alexametrics
Rabu, 15 Jul 2020
radarmadura
Home > Sumenep
icon featured
Sumenep

Ratusan Siswa SD Tak Lulus

Disdik Pasrahkan Penilaian ke Sekolah

25 Juni 2020, 06: 42: 20 WIB | editor : Abdul Basri

Ratusan Siswa SD Tak Lulus

Share this      

SUMENEP­ – Sebanyak 119 siswa sekolah dasar (SD) di Kota Keris tak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka gagal lulus tahun ini.

Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Sumenep Abd. Kadir mengatakan, kelulusan siswa kelas akhir tingkat sekolah dasar diserahkan pada masing-masing sekolah. ”Memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya kemarin (24/6).

Tahun lalu, ada tiga mata pelajaran (mapel) yang menjadi prioritas untuk diujikan. Yakni, ilmu pengetahuan alam (IPA), bahasa Indonesia, dan matematika. Namun kini semua mapel jadi pelajaran utama.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, ujian sekolah melalui daring. Jumlah siswa akhir dari 641 SD di Sumenep ada 9.551 anak. Yakni, 8.702 siswa di 571 SD negeri  dan 849 siswa di 70 SD swasta.

Menurut Abd. Kadir, siswa yang tidak lulus karena beberapa faktor. Selain tidak mengikuti ujian, ada siswa yang pindah sekolah ke luar Sumenep. ”Ada juga yang berhenti karena faktor keluarga, seperti ikut orang tua bekerja ke Kalimantan dan ke daerah lainnya,” katanya.

Kadir berharap para peserta didik tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. ”Karena pendidikan ini sangat penting,” tuturnya.

Kepala SDN Pragaan Laok 1 Makhfud menyampaikan, kelulusan siswa berdasarkan nilai rapor kelas IV hingga kelas VI semester 1. ”Diambil rata-ratanya,” terangnya.

Kemudian ditambah dengan nilai portofolio, tugas, dan pembelajaran selama daring. Itu menjadi nilai akhir kelulusan siswa. Di lembaganya ada 69 siswa kelas akhir. ”Lulus semua,” tegasnya.

Pendaftaran ke jenjang selanjutnya dilakukan secara kolektif. ”Ada juga yang daftar masing-masing. Bergantung minat orang tua,” pungkasnya. (mi)

(mr/onk/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia