alexametrics
Minggu, 07 Mar 2021
radarmadura
Home > Sampang
icon featured
Sampang

Pemkab Hanya Kembangkan Satu Gerai IKM

20 Februari 2021, 07: 10: 59 WIB | editor : Abdul Basri

TUTUP: Gerai IKM Smart di Pasar Margalela Sampang.

TUTUP: Gerai IKM Smart di Pasar Margalela Sampang. (Moh Iqbal/RadarMadura.id)

Share this      

SAMPANG, Jawa Pos Radar Madura – Produk industri kecil menengah (IKM) di Sampang mencapai 343 olahan. Akan tetapi, Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Sampang hanya mengelola satu gerai.

Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Diskopindag Sampang Moh. Irwan Ferdiawan mengatakan, pihaknya memang hanya membangun satu gerai IKM. Lokasinya di Pasar Margalela, Jalan Syamsul Arifin. Keberadaan gerai IKM Smart tersebut untuk wadah produk IKM.

Selain itu, untuk tempat konsultasi standardisasi, branding produk IKM, bimbingan kemasan, pemasaran online, dan sebagainya. Pelayanan itu diharapkan dapat membantu peningkatan IKM. ”Kalau gerai IKM memang cukup satu, karena sebagai sentra terpusat untuk produk yang ada di Sampang,” katanya.

Produk IKM di Sampang sebenarnya mencapai ribuan. Namun, yang terdata hanya 345 produk. Saat ini pihaknya masih fokus melakukan pendataan pelaku IKM yang memang konsisten dalam mengolah produk. Termasuk pelaku IKM yang sudah mengantongi beberapa izin, standardisasi produk, dan sebagainya.

”Yang kita taruh di gerai itu merupakan produk-produk yang sudah memiliki potensi, standardisasi, dan daya saing pasar,” jelas Irwan. Dia memastikan tidak akan melakukan penambahan gerai. Sebab, gerai hanya sebagai rumah konsultasi dan branding IKM.

”Hanya membantu mengenai konsultasi dan pemasarannya. Kalau IKM sudah memenuhi standardisasi tidak masalah ditaruh di gerai. Nanti kita bantu pasarkan ke pasar modern,” tutup Irawan. (iqb)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news