alexametrics
Sabtu, 19 Jun 2021
radarmadura
Home > Sumenep
icon featured
Sumenep

Unija Tambah Dua Prodi Baru

22 April 2021, 04: 21: 13 WIB | editor : Abdul Basri

Rektor Universitas Wiraraja Sumenep Dr. Sjaifurrachhman, S.H., CN., M.H.

Rektor Universitas Wiraraja Sumenep Dr. Sjaifurrachhman, S.H., CN., M.H. (UNIJA FOR RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP, Jawa Pos Radar Madura – Terobosan baru untuk peningkatan kualitas kampus kian dimatangkan Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep. Misalnya, penambahan dua program studi (prodi) baru yang resmi dibuka tahun ini. Yakni, prodi bisnis digital dan prodi sistem informasi.

Pembukaan prodi baru ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 88/E/O/2021. SK itu mengatur izin pembukaan Program Studi Bisnis Digital Program Sarjana dan Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana pada Universitas Wiraraja di Kabupaten Sumenep yang diselenggarakan oleh Yayasan Arya Wiraraja.

Rektor Universitas Wiraraja Sumenep Dr. Sjaifurrachhman, S.H., CN., M.H. menyampaikan, dua program studi baru ini telah menambah deretan program studi di Unija. Dari sebelumnya 16 prodi menjadi 18 prodi.

Baca juga: Perempuan Harus Berkualitas

Penambahan dua prodi baru ini diharapkan mampu meningkatkan layanan kepada masyarakat. Semua capaian yang diraih bukan tanpa proses panjang. Butuh kerja keras tim agar cita-cita bersama memajukan Unija mampu tercapai.

Hal ini sudah tersusun dalam rencana induk 20 tahun Unija ke depan. Begitu juga dalam rencana strategis (renstra) selama lima tahun dan ditetapkan dalam rencana operasional. Capaian ini lebih cepat dari rencana.

Pihaknya menargetkan tiga penambahan prodi baru hingga 2024. Dua di antaranya sudah dicapai tahun ini. Satu prodi masih proses usulan. Yakni, prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang diyakini juga akan segera dicapai.

Unija tidak serta merta membuka prodi baru. Persiapan sudah dilakukan. Seperti ketersediaan tenaga pengajar hingga kebutuhan sarana pendukung. ”Saya lihat DKV ini jarang di Jawa Timur. Ini akan menjadi kesempatan baru bagi masyarakat. Semoga juga segera menyusul,” harapnya.

Capaian signifikan juga terlihat dari ranking perguruan tinggi swasta (PTS) se-Indonesia. Unija yang berada di peringkat 371 pada 2019 menargetkan mampu naik ke 350 pada 2020. Hasilnya di luar dugaan. Kampus cemara (cendekiawan Madura) ini mampu bertengger di urutan ke-150 tahun 2020.

”Yang kami lakukan selama ini memperkuat dari bawah. Kalau prodi bagus, fakultas akan bagus. Kalau fakultas bagus, universitas juga akan semakin bagus,” jelasnya. (jun)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news