alexametrics
Rabu, 15 Jul 2020
radarmadura
Home > Politik Pemerintahan
icon featured
Politik Pemerintahan

KPU Yakin Partisipasi Pemilih Tinggi

19 Juni 2020, 17: 59: 21 WIB | editor : Abdul Basri

KPU Yakin Partisipasi Pemilih Tinggi

Share this      

SUMENEP – Partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumenep 2015 cukup rendah. Berbeda dengan pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang mampu mencapai 81,6 persen dari target nasional 77,5 persen. Pada pilkada tahun ini, KPU Sumenep menarget partisipasi pemilih mencapai 70 persen.

Ketua KPU Sumenep A. Warits menyampaikan, pemilihan bupati (pilbup) diputuskan akan tetap digelar di tengah wabah Covid-19. Pihaknya tetap mengaku optimistis. Utamanya, dalam mencapai target partisipasi pemilih.

”Di beberapa negara, saya sempat baca berita, jika di tengah pandemi Covid-19, partisipasi pemilih malah lebih tinggi,” ungkapnya kemarin (18/6).

Pihaknya akan berupaya bisa mencapai target 70 persen partisipasi pemilih. Diakui, tantangan dalam melaksanakan pilkada tahun ini akan berbeda. ”Dalam kondisi saat ini, di tengah kondisi perekonomian masih dalam upaya pemulihan, diharapkan akan meningkatkan rasa gotong royong. Termasuk, dalam menyukseskan Pilkada Sumenep tahun ini,” harap Warits.

Pola sosialisasi untuk mengajak masyarakat menggunakan hak suara juga berubah. Sesuai protokol kesehatan. Demi pencegahan persebaran, tidak diperkenankan menggelar kegiatan mengumpulkan massa atau berkerumun. Karena itu, KPU sudah menyiapkan langkah-langkah untuk bisa mencapai target itu dengan pola tertentu. Seperti melalui media massa, media sosial, virtual, dan sebagainya.

Kesadaran dan dukungan masyarakat dalam menyukseskan pesta demokrasi ini sangat diharapkan. Sebab, untuk bisa mencapai target ini perlu peran semua pihak. ”Mari sukseskan Pilbup Sumenep menggunakan hak suara Anda pada 9 Desember nanti,” ajaknya.

(mr/bad/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia