alexametrics
Senin, 28 Sep 2020
radarmadura
Home > Features
icon featured
Features

Balai Prasarana Kementerian PUPR Survei Stadion Gelora Bangkalan

04 Agustus 2020, 19: 26: 47 WIB | editor : Abdul Basri

MENGECEK: Ketua KONI Bangkalan Moch. Fauzan Ja’far mendampingi pejabat Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur Kementerian PUPR saat meninjau SGB kemarin.

MENGECEK: Ketua KONI Bangkalan Moch. Fauzan Ja’far mendampingi pejabat Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur Kementerian PUPR saat meninjau SGB kemarin. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

Share this      

Tiga stadion di Indonesia bakal dijadikan tempat latihan peserta Piala Dunia. Dua stadion di Jakarta. Satu stadion di Bangkalan. Perbaikan besar-besaran diharapkan dapat memenuhi standar federasi sepak bola internasional.

DAFIR FALAH, Bangkalan, Jawa Pos Radar Madura

ROMBONGAN pejabat Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur Kementerian PUPR turun ke Bangkalan kemarin (3/8). Mereka tiba di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) sekitar pukul 11.00.

Kali pertama mereka melihat rumput. Sebab, rumput SGB dikenal bagus. Bahkan, standar internasional.

Tidak lama kemudian, rombongan menaiki tribun dan melihat sejumlah fasilitas pendukung lain. Mereka seolah belum percaya bahwa Bangkalan punya stadion yang dinilai layak ditempati latihan peserta Piala Dunia U-20.

Terlebih, pergelaran Piala Dunia U-20 semakin dekat. Sebab itu, SGB terus menjadi perhatian pemerintah pusat. Setelah melihat kondisi di lapangan, mereka menilai banyak fasilitas yang perlu diperbaiki.

Kepala Satuan Kerja Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur Kementerian PUPR Kusworo mengutarakan, kedatangannya ke SGB dalam rangka melakukan survei. Sebab, di Indonesia terdapat tiga stadion yang bakal dijadikan tempat latihan peserta Piala Dunia. Dua stadion di Jakarta. Satu stadion di Jawa Timur. ”Yakni, di Bangkalan,” katanya.

Menurut Kusworo, kesan pertama survei SGB, ternyata Bangkalan punya stadion cukup besar. Namun, ada beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki. Di antaranya, toilet, ruang ganti, tribun, dan papan skor yang idealnya ditaruh tepat di belakang gawang.

”Kagum juga ada stadion sebesar ini. Kalau standar latihan sudah memenuhi. Tapi, tujuan kami datang ke sini untuk survei dulu,” ujar Kusworo.

Kendati demikian, pihaknya tidak bisa memastikan kapan beberapa fasilitas itu diperbaiki. Termasuk, perihal keputusan SGB akan dijadikan tempat latihan peserta Piala Dunia U-20. ”Semua apa kata pusat. Yang jelas, hasil survei ini akan kami laporkan,” terangnya.

Kusworo menyampaikan, dari sisi rumput dan lampu, pihaknya belum bisa menilai secara detail. Sebab, informasi yang diterima kabarnya sudah sesuai standar. ”Lagi-lagi, kami hanya melakukan survei dulu,” tuturnya.

Yang jelas, pada Mei 2021, SGB sudah harus dipakai. Sebab, putaran Piala Dunia U-20 akan dimulai. ”Berarti sebelum Mei, fasilitas yang perlu diperbaiki harus kelar,” jelasnya.

Ketua KONI Bangkalan Moch. Fauzan Ja’far mengatakan, survei Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur Kementerian PUPR diharapkan membuahkan hasil. Dia ingin SGB secepatnya direnovasi besar-besaran.

”Kami ingin renovasi SGB bukan berskala kecil. Tapi, berskala besar yang nantinya memenuhi standar latihan Piala Dunia,” ucapnya.

Apalagi, pada Mei 2021, SGB sudah harus dipakai. Untuk itu, fasilitas-fasilitas yang perlu diperbaiki segera menjadi perhatian pemerintah pusat. ”Karena masih banyak yang perlu direnovasi,” sebutnya.

Fauzan menyatakan, bantuan renovasi dari pemerintah pusat tidak hanya untuk standar latihan. Dengan perbaikan itu, stadion milik Pemkab Bangkalan di Jalan Soekarno-Hatta tersebut bisa memenuhi standar pertandingan. ”Agar geliat sepak bola di Bangkalan tambah hidup karena punya stadion standar pertandingan berdasarkan FIFA,” tandasnya.

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia