alexametrics
Minggu, 27 Sep 2020
radarmadura
Home > Bangkalan
icon featured
Bangkalan

12 Tahun FISIB UTM, Peduli dan Terus Berkontribusi

15 Juni 2020, 12: 00: 45 WIB | editor : Abdul Basri

12 Tahun FISIB UTM, Peduli dan Terus Berkontribusi

Share this      

FAKULTAS Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) genap berusia 12 tahun. Bertambahnya usia itu menjadi langkah perkembangan dan membuka peluang lebih besar dalam membangkitkan semangat baru berinovasi.

Dekan FISIB UTM Surokim As., S.Sos., S.H., M.Si., MIPR., CIQaR mengatakan, tujuan besar fakultas yang dipimpin adalah sebagai lumbung data, pembelajaran, serta penelitian masyarakat Madura. Dengan demikian, inovasi penting untuk mencapai tujuan besar itu serta meningkatkan prestasi.

Madura memiliki banyak keistimewaan yang belum tersentuh. Perlu peningkatan penelitian agar potensi seperti budaya tergarap dengan baik. Stigma tentang Madura harus ditekan dengan inovasi dan penelitian.

Kemasan informasi menarik juga penting. Lalu, tatanan pendidikan, kebudayaan, politik,  idealisme, dan keyakinan harus tetap terjaga keasliannya. ”Kami yakin FISIB UTM mampu menjadi lumbung data Madura (Madura Center),” katanya kemarin (14/6).

Surokim menerangkan, bidang dasar seperti sosial, politik, pendidikan, dan kebudayaan dikuatkan melalui beberapa program di setiap bidang civitas academica FISIB UTM. Di antaranya, memperkuat dan memperluas data tentang Madura.

Kemudian, memperbanyak penelitian dan pengetahuan tentang budaya Madura.Sangat disayangkan jika pembangunan hanya fokus pada fisik tanpa memandang kebutuhan edukasi dan penelitian.

Menurut Surokim, potensi pariwisata, keunikan, dan ciri khas Madura membuat paradigma negatif berubah menjadi positif. Dengan demikian, FISIB UTM mengampanyekan ”Madura Baik”.

”Melalui kampanye #MaduraBaik, nantinya peran kami sebagai filterisasi dan informasi tentang Madura yang berbudaya serta memiliki ciri khas lebih optimal,” tandasnya. (hel)

(mr/pen/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia