alexametrics
Rabu, 15 Jul 2020
radarmadura
Home > Sumenep
icon featured
Sumenep

Rapid Test Ratusan Calon Penumpang Kepulauan

Warga Terpaksa Berkerumun, Sebagian Kecewa

04 Juni 2020, 06: 10: 59 WIB | editor : Abdul Basri

TES KESEHATAN: Warga menjalani rapid test di Terminal Pelabuhan Pelindo III Kalianget, Sumenep, kemarin.

TES KESEHATAN: Warga menjalani rapid test di Terminal Pelabuhan Pelindo III Kalianget, Sumenep, kemarin. (BADRI STIAWAN/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Ratusan calon penumpang memadati Terminal Pelabuhan Pelindo III Kalianget, Sumenep, kemarin (3/6). Mereka menjalani rapid test. Tempat tunggu pemeriksaan kesehatan dipenuhi warga yang akan menyeberang ke Pulau Sapudi dan Raas.

Pelaksanaan rapid test oleh Pelindo, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), bekerja sama dengan Dinkes Sumenep itu mengundang kerumunan warga. Tak ayal, banyak calon penumpang mengeluh telah menunggu lama untuk mendapat giliran tes cepat tersebut.

”Saya sudah dari sekitar pukul 05.30 sampai di pelabuhan. Saya lihat petugasnya kurang siap. Antre karena kurang petugas medis,” keluh Alif, 23, pemuda asal Kepulauan Sapudi saat menunggu giliran untuk rapid test.

Dia menyayangkan pelaksanaan pemeriksaan Covid-19 itu tidak mengantisipasi kemungkinan membeludaknya penumpang. Sehingga, jumlah petugas medis yang melayani kurang memadai.

Alif mengaku tidak mengetahui sebelumnya jika pihak pelabuhan akan menggelar pemeriksaan tersebut kepada calon penumpang. Sebab, tidak ada pemberitahuan.

”Penumpang tujuan Pulau Raas yang didahulukan. Untuk Kepulauan Sapudi setelahnya. Tidak tahu kalau akan ada rapid test masal. Sesampainya di sini sudah ada kegiatan ini,” kata Alif.

Kepala KSOP Kalianget Supriyanto menyampaikan, pelaksanaan rapid test masal sebagai bentuk upaya menekan persebaran Covid-19. Selain itu, untuk memenuhi persyaratan mengikuti pelayaran dari Pelabuhan Kalianget. ”Kami mendapat bantuan dari Pelindo. Semua tujuan akan dilakukan rapid test yang dari Pelabuhan Kalianget,” terangnya.

Terkait kerumunan calon penumpang yang mengantre, pihaknya mengaku sudah mengatur tempat sesuai protokol kesehatan. Mengenai terbatasnya petugas medis, dia mengaku sudah menerjunkan tim dari kantor kesehatan pelabuhan (KKP) dibantu dari Dinkes Sumenep.

”Kami tetap melaksanakan protokol kesehatan. Menggunakan masker dan menjaga jarak,” tegas Supriyanto.

Sementara itu, GM Pelindo III Kalianget Retno Pujianto menegaskan, setiap calon penumpang yang mengikuti rapid test tidak dipungut biaya. Sebab, kegiatan tersebut merupakan program yang sudah dicanangkan dengan menarget 50 ribu orang se-Jawa Timur (Jatim). Untuk Pelindo III Kalianget mendapat jatah rapid test sebanyak 3.500 pcs.

”Sasaran pertama memang calon penumpang dari Pelabuhan Kalianget. Kalau masih kurang, kami juga akan laksanakan pada masyarakat di wilayah Kalianget,” paparnya.

Dia berharap kesempatan pemeriksaan cepat gratis itu bisa dimanfaatkan masyarakat. Jika dari hasil tes ditemukan ada warga yang reaktif, pihaknya akan memasrahkan sepenuhnya kepada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep.

”Hari ini (kemarin, Red) ada ratusan calon penumpang untuk dua penyeberangan. Ke Raas dan Jangkar,” tandasnya.

(mr/bad/onk/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia