alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarmadura
Home > Features
icon featured
Features
Novi Kamalia

Tidak Gila Eksistensi

30 April 2021, 18: 59: 59 WIB | editor : Abdul Basri

AKTUALISASI: Novi Kamalia menunjukkan rice bowl jualannya.

AKTUALISASI: Novi Kamalia menunjukkan rice bowl jualannya. (NOVI KAMALIA FOR RadarMadura.id)

Share this      

NAMA Novi Kamalia tidak asing sama sekali. Terkhusus di kalangan perempuan dan pegiat literasi di Pamekasan. Dia penggerak utama Sivitas Kotheka dan aktivis perempuan yang kerap menyuarakan kemandirian bagi perempuan.

Tidak hanya menyuarakan, Novi termasuk pelaku kemandirian itu sendiri. Dia adalah satu dari sekian yang berhasil meraih gelar doktoral. ”Saya melakukan ini semua hanya mengaktualisasikan diri, bukan butuh pengakuan,” terangnya.

Meski lulus doktor, dia tidak ingin menjadi dosen. Tidak ingin gelarnya itu dielu-elukan untuk masuk ke perguruan tinggi. Dia hanya ingin mengaktualisasikan apa yang dia mau. ”Saya sekarang justru jualan nasi, lulus doktor,” terangnya.

Baca juga: Lauk Kesukaan Ketua Pengadilan Negeri Bangkalan Masykur Hidayat

Direktur perusahaan travel PT Enka Imron Mandiri Pamekasan itu menegaskan, perempuan sejati itu mengaktualisasi diri. Apa yang dia inginkan, harus dikerjakan. Tanpa perlu ada pengakuan.

”Semakin perempuan ingin mendapatkan pengakuan dari masyarakat akan dirinya, justru semakin menunjukkan bahwa dirinya lemah, tak berdaya, dan sama dengan melemahkan dirinya,” katanya.

Maka, tegas dia, perempuan sejati adalah perempuan yang tidak membutuhkan pengakuan eksistensi. Ia bertindak, bekerja, dan berkegiatan semata-mata untuk mengaktualisasi potensi yang dimilikinya. Bukan untuk menunjukkan siapa sebenarnya dia,” kata perempuan kelahiran 8 November 1984 itu. (ky)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news