alexametrics
Kamis, 06 May 2021
radarmadura
Home > Features
icon featured
Features

Menu Spesial Buka Puasa Ketua DPRD Sampang Fadol

Nasi Jagung Sambal Terasi

01 Mei 2021, 17: 21: 24 WIB | editor : Abdul Basri

KELUARGA BAHAGIA: Ketua DPRD Sampang Fadol menyantap hidangan buka puasa di rumahnya di Desa Jrangoan, Kecamatan Omben, Sampang, Rabu (28/4).

KELUARGA BAHAGIA: Ketua DPRD Sampang Fadol menyantap hidangan buka puasa di rumahnya di Desa Jrangoan, Kecamatan Omben, Sampang, Rabu (28/4). (MOH. IQBAL/RadarMadura.id)

Share this      

Selera dapur Ketua DPRD Sampang Fadol tidak semewah yang dibayangkan. Nasi jagung menjadi makanan utama saat berbuka bersama keluarga. Kesederhanaan tersebut tertanam sejak masih kanak-kanak.

KESIBUKAN menjadi ketua DPRD Sampang tidak bisa dihindari. Fadol kerap kali menghadiri banyak kegiatan untuk memenuhi undangan berbagai pihak. Utamanya di bulan Ramadan seperti saat ini. Dengan begitu, dirinya jarang buka puasa bersama istri dan anak-anaknya di rumah di Desa Jrangoan, Kecamatan Omben, Sampang.

Saat ditemui di rumahnya, Fadol tampak tersenyum bersama keluarganya sambil menikmati hidangan buka puasa yang sudah disiapkan. Kesederhanaan tampak di keluarga ketua DPRD ini. Sajian berbagai lauk terhidang di meja makan. Yang paling nampak yaitu nasi jagung.

Baca juga: Merespons Mudik Virtual, Mungkinkah?

Kesederhanaan buka puasa Fadol dibenarkan oleh sang istri, Miftahul Jannah. Sambil duduk di samping suaminya, perempuan berkerudung itu mengatakan jika suaminya memang tidak pernah lepas dari hidangan nasi jagung. ”Setiap hari pasti minta nasi jagung,” katanya.

Fadol menyampaikan jika saat momen berbuka tidak bisa langsung makan nasi, tapi minum takjil atau es terlebih dahulu. Minuman yang menjadi pembatal buka puasa  biasanya yang manis-manis, seperti es degan dan semacamnya.

Setelah itu, langsung mengajak keluarga besarnya untuk menunaikkan salat Magrib. Kemudian, baru melanjutkan makan ke menu utama yang sudah disiapkan oleh istri. ”Kita biasanya menu pembuka dulu, minum takjil, baru kita salat dan buka bersama ke menu utama nasi,” katanya.

”Saya kalau nasi pasti dicampur jagung. Setiap hari itu pasti, bukan hanya di bulan Ramadan. Karena lidah memang sudah terbiasa,” sambungnya.

Ayah dari enam anak ini juga menuturkan, momentum buka bersama keluarga dirasa sangat sulit didapatkan oleh dirinya. Sebab, sejak menjadi ketua DPRD semakin sibuk. Utamanya di bulan Ramadan seperti ini.

Jadi, saat ada kesempatan atau waktu kosong dirinya memanfaatkan betul peluang tersebut untuk berkumpul dengan keluarga. Utamanya momen makan bersama dan saling bersenda gurau dengan anak dan istri. ”Di bulan Ramadan ini, momen tepat ngumpul bareng dengan keluarga. Karena saya sibuk, jadi banyak berbuka di luar. Tapi kalau pas tidak lagi bertugas, saya manfaatkan waktu dengan keluarga,” terang Fadol.

Lauk yang biasa dikonsumsi memang beragam. Seperti seafood. Lauk-lauk tersebut biasanya paling enak disajikan saat buka puasa. ”Kalau sambalnya biasa, terasi dan tomat, sederhana sajalah,” ucap Fadol.

Laki-laki kelahiran 24 Juni 1980 tersebut selama bulan Ramadan ini dirinya juga memfungsikan betul langgar yang ada di depan rumahnya. Dengan mengadakan salat Tarawih untuk keluarga besar dan tetangga terdekatnya.

”Kalau kegiatan keagamaan, ya biasa, tadarus dan tarawih bersama keluarga dan tetangga di langgar ini,” tutup Fadol. (iqb)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news