alexametrics
Sabtu, 19 Jun 2021
radarmadura
Home > Bangkalan
icon featured
Bangkalan

Ra Latif Akan Kembalikan Kejayaan Kedelai Bangkalan

Pemkab Gandeng PT Khalifah Incorporation

05 Mei 2021, 19: 04: 31 WIB | editor : Haryanto

KOMITMEN: Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron menandatangani MoU dengan Chief Executive Officer PT Khalifah Incorporation Eka Triatna Shanti di Pendapa Agung, Rabu (5/5).

KOMITMEN: Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron menandatangani MoU dengan Chief Executive Officer PT Khalifah Incorporation Eka Triatna Shanti di Pendapa Agung, Rabu (5/5). (Vivin Agustin Hartono/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron menandatangani memorandum of understanding (MoU) bersama PT Khalifah Incorporation di Pendapa Agung, Rabu (5/5). Substansi kerja sama dengan investor asal Jakarta itu untuk pengembangan sektor pertanian.

Bupati yang akrab dipanggil Ra Latif itu menjelaskan, PT Khalifah Incorporation merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertanian dan sembako. Kerja sama yang dibangun antara Pemkab Bangkalan dan Khalifah Inc bertujuan untuk pengembangan sektor pertanian. Terutama pengembangan produksi kedelai. 

Upaya itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ”Kami mencoba untuk kembali mengembangkan sektor pertanian melalui penanaman kedelai,” ucapnya seusai penandatanganan MoU.

Baca juga: Terinspirasi Pangeran Katandur, Tanam Jagung hingga Porang

SOLID: Bupati Abdul Latif Amin Imron berfoto bersama kru PT Khalifah Incorporation di Pendapa Agung, Rabu (5/5).

SOLID: Bupati Abdul Latif Amin Imron berfoto bersama kru PT Khalifah Incorporation di Pendapa Agung, Rabu (5/5). (Vivin Agustin Hartono/RadarMadura.id)

Ra Latif menegaskan, Bangkalan dulu dikenal sebagai daerah penghasil kedelai dengan kualitas dan kuantitas yang bagus. Karena itu, pihaknya berkomitmen untuk mengembalikan kejayaan Bangkalan sebagai sentra penghasil kedelai di tanah air. ”Nanti kami akan melakukan penanaman kedelai dan padi,” imbuhnya.

PT Khalifah Incorporation akan memberikan bantuan bibit kedelai yang akan ditanam di kebun Bang Jani di Desa Langkap, Kecamatan Burneh. Lahan yang disiapkan untuk penanaman kedelai itu seluas 3 hektare. Upaya itu diharapkan dapat merangsang petani untuk juga membudidayakan kedelai.

”Kalau nanti ini bagus, insyaallah masyarakat akan ikut (menanam),” tutur mantan wakil ketua DPRD Bangkalan tersebut.

Melalui upaya itu, Bangkalan akan menjadi harapan terbesar bangsa Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan nasional. Yang output-nya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ”Harapan kami, ketahanan pangan di Bangkalan akan menjadi lumbung nasional,” ungkap dia.

Chief Executive Officer PT Khalifah Incorporation Eka Triatna Shanti menyampaikan, Bangkalan memiliki daya saing tinggi dan potensial dalam pengembangan budi daya kedelai. Karena itu, pihaknya ingin bekerja sama dengan Pemkab Bangkalan di bawah kepemimpinan Bupati Ra Latif. ”Keunggulan kedelai di Indonesia ada di Madura, tepatnya di Bangkalan,” ungkapnya.

Persoalan dalam produksi dan tata niaga kedelai selama ini terkait tingginya harga. Karena itu, Eka optimistis problematika mahalnya harga akan dijawab oleh produksi di Bangkalan ini. ”Benih aslinya sudah kami temukan di wilayah Gunung Kidul,” imbuhnya.

Kerja sama yang dilakukan dengan Pemkab Bangkalan akan diawali dengan revitalisasi lahan. Itu dilakukan untuk meningkatkan unsur hara lahan. Dengan begitu, diharapkan produksi kedelainya bisa bagus. ”Lima belas hari pertama kita revitalisasi lahan, baru kemudian masuk ke bibit unggulnya,” imbuhnya.

Kepala Diskominfo Bangkalan Agus Zein menambahkan, banyak lahan yang sudah tidak produktif di Kota Salak. Kerja sama itu akan berdampak positif kepada para petani. ”Karena PT Khalifah Incorporation bergerak di bidang pertanian, khususnya padi dan kedelai,” imbuhnya.

Agus menambahkan, pemerintah gencar untuk mendatangkan investor ke Kota Salak yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, pihaknya berharap masyarakat mendukung dan menjadikan Bangkalan sebagai kota ramah investasi. ”Upaya-upaya yang dilakukan, mari kita dukung bersama,” ajaknya. (jup/luq)

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news