alexametrics
Rabu, 15 Jul 2020
radarmadura
Home > Sampang
icon featured
Sampang

Hari Pertama Hanya Mengambil Formulir

Pagu PPDB SMP Sampang 156 Rombel

23 Juni 2020, 19: 53: 43 WIB | editor : Abdul Basri

SISWA BARU: Siswa didampingi orang tuanya mengisi formulir siswa baru di SMPN 1 Sampang kemarin.

SISWA BARU: Siswa didampingi orang tuanya mengisi formulir siswa baru di SMPN 1 Sampang kemarin. (ANIS BILLAH/RadarMadura.id)

Share this      

SAMPANG – Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMP dibuka kemarin (22/6). Pagu tiap sekolah sudah ditentukan. Namun, pada hari pertama, siswa hanya mengambil formulir.

Kabid Pembinaan SMP Disdik Sampang Moh. Bahri mengatakan, pendaftaran PPDB tingkat SMP hanya berlangsung lima hari sejak Senin–Jumat (22–26/6). Hasil PPDB bakal diumumkan Senin (29/6).

Ketentuan PPDB SD dan SMP diatur dalam Perbup 31/2020 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru pada Satuan Pendidikan di Kabupaten Sampang Tahun Pelajaran 2020–2021. Begitu juga dengan jumlah pagu siswa di tiap satuan pendidikan. ”Kalau rombel SD dan SMP tidak sama, lebih banyak SMP,” katanya.

Bahri mengungkapkan, dalam perbup tersebut juga diatur jumlah pagu dan rombel PPDB. Jumlah tiap sekolah tidak sama. Disesuaikan dengan fasilitas seperti ruang kelas yang tersedia di sekolah. Kualitas pendidikan di sekolah juga menjadi salah satu pertimbangan.

Sekolah favorit akan mendapatkan pagu PPDB lebih banyak. Namun, jika ketentuan pagu terpenuhi, secara otomatis PPDB ditutup. ”Kalau sudah memenuhi kuota, sekolah tidak bisa menerima pendaftaran lagi,” ungkapnya.

PPDB tahun ini tidak jauh berbeda dengan 2019. Tahun ini pihaknya tetap menerapkan sisten zonasi. Hanya, hitungan jaraknya bukan desa domisili siswa, melainkan dari rumah siswa ke sekolah tujuan.

Ketika hendak mendaftar, siswa bisa menggunakan dua jalur. Yakni, sistem online atau offline. Sebab, tidak semua sekolah bisa melayani pendaftaran secara online. ”Yang offline itu pendaftarannya bisa dikoordinatori sekolah asal. Ada petugas khusus yang mengirim pendaftaran sesuai dengan keinginan siswa,” ungkapnya.

Kepala SMPN 1 Sampang Teguh Suparyanto menuturkan, tahun ini lembaganya mendapatkan kuota 9 rombel atau 288 siswa. Sekolah di Jalan Wijaya Kusuma tersebut sekaligus mendapatkan rombel terbanyak tingkat SMPN di Kota Bahari. Jumlah tersebut sama dengan rombel PPDB tahun lalu.

Dalam PPDB tahun ini, pihaknya menyediakan formulir melebihi rombel. Yakni, 400 formulir. Tujuannya, mengantisipasi siswa yang tidak mengembalikan formulir. ”Siswa yang datang ke sini kebanyakan konsultasi. Hari ini (kemarin) siswa hanya mengambil formulir. Insyaallah besok (hari ini) sudah habis,” tuturnya. (bil)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia