alexametrics
Sabtu, 17 Apr 2021
radarmadura
Home > Sumenep
icon featured
Sumenep

Tak Lengkapi Syarat, Pencairan DD Tersendat

05 April 2021, 18: 15: 21 WIB | editor : Abdul Basri

Tak Lengkapi Syarat, Pencairan DD Tersendat

Share this      

SUMENEP, Jawa Pos Radar Madura – Memasuki triwulan kedua, masih saja ada desa yang belum bisa melakukan pencairan dana desa (DD). Pemicunya, dokumen yang menjadi syarat pencairan DD belum lengkap.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Moh. Ramli membenarkan jika sejumlah desa belum bisa melakukan pencairan DD. Sebab, belum melakukan penyesuaian dengan beberapa ketentuan penting yang tertuang dalam peraturan menteri keuangan (PMK).

”Ini dinamika regulasi. Semula, di PMK mempersyaratkan pencairan dan penyaluran DD dibagi tiga tahap. Pertama sebesar 40 persen, tahap kedua juga 40 persen, dan tahap ketiga 20 persen dari total anggaran yang diperoleh,” ucapnya.

Baca juga: SMKN 1 Kalianget Siap Menuju Dunia Kerja yang Kompetitif

Menurutnya, ada tiga desa yang belum melakukan pencairan sampai Jumat lalu (2/4). Khusus ketentuan terbaru, walaupun APBDes belum selesai, instansinya melalui BPKAD sudah bisa membuka keran penyaluran. ”Sekarang sudah salur semuanya ke desa, khususnya yang ketentuan 8 persen,” imbuhnya.

Dijelaskan, tiga desa yang ingin mencairkan DD pada tahap satu harus merampungkan APBDes. ”Sementara BLT DD bisa disalurkan jika pemdes melampirkan atau melaporkan perkades penentuan kelompok penerima manfaat. Desa yang belum melakukan pencairan diminta segera melengkapi persyaratan,” tandasnya. (mi)

(mr/yan/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news