alexametrics
Kamis, 06 May 2021
radarmadura
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Jangan Diabaikan, Ini Tips Aman dan Nyaman Naik Travel!

15 April 2021, 20: 47: 18 WIB | editor : Abdul Basri

Jangan Diabaikan, Ini Tips Aman dan Nyaman Naik Travel!

Share this      

NAIK travel sudah menjadi pilihan transportasi banyak orang, bahkan jauh sebelum pandemi menyerang. Travel dianggap sebagai moda transportasi yang nyaman, lebih private dan eksklusif serta harga tiketnya yang terjangkau.

Selain itu travel juga memiliki banyak rute ke berbagai kota sehingga Anda dijamin tidak akan kehabisan opsi operator yang bisa dipilih. Contohnya jika Anda ingin ke Bandung naik travel, Anda bisa pilih naik Cititrans yang sudah beroperasi sejak 2005 lalu dan dikenal sebagai operator travel ternama saat ini. Yang serunya lagi, Anda bisa naik Cititrans dari mana saja karena ada banyak sekali pool keberangkatan yang tersedia di Jakarta.

Jika Anda baru pertama kali naik travel, apalagi akan bepergian di masa pandemi seperti sekarang ini, berikut ada berbagai tips yang bisa jadi referensi agar perjalanan Anda terasa aman dan juga nyaman.

Baca juga: Bripka Ernawati, Demi Tugas, 15 Tahun Tak Rayakan Lebaran di Madiun

1. Beli tiket jauh-jauh hari

Sebagai salah satu moda transportasi favorit, terkadang tiket travel bisa tidak tersedia karena habis terjual. Untuk menghindari hal demikian, ada baiknya Anda beli tiket travel yang diinginkan jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

2. Beli tiket travel secara online

Untuk menghemat waktu dan tenaga, Anda bisa beli tiket travel secara online di website yang menyediakan fasilitas beli tiket travel online seperti Traveloka.

Anda hanya tinggal duduk manis di rumah dan lakukan pemesanan lewat website maupun aplikasi. Tiket pun akan dikirim ke email maupun aplikasi dengan syarat telah login terlebih dahulu.

Anda memang masih bisa go show dan beli tiket travel on the spot di hari keberangkatan. Namun akan selalu ada kemungkinan jika tiket tidak tersedia untuk waktu keberangkatan yang dipilih. Jadi daripada repot, beli online saja. Di hari H keberangkatan Anda hanya perlu menunjukkan e-tiket yang didapatkan setelah melakukan pembayaran.

3. Pilih kursi paling nyaman

Jika Anda beli tiket travel secara online lewat Traveloka, Anda bisa memilih kursi secara gratis tanpa biaya tambahan. Pemilihan kursi bisa dilakukan setelah Anda memasukkan nama penumpang, lalu pilihlah kursi yang tersedia.

Tentu saja pilihan kursi yang nyaman bagi setiap orang berbeda-beda. Anda tinggal menyesuaikan dengan referensi pribadi.

Jika Anda beli tiket travel secara go show, maka Anda tidak bisa memilih kursi sesuai keinginan karena dipilihkan secara otomatis oleh sistem.

4. Bawa barang wajib selama pandemi

Masker, hand sanitizer dan desinfektan menjadi barang-barang yang wajib Anda bawa ketika bepergian dengan transportasi umum. Jadi pastikan Anda memiliki barang-barang ini di dalam tas yang dibawa naik ke armada travel.

Selain itu, persiapkan juga masker cadangan agar bisa mengganti masker jika yang Anda pakai telah kotor.

5. Jangan lupa bantal leher & charger smartphone

Meski kursi armada travel biasanya sangat nyaman, empuk dan bisa dinaikkan/turunkan, namun untuk mendapatkan kenyamanan lebih ekstra Anda bisa membawa bantal leher dari rumah. Apalagi bagi Anda yang mudah tidur selama perjalanan. Bantal ini akan menyangga leher dengan baik sehingga Anda bisa tidur dengan lebih nyaman.

Selain itu jangan juga lupa untuk membawa charger smartphone untuk menjaga smartphone Anda tetap on selama perjalanan. Menggunakan smartphone untuk mendengar musik favorit, main game kesayangan maupun menonton video di YouTube dapat menghilangkan kejenuhan selama perjalanan. Armada travel biasanya sudah menyediakan colokan USB untuk charging smartphone penumpang. Jadi pastikan Anda membawa charger untuk mengisi baterai jika habis.

Demikianlah berbagai tips yang perlu Anda perhatikan agar perjalanan terasa aman dan nyaman. Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan Anda jauh-jauh hari agar memiliki waktu mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan.

Selain itu pastikan juga tubuh dalam kondisi prima saat akan bepergian dan tetap patuhi protokol kesehatan yang ada untuk melindungi diri Anda dari potensi penyebaran virus COVID-19.

(mr/*/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news