alexametrics
Rabu, 15 Jul 2020
radarmadura
Home > Berita Kota
icon featured
Berita Kota

Surat Sehat Berlaku Tiga Hari

02 Juni 2020, 08: 10: 59 WIB | editor : Abdul Basri

SYARAT: Warga mengurus surat kesehatan di Puskesmas Arjasa, Pulau Kangean, Sumenep, kemarin.

SYARAT: Warga mengurus surat kesehatan di Puskesmas Arjasa, Pulau Kangean, Sumenep, kemarin. (BADRI STIAWAN/RadarMadura.id)

Share this      

SETIAP aktivitas perjalanan menggunakan transportasi umum, baik di darat, laut, maupun udara kini harus menyertakan surat keterangan sehat. Ketentuan itu diberlakukan untuk menekan persebaran Covid-19. Termasuk di Kabupaten Sumenep.

Jawa Pos Radar Madura (JPRM) mencoba memohon surat keterangan sehat ke Puskesmas Arjasa, Pulau Kangean, kemarin (1/6). Surat tersebut akan digunakan untuk menyeberang dari Pelabuhan Batu Guluk ke Kalianget.

Sebelum mendapat surat, tim medis puskesmas memeriksa tensi darah, detak jantung, suhu tubuh, dan pemeriksaan medis lainnya. Setelah dinyatakan tidak ada gejala Covid-19 di antaranya sesak napas karena infeksi saluran pernafasan, secarik kertas diberikan. Sebagai syarat untuk memanfaatkan transportasi laut di tengah wabah Covid-19.

Kepala Puskesmas Arjasa Hidayatur Rahman menyampaikan, masa surat keterangan sehat tersebut hanya berlaku tiga hari. Warga yang akan melakukan perjalanan antardaerah maupun sedaerah menggunakan transportasi umum saat ini harus memiliki surat tersebut.

”Kalau habis masa berlakunya, harus periksa atau melakukan permohonan kembali. Baik ke rumah sakit maupun puskesmas,” ungkapnya.

Surat kesehatan syarat perjalanan dalam rangka pencegahan Covid-19 minimal dikeluarkan setingkat puskesmas. Sedangkan untuk surat keterangan sehat dari praktik medis perseorangan tidak masuk dalam kriteria.

”Surat keterangan sehat ini sudah menjadi keharusan saat ini. Karena ini bagian dari cara untuk menekan persebaran Covid-19,” jelas Dayat.

(mr/bad/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia