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujarnya.

Sebagai warga baru di Bangkalan, Kapolres AKBP Alith Alarino memohon doa restu kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda. Dia juga mengajak pers bekerja sama sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik. ”Seperti pelayanan, perlindungan, dan pengayoman terhadap masyarakat Bangkalan,” katanya.

Pihaknya akan meneruskan program Didik. Kegiatan itu mengacu pada prioritas kerja pemerintah dalam penanganan Covid-19. ”Kami akan meningkatkan kegiatan 3T (testing, tracing, dan treatment),” tegasnya.

Alith akan menyosialisasikan tentang penanganan korona di Bangkalan. Inovasi akan dilakukan agar masyarakat menerapkan 5M (mencuci tangan, memakai masker, mengurangi mobilisasi, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak). ”Kami mohon kerja sama yang baik untuk Bangkalan ke depan,” harap Alith.

Selain Polres Bangkalan, Polres Sumenep juga ganti nakhoda. Kini, polres ujung timur Pulau Madura ini di bawah kendali AKBP Rahman Wijaya. Tongkat komando Polres Sumenep resmi pindah tangan dari AKBP Darman kepada AKBP Rahman Wijaya. AKBP Darman dipercaya mengemban amanah baru sebagai Kapolres Tuban. Sementara, AKBP Rahman Wijaya sebelumnya menjabat Kasubdit III/Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jawa Timur. (jun)

(mr/rul/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news