alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarmadura
Home > Sumenep
icon featured
Sumenep

Gili Iyang Direkomendasikan Jadi Tempat Landing Pesawat Amfibi

01 Mei 2021, 16: 13: 20 WIB | editor : Abdul Basri

JASA PENERBANGAN: Pesawat amfibi saat melakukan uji coba operasi seaplane beberapa waktu lalu.

JASA PENERBANGAN: Pesawat amfibi saat melakukan uji coba operasi seaplane beberapa waktu lalu. (JUNAIDI PONDIYANTO/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP, Jawa Pos Radar Madura – Uji operasi seaplane pesawat amfibi Travira Air di Pulau Gili Iyang tempo hari menunjukkan kesimpulan bagus. Sebab, hasil evaluasi menyatakan lokasi tersebut dinilai layak untuk dijadikan tempat landing (mendarat).

Kepala Airnav Bandara Trunojoyo Sumenep Aditya Bahtera Putra mengatakan, uji coba seaplane untuk mengetahui apakah pesawat amfibi bisa mendarat di Pulau Gili Iyang atau tidak. Ternyata, hasilnya bagus dan bisa direkomendasikan ke depan. ”Layak untuk pesawat amfibi,” katanya.

Menurut Adit, sebenarnya uji coba pesawat amfibi merupakan program pusat penelitian pengembangan transportasi udara. Salah satu lokasi uji coba adalah Gili Iyang. ”Target akhir untuk menarik wisatawan dari Bali. Terutama, bule yang ingin tahu oksigen sehat kedua sedunia,” ujarnya.

Baca juga: Inovatif, Lapas Kelas II-A Pamekasan Asah Skill Napi

Adit menyampaikan, dari hasil uji coba nantinya disebar ke airline atau perusahaan maskapai penerbangan. Siapa tahu berminat untuk membuka jasa transportasi. ”Rutenya dari Bali ke Pulau Gili Iyang. Kalau dari Bandara Trunojoyo tidak mungkin,” sebutnya.

Dia menjelaskan, ketika Kabupaten Sumenep dijadikan tempat landing pesawat amfibi, diyakini akan banyak pilot latihan di Sumenep. Terbukti, Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi mau latihan di Sumenep. ”Pilotnya mau latihan mendarat di air,” jelasnya.

Ditambahkan, tidak semua pilot bisa mengendalikan pesawat amfibi. Karena itu, perlu pendidikan khusus. ”Pokoknya Sumenep cocok buat landing pesawat amfibi. Sampai-sampai sekolah penerbangan mau latihan di sini,” tandasnya.

(mr/daf/yan/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news