alexametrics
Minggu, 09 Aug 2020
radarmadura
Home > Sumenep
icon featured
Sumenep

Dua SDN Tak Dapat BOS

31 Juli 2020, 18: 10: 17 WIB | editor : Abdul Basri

MEGAH: Seorang pengendara keluar dari halaman kantor Dinas Pendidikan Sumenep, Rabu (29/7).

MEGAH: Seorang pengendara keluar dari halaman kantor Dinas Pendidikan Sumenep, Rabu (29/7). (Aminatus Suhra/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP, Jawa Pos Radar Madura­ – Tahun ini ada dua sekolah dasar yang tak kebagian jatah bantuan operasional sekolah (BOS). Yakni, SDN Rombiya Timur 3 di Kecamatan Ganding dan SDN Pagar Batu 3 di Kecamatan Saronggi.

Kasubbag Penyelenggaraan Tugas Pembantuan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep Tri Fathanah membenarkan bahwa pada 2020 ada dua sekolah yang tidak mendapat jatah BOS. Baik BOS reguler, afirmasi, maupun kinerja.

Sekolah tersebut tidak menerima BOS karena tidak memiliki peserta didik. Saat tahun ajaran baru, tidak ada jatah untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB). ”Itu rencananya di-regrouping. Tetapi, SK bupati belum terbit,” kata Tri kemarin (30/7).

Untuk penerima BOS reguler 2020, ada 69 SD swasta, 579 SD negeri, 43 SMP negeri, dan 147 SMP swasta. Saat ini memasuki pencairan BOS reguler tahap dua. Sekolah yang selesai melakukan pencairan wajib menyetorkan surat pertanggungjawaban (SPj) penggunaan dana tersebut.

Dari 838 lembaga pendidikan yang menerima BOS reguler, belum ada yang menyelesaikan SPj penggunaan dana pencairan tahap sebelumnya. Biasanya, paling lambat Juni ini penyetoran SPj sudah rampung.

Keterlambatan penyetoran SPj itu dilakukan karena tahun 2020 masa transisi dari penggunaan sistem manual menjadi sistem digital. ”Kami bisa memahami. Karena sekarang menggunakan aplikasi, jadi agak lama sekolah setornya,” ujarnya.

Tri menegaskan, SPj BOS dirampungkan bulan depan. Instansinya memberikan batas waktu terkait penyelesaian SPj tia lembaga. Terakhir pengumpulan 10 Agustus. Dana BOS yang sudah masuk rekening sekolah segera direalisasikan agar pelaporannya tidak terlambat. (mi)

(mr/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia