alexametrics
Rabu, 15 Jul 2020
radarmadura
Home > Politik Pemerintahan
icon featured
Politik Pemerintahan

Suara Minoritas, PBB Incar Koalisi Gemuk

21 Juni 2020, 18: 34: 50 WIB | editor : Abdul Basri

Suara Minoritas, PBB Incar Koalisi Gemuk

Share this      

SUMENEP – Partai peraih kursi di DPRD Sumenep mulai mengambil langkah arah politik pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020. Namun, tidak sedikit yang belum menentukan sikap. Salah satunya Partai Bulan Bintang (PBB).

Ketua DPC PBB Sumenep Badrul Aini menyampaikan, walaupun hanya bermodal satu kursi, namun perolehan suara PBB pada pemilihan legislatif (pileg) 2019 di Sumenep menurutnya cukup tinggi. Secara struktur, pimpinan anak cabang (PAC) juga 90 persen sudah tersebar di hampir semua kecamatan.

Terkait dukungan politik, pihaknya masih dalam tahap penjajakan. Berdasarkan pemantauan, sementara masih ada dua kekuatan yang menunjukkan diri jelang pesta demokrasi kali ini. ”Semua dipasrahkan kepada saya sebagai ketua DPC. Insyaallah dalam satu bulan ke depan akan kami putuskan langkah,” ungkapnya Jumat (19/6).

Wakil rakyat yang kini duduk di Komisi II DPRD ini menjelaskan jika DPC PBB sudah memetakan kekuatan politik dalam pilkada. Termasuk, menyampaikan gambaran tersebut pada DPP.

Badrul mengaku, sejak tahapan pilkada dimulai, ada beberapa kandidat melamar PBB untuk bergabung. Namun, sesuai petunjuk DPP, pihaknya diminta untuk melakukan penjajakan terlebih dulu sebelum memutuskan. Selain itu, ada partai dengan perolehan tiga kursi meminta agar PBB ikut berkoalisi.

”Kami tidak langsung putuskan. Karena PBB hanya punya satu kursi. Kalau tidak ada partai koalisi lain yang bisa memenuhi 10 kursi sesuai persyaratan pencalonan, bunuh diri namanya,” ujar politikus yang diangkat menjadi ketua DPC PBB Sumenep pada Januari 2020 itu.

DPC PBB masih akan melihat koalisi yang lebih dominan memiliki kekuatan untuk memenangkan pilkada nanti. Badrul menyebut, pihaknya memang tidak membuka penjaringan bakal calon bupati atau wakil bupati (bacabup-bacawabup). Pada pileg lalu, PBB meraih suara terbanyak di daerah pemilihan (dapil) VI.

”Sekitar 14 ribuan suara. Yang jelas, kami akan mendukung koalisi yang berpeluang besar untuk menang,” papar Badrul. (bad)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia