alexametrics
Sabtu, 19 Jun 2021
radarmadura
Home > Pamekasan
icon featured
Pamekasan

Pemkab Pamekasan Gratiskan Vaksin Lansia

Bupati Berharap Wabah Cepat Selesai

03 Juni 2021, 18: 05: 29 WIB | editor : Abdul Basri

PENUH TEROBOSAN: Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam suatu acara di Peringgitan Dalam Pendapa Ronggosukowati.

PENUH TEROBOSAN: Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam suatu acara di Peringgitan Dalam Pendapa Ronggosukowati. (HUMAS PEMKAB FOR RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN, Jawa Pos Radar Madura – Pemkab Pamekasan terus menggagas program-program yang berpihak kepada rakyat. Salah satu yang terbaru adalah program vaksinasi gratis bagi masyarakat lanjut usia (lansia).

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menerangkan, vaksinasi bertujuan meningkatkan imunitas masyarakat. Bupati menyatakan, pemkab tidak ingin menambah beban mereka. Sebisa mungkin meringankan.

Dia menjelaskan, selain digratiskan untuk lansia di atas 59 tahun, para pengantar lansia juga akan mendapatkan jatah vaksin gratis. Dengan syarat, berusia 18 tahun lebih, berdomisili di Pamekasan, serta mendaftarkan dan mengantar minimal dua lansia.

Baca juga: Agenda Padat, DP Verfak Pengda JMSI Kaltim Pada Malam Hari

”Kita berharap wabah ini cepat selesai, sehingga semua bisa kembali normal. Tentu, vaksinasi ini adalah jalan yang paling mungkin bisa tempuh di tengah situasi pandemi yang belum selesai,” jelasnya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pamekasan Nanang Suyanto menjelaskan, vaksinasi dimulai dengan pendaftaran ke puskesmas terdekat dari tempat tinggal warga yang hendak ikut vaksinasi. Program ini secara khusus diperuntukkan lansia di atas 59 tahun. Sementara untuk yang mengantar, siapa saja bisa, umum, juga bisa mendapat jatah vaksin gratis. Dengan syarat, maksimal membawa dua lansia langsung ke puskesmas setempat.

Nanang mengatakan, hingga kemarin (2/6), Pemkab Pamekasan tidak mematok kuota atau batas maksimal. Tidak ada kata overload pada vaksinasi gratis ini. Dia mengaku juga belum bisa mengetahui sejauh ini sudah berapa yang mendaftar vaksinasi gratis.

”Karena daftar dan vaksinasinya langsung ditangani di puskesmas,” katanya. Dia mengatakan, vaksinasi gratis ini tentu perlu disambut baik oleh masyarakat. ”Karena pemkab sudah memberikan ini cuma-cuma,” katanya.

Salah seorang warga Kecamatan Kota Pamekasan Hariyanto berpendapat, vaksinasi gratis sangat membantu warga tidak mampu. ”Insyaallah, saya akan membawa ibu saya untuk divaksin,” kata pemuda 27 tahun itu.

Dia mengatakan, golongan orang tua lebih rentan diserang virus. Untuk itu, vaksinasi sangat dibutuhkan, sehingga imunitasnya bertambah. ”Sering saya dengar informasi bahwa lansia lebih rentan,” imbuhnya. (ky)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news