alexametrics
Sabtu, 17 Apr 2021
radarmadura
Home > Pamekasan
icon featured
Pamekasan
Pemkab Pamekasan Dukung Penuh

Fasilitasi Penelusuran Jejak M. Tabrani Jadi Pahlawan

31 Maret 2021, 18: 24: 47 WIB | editor : Abdul Basri

KOMITMEN: Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menandatangani nota dukungan pengajuan M. Tabrani menjadi pahlawan nasional disaksikan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Prof. Dr. Endang Aminudin Aziz di aula Hotel Front One kemarin.

KOMITMEN: Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menandatangani nota dukungan pengajuan M. Tabrani menjadi pahlawan nasional disaksikan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Prof. Dr. Endang Aminudin Aziz di aula Hotel Front One kemarin. (ONGKY ARISTA UA./RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN, Jawa Pos Radar Madura – Sosialisasi pengajuan M. Tabrani sebagai pahlawan nasional disambut baik oleh Pemkab Pamekasan. Bahkan, pemkab siap mendukung penuh dan memfasilitasi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud untuk menelusuri jejak M. Tabrani di Pamekasan.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, sosok M. Tabrani menjadi kebanggaan bagi masyarakat. Sebab, Tabrani adalah sosok pemuda yang memiliki idealisme dan kegigihan luar biasa. Terutama dalam meletakkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang tercantum dalam naskah Sumpah Pemuda.

”Kami bangga dan sangat bangga dengan sosok M. Tabrani. Kami berterima kasih kepada Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI yang telah menjadi katalisator dan memberi penghargaan kepada M. Tabrani yang memiliki jasa bagi bangsa ini,” terangnya.

Baca juga: Produksi Sepatu setelah Mengikuti Program WUB

Sebagai orang Pamekasan, Bupati Baddrut sangat bangga ada sosok nasionalis seperti M. Tabrani. Sebab, kendati M. Tabrani lahir di Pamekasan pada 1904, jiwa yang dibawanya bukan kedaerahan, bukan Pamekasan atau Madura, tapi berbicara untuk Indonesia.

Jiwa nasionalisme ini, kata Baddrut, yang menjadi pemantik pergerakan anak muda Indonesia, kemudian berjuang mendorong kemerdekaan bangsa Indonesia tercinta. ”Mudah-mudahan kebersamaan kita untuk memberikan penghargaan kepada M. Tabrani terwujud dengan cepat,” katanya.

Baddrut berharap, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dan Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan rekomendasi terhadap pengusulan M. Tabrani sebagai pahlawan nasional. Secara konkret, pihaknya akan membantu penggalian data tentang sosok M. Tabrani di Pamekasan.

Pihaknya akan menggandeng Jawa Pos Radar Madura (JPRM) untuk menyediakan kolom khusus tentang M. Tabrani. Dari kolom ini, nanti akan ada tulisan yang membahas M. Tabrani secara utuh.

Tulisan yang dimuat dalam rubrik itu bisa mendukung data-data yang dibutuhkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud dalam pengajuan M. Tabrani sebagai pahlawan nasional. Sebagai bentuk komitmen dukungan, Bupati Baddrut tanpa ragu menandatangani dokumen pernyataan kesepakatan M. Tabrani sebagai pahlawan nasional kemarin.

”Kami juga akan meminta masukan dan pendapat dari berbagai sumber di Pamekasan untuk mengulas tentang M. Tabrani. Termasuk dari orang-orang yang mungkin pernah berjumpa dengan M. Tabrani di Pamekasan,” pungkasnya. (ky/par)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news