alexametrics
Sabtu, 19 Jun 2021
radarmadura
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Penjambret Kembali Beraksi, Tertangkap setelah Rampas Kalung

05 Mei 2021, 18: 48: 21 WIB | editor : Abdul Basri

BARANG BUKTI: Tersangka penjambretan Achmad Budi Utomo diamankan dan Sepeda motor Kawasaki Kaze R hitam M 2390 HB diamankan petugas di Mapolres Bangkalan.

BARANG BUKTI: Tersangka penjambretan Achmad Budi Utomo diamankan dan Sepeda motor Kawasaki Kaze R hitam M 2390 HB diamankan petugas di Mapolres Bangkalan. (HUMAS POLRES FOR RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN, Jawa Pos Radar Madura – Kasus perampasan perhiasan kembali terjadi di wilayah hukum Bangkalan. Kali ini polisi menangkap Achmad Budi Utomo, 29, warga Jalan Air Terjun, Kelurahan Tunjung, Kecamatan Burneh, Senin malam (3/5). Dia diduga merampas perhiasan warga Kelurahan Pangeranan.

Kasatreskrim Polres Bangkalan AKP Sigit Nursiyo Dwiyugo mengungkapkan, percobaan pencurian dengan kekerasan (curas) itu terjadi di Jalan KH Ach. Faqih, Kelurahan Pangeranan, Sabtu (1/5) pukul 11.25. Siang itu, bocah berinisial MGA, 7, sedang berada di depan rumahnya.

Pada saat itu, Achmad Budi Utomo yang mengendarai sepeda motor berhenti di depan rumah MGA. Saat itu MGA berjalan kaki dengan temannya. Posisi Budi masih duduk di atas sepeda motornya.

Baca juga: Kesehatan Pekerja Migran dalam Pengawasan

Lalu, Budi menarik kalung di leher MGA dengan tangan kiri. Akibatnya, kalung tersebut putus. Korban pun menangis dan berteriak. Perhiasan yang dipakai tidak berhasil dibawa kabur Budi.

”Karena teriakan korban, pelaku melarikan diri ke barat,” terang Sigit kemarin (4/5).

Peristiwa percobaan curas itu terekam kamera pengintai di sekitar tempat kejadian perkara (TKP). Dengan demikian, insiden tersebut viral di media sosial (medsos). Sri Handayani, orang tua MGA, kemudian melapor ke Polres Bangkalan.

”Atas laporan masyarakat, kami tindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan. Kami juga mengumpulkan bukti-bukti dan memanggil saksi-saksi,” ujar Sigit mewakili Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto.

Sigit menjelaskan, berdasar keterangan saksi serta barang bukti (BB) yang diamankan, pihaknya berhasil mengamankan tersangka. Budi diringkus di pinggir Jalan Raya Tunjung, Kecamatan Burneh, pada Senin (3/5) pukul 21.00. Polisi juga menyita BB.

Selanjutnya, tersangka dan BB dibawa ke Mapolres Bangkalan untuk penyidikan lebih lanjut. ”Hasil interogasi, pelaku membenarkan bahwa dirinya melakukan penjambretan kepada korban,” tegas perwira pertama asal Kabupaten Jember itu.

Kepada polisi, Budi mengaku niat jahat tersebut dilakukan karena melihat korban memakai kalung emas. Dia melakukan perbuatannya seorang diri dengan mengendarai sepeda motor Kawasaki Kaze R hitam M 2390 HB.

Dia nekat berbuat itu untuk membayar utang. ”Kami jerat pelaku dengan pasal percobaan pencurian dengan kekerasan sebagaimana dimaksud dalam pasal 365 KUHP juncto pasal 53 KUHP,” terang Sigit.

BB yang disita polisi satu kalung dengan kondisi putus, nota pembelian perhiasan, dan satu unit sepeda motor Kawasaki Kaze R. Selain itu, satu celana panjang hitam, satu kaus lengan panjang abu-abu, dan satu tas pinggang cokelat.

”Kami minta kepada masyarakat untuk selalu waspada di mana pun berada. Jangan sampai lengah. Juga jangan memakai perhiasan terlalu mencolok agar tidak menjadi target tindak kejahatan,” pesan Sigit.

Selasa pekan lalu (27/4), Rahmat Hidayat, 23, warga Jalan Ki Lemah Duwur, Kelurahan Pejagan, Kecamatan Bangkalan, juga ditangkap petugas dalam kasus penjambretan. Dia diduga merampas perhiasan bocah berusia 3 tahun berinisial FZ, asal Kelurahan Kemayoran.

Ceritanya, sekitar pukul 10.00, FZ sedang duduk di depan rumah. Rahmat Hidayat tiba-tiba mengambil paksa kalung yang dikenakan korban, lalu melarikan diri ke arah Pecinan di Jalan Pangliam Sudirman.

Mengetahui hal itu, Rosidi, 35, ayah korban, mengejar pelaku. Dia mengetahui ciri-ciri pelaku dari closed circuit television (CCTV) di rumahnya. Setelah dilakukan pengejaran, pencuri berhasil diamankan di sekitar pertokoan emas. Kemudian, pelaku dibawa ke Mapolres Bangkalan untuk diproses. Dari kasus ini, polisi juga mengamankan sepeda motor Yamaha Mio Z M 5450 GM milik tersangka.

(mr/rul/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news