alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarmadura
Home > Politik Pemerintahan
icon featured
Politik Pemerintahan

KPU Tetapkan Paslon Terpilih Hari Ini

Nomor 1 Unggul Usai Raup 319.876 Suara

22 Januari 2021, 07: 05: 59 WIB | editor : Abdul Basri

HAMPIR TUNTAS: Seorang pegawai berjaga di pintu masuk kantor KPU Sumenep kemarin.

HAMPIR TUNTAS: Seorang pegawai berjaga di pintu masuk kantor KPU Sumenep kemarin. (JUNAIDI PONDIYANTO/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP, Jawa Pos Radar Madura – Jika tidak ada perubahan, KPU Sumenep akan menggelar pleno penetapan paslon bupati Sumenep 2020 hari ini (22/1). Itu dilakukan, setelah KPU menerima buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK). Berdasar hasil rekapitulasi tingkat kabupaten, paslon nomor urut 1 mendapat 319.876 suara dan paslon nomor dua meraup 296.676 suara.

Rafiqi selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sumenep mengaku telah menerima salinan BRPK tertanggal 20 Januari 2021 dari MK. Dengan demikian, institusinya bisa melakukan penetapan paslon terpilih berdasar hasil rekapitulasi suara tingkat kabupaten.

”Sejauh ini tidak ada pihak yang mengajukan gugatan ke MK. Apalagi, penetapan paslon terpilih sudah lama dipersiapkan dan hanya menunggu BRPK. KPU juga telah memplenokan jadwal penetapan paslon terpilih,” ucapnya.

Menurut dia, penetapan paslon terpilih akan digelar di kantor KPU Sumenep pada Jumat (22/1) sekitar pukul 19.00. Sejumlah pihak akan diundang dalam pleno penetapan paslon terpilih tersebut. Misalnya partai politik, paslon, Bawaslu, dan DPRD Sumenep. ”Berita acara hasil penetapan akan langsung diserahkan kepada DPRD Sumenep,” jelasnya.

Sesuai ketentuan regulasi, sambung Rafiqi, penetapan paslon terpilih harus dilakukan maksimal lima hari setelah BRPK terbit. KPU sengaja menggelar lebih awal karena sudah mematangkan persiapan jauh hari sebelumnya. ”Terakhir, tanggal 24 Januari 2021. Tapi, kami gelar lebih awal karena sudah siap,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Pilkada Sumenep telah selesai digelar pada Rabu (9/12/2020). Pesta demokrasi tersebut diikuti dua paslon. Yakni, paslon nomor urut 1 Achmad Fauzi-Dewi Khalifah dan paslon nomor urut 2 Fattah Jasin-Ali Fikri. Hasilnya, paslon nomor urut 1 meraup suara terbanyak. Selisih perolehan suara mencapai 23.200 suara. (jun)

(mr/yan/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news