alexametrics
Minggu, 01 Nov 2020
radarmadura
Home > Berita Kota
icon featured
Berita Kota

JSK Petroleum Academy-Aspermigas Sukses Gelar Pelatihan Migas

08 Oktober 2020, 12: 36: 43 WIB | editor : Haryanto

VIRTUAL: Ketua Umum Aspermigas John S. Karamoy menyampaikan sambutan pada pelatihan bisnis proses migas 2020 untuk media Jumat (2/10).

VIRTUAL: Ketua Umum Aspermigas John S. Karamoy menyampaikan sambutan pada pelatihan bisnis proses migas 2020 untuk media Jumat (2/10). (RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – John S. Karamoy (JSK) Petroleum Academy dan Asosiasi Perusahaan Minyak dan Gas Nasional (Aspermigas) berhasil menyelenggarakan pelatihan untuk media. Pelatihan gelombang kedua bertajuk Bisnis Proses Minyak dan Gas Bumi dari Hulu ke Hilir Skala Nasional dan Internasional itu digelar secara daring 2–3 Oktober 2020.

Pada hari pertama menghadirkan tiga pembicara utama (keynote speaker). Yakni, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, dan John S. Karamoy selaku ketua umum Aspermigas dan komisaris utama JSK Petroleum Academy.

Setelah tiga pemateri utama itu dilanjutkan pemaparan materi pelatih (trainer). Pada hari pertama, JSK Petroleum Academy-Aspermigas menghadirkan dua pelatih. Yaitu, Presiden Direktur PT RTG Lead Trainer Oil & Gas Moch. Abadi dan Ex-Senior Economist Lemigas, private equity advisory, Silambi Palamba.

Moch. Abadi menjelaskan pengenalan industri migas hulu serta tata cara operasi hulu migas; eksplorasi, POD, dan produksi. Sementara Silambi Palamba mendedahkan tata cara penawaran, kontrak dan kerja sama KKKS dan investasi. Meliputi tata cara penawaran wilayah kerja (WK), kontrak WK migas, rencana pengembangan atau plan of development (POD), dan pengalihan participating interest (PI).

Pada hari kedua, Sabtu (3/10) dibuka dengan sambutan Ketua Umum Aspermigas John S. Karamoy. Kemudian dilanjutkan dengan pidato kunci Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Mulyono.

Setelah itu dilanjutkan dengan materi pelatihan. Materi pertama tentang pengenalan tentang industri midstream dan hilir migas disampaikan Direktur PT SPAB dan PT Amaranz Energy Indonesia Pudjo Suwarno. Kemudian ex-direktur Medco Energi Internasional Tbk itu menjabarkan tata cara operasi midstream dan hilir migas; logistik, trading, operasi kilang, petrochemical.

Berikutnya seputar situasi dan proyeksi industri migas secara nasional dan global; kondisi harga minyak rendah dan pandemi Covid-19. Materi ini dipaparkan Direktur Operasional PT RTG dan Sekjen Aspermigas Moshe Rizal.

Ketua Umum Aspermigas John S. Karamoy terkesan dan terharu melihat antusias peserta pelatihan. Sebab, jumlah peserta lebih 116 wartawan dari seluruh nusantara. Pria yang juga komisaris utama JSK Petroleum Academy itu mengungkapkan, para pemateri pelatihan rata-rata berpengalaman lebih dari 30 tahun di bidang masing-masing.

Mereka mahir dan memiliki keahlian, baik teknis (engineering) maupun yang bersifat umum seperti manajemen perusahaan (corporate). Menurut dia, media sebagai institusi penting untuk menyebarkan informasi. Juga dapat menjembatani pemangku kepentingan, pelaku industri, pemerintah, dan masyarakat.

”Kegiatan hulu migas wajib dipublikasikan oleh media secara akurat, mudah dimengerti dan diterima sebagai informasi yang berbobot dan bermanfaat kepada masyarakat luas,” katanya. (luq)

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news