alexametrics
Selasa, 01 Dec 2020
radarmadura
Home > Sumenep
icon featured
Sumenep

Disparbudpora Promosikan Gili Iyang dan Kasur Pasir

21 November 2020, 11: 40: 15 WIB | editor : Haryanto

JAGA KESEHATAN: Bupati Sumenep A. Busyro Karim naik sepeda ontel keliling Pulau Gili Iyang beberapa waktu lalu.

JAGA KESEHATAN: Bupati Sumenep A. Busyro Karim naik sepeda ontel keliling Pulau Gili Iyang beberapa waktu lalu. (Vivin Agustin Hartono/RadarMadura)

Share this      

SUMENEP – Sebagainana diketahui, Sumenep memiliki adat dan kebudayaan unik. Kekayaan itu bakal dikembangkan dan dikelola dengan baik oleh dinas pariwisata, kebudayaan, pemuda dan olahraga (disparbudpora).

Tujuannya, agar menjadi salah satu jujukan wisatawan yang datang ke kabupaten ujung timur Madura itu. Salah satunya, yakni kasur pasir yang ada di desa Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep.

Budaya menggunakan kasur pasir bagi warga setempat sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu. Sampai sekarang, budaya tersebut masih berlangsung dan lestari. Bahkan, mayoritas warga yang ada di desa tersebut dilahirkan dan dibesarkan di atas kasur pasir.

KASUR PASIR: Warga Desa Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, tidur di kasur pasir.

KASUR PASIR: Warga Desa Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, tidur di kasur pasir. (Istimewa)

Warga menganggap pasir memiliki manfaat tinggi. Bahkan, warga lebih nyenyak tidur di pasir ketimbang tidur di kasur. Budaya yang unik dan langka itu akan terus dilestarikan oleh pemerintah daerah.

”Kasur pasir ini sangat unik, jarang dimiliki daerah lain. Maka, daya tarik ini akan kami kelola dengan baik sehingga menjadi salah satu destinasi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumenep,” kata Kepala Disparbudpora Sumenep Bambang Irianto kemarin (20/11).

Sumenep juga memiliki sebuah pulau dengan oksigen terbaik kedua dunia, yakni Pulau Gili Iyang. Pulau tersebut akan dikelola menjadi wisata kesehatan. ”Gili Iyang ini salah satu pulau terbaik di Sumenep,” ungkapnya. (rus/pen/par)

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news