alexametrics
Senin, 12 Apr 2021
radarmadura
Home > Features
icon featured
Features

Kiprah Atlet Perbakin Sampang di Masa Pandemi

Peringkat Tembus 10 Besar

07 April 2021, 19: 31: 05 WIB | editor : Abdul Basri

MEMBANGGAKAN: Ach. Faizal Aldiansyah, juara II perorangan air pistol 10 meter Jatim, dan Argo Beno Lutfi Syaputra, juara III perorangan air pistol 10 meter Jatim, naik podium untuk menerima trofi.

MEMBANGGAKAN: Ach. Faizal Aldiansyah, juara II perorangan air pistol 10 meter Jatim, dan Argo Beno Lutfi Syaputra, juara III perorangan air pistol 10 meter Jatim, naik podium untuk menerima trofi. (PERBAKIN FOR RadarMadura.id)

Share this      

Atlet binaan Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Sampang layak mendapat apresiasi. Pada masa pandemi Covid-19, mereka rajin mengikuti kejuaraan. Hasilnya, sukses mengharumkan Kota Bahari lewat capaian prestasi.

ANIS BILLAH, Sampang, Jawa Pos Radar Madura

MESKI pandemi Covid-19, atlet Perbakin Sampang tidak berhenti menorehkan prestasi. Buktinya, atlet binaannya kembali meraih prestasi dalam Kejuaraan Menembak Piala Pangdam V/Brawijaya 2021. Saat ini sejumlah atlet Perbakin Sampang juga berhasil nangkring di deretan 10 besar tingkat nasional.

Baca juga: Waduh! Tim Gabungan Temukan Jimat Saat Geledah Rutan Bangkalan

Pelatih Perbakin Sampang Sulaiman Hakim menyatakan, atlet binaannya baru saja mengikuti Kejuaraan Menembak Piala Pangdam V/Brawijaya 2021. Kejuaraan itu berlangsung selama lima hari mulai 1–5 April. Dalam kejuaraan tingkat nasional itu, Perbakin Sampang mengirim delapan atlet. Hasilnya, beberapa atlet sukses membawa pulang medali.

Perinciannya, Ach. Faizal Aldiansyah, juara II perorangan tingkat Jawa Timur (Jatim) untuk kategori air pistol 10 meter. Sementara di tingkat nasional, Ach. Faizal Aldiansyah masuk peringkat keempat. Atlet berikutnya, Argo Beno Lutfi Syaputra, juara III perorangan tingkat Jatim untuk kategori air pistol 10 meter. Saat ini Argo Beno Lutfi Syaputra menempati peringkat lima nasional.

”Selain itu, ada Hasan Busri, juara I nasional pada event triposition 50 meter.

Kemudian, Erikha Vadia Aprilia, juara II perorangan kategori air pistol women 10 meter tingkat Jatim sekaligus peringkat tujuh  tingkat nasional,” ucapnya.

Menurut Sulaiman, atlet yang ditunjuk dalam tim putra tingkat Jatim juga berhasil mempersembahkan medali setelah ditetapkan sebagai juara I tingkat Jatim. Atlet yang tergabung dalam tim putra adalah Argo, Faizal, dan Hamdani. Sementara tim putri yang terdiri atas Vadia, Kurnia, dan Andin juga mempersembahkan trofi karena sukses menjadi juara II tingkat Jatim.

”Performa atlet semakin baik. Sekarang atlet kita masuk sepuluh besar tingkat nasional,” kata Sulaiman.

Dia menjelaskan, tahun ini Perbakin Sampang gencar mendelegasikan atlet untuk mengikuti kejuaraan tingkat nasinoal. Hal itu dilakukan untuk mengasah kemampuan serta menambah jam terbang atlet. Dia mengatakan, Perbakin diuntungkan saat mengikuti kompetisi pada masa pandemi Covid-19. Sebab, atlet bisa mengikuti kejuaraan secara online. ”Kalau tidak pandemi, kita tidak bisa rutin mengikuti Kejurnas karena harus datang ke lokasi,” ujarnya.

Meski menoreh sederet prestasi, Sulaiman menyatakan tetap mengevaluasi hasil pertandingan yang diikuti atlet binaannya. Dari beberapa pertandingan Kejurnas, Sulaiman menilai ada beberapa kendala yang dihadapi atlet. Salah satunya, pakaian dan keterbatasan peralatan. Seharusnya, setiap atlet punya pakaian dan peralatan sesuai spesifikasi.

”Sarana-prasarana yang digunakan atlet tidak sesuai harapan. Misalnya, jaket kedororan, senjata sudah tua. Kalau latihan, kita sudah maksimal. Kendala di peralatan saja,” ungkapnya. 

(mr/yan/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news