alexametrics
Kamis, 04 Jun 2020
radarmadura
Home > Bangkalan
icon featured
Bangkalan

Anggaran Pengadaan PJU Dipangkas 50 Persen

23 Mei 2020, 18: 59: 42 WIB | editor : Abdul Basri

TERANG: Penerangan jalanan umum baru saja diperbaiki di Jalan Soekarno-Hatta Bangkalan kemarin.

TERANG: Penerangan jalanan umum baru saja diperbaiki di Jalan Soekarno-Hatta Bangkalan kemarin. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Penerangan jalan umum (PJU) di Bangkalan belum sepenuhnya tersebar secara merata. Namun, anggarannya terpotong untuk penanganan Covid-19. Sehingga, tambahan pengadaannya terancam tak bisa direalisasikan.

Dinas Perhubungan Bangkalan hanya mempu menambah dua unit baru PJU yang lokasinya belum ditentukan. Selain itu, semua PJU yang rusak atau tidak maksimal direncanakan akan dilakukan perbaikan berkala.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bangkalan Ariek Moein menyampaikan, tahun ini pihaknya gagal menambah banyak PJU di beberapa titik yang sebelumnya sudah direncanakan. Seperti titik rawan kecelakaan dan rawan terjadi pembegalan.

”Kami sudah merencanakan penambahan dalam jumlah banyak, tapi gagal karena adanya refocusing anggaran itu,” terangnya kemarin (22/5).

Menurut Ariek, pemotongan anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 cukup merugikan. Apalagi pemotongan hingga 50 persen dari total anggaran. ”Kami kemungkinan hanya bisa tambah 2 baru,” ujarnya.

Dishub juga akan melakukan perawatan berkala secara langsung terhadap PJU yang korslet atau tidak maksimal. Sebab, untuk biaya perawatannya beda anggaran. ”Sementara ini, menjelang Lebaran, kami akan maksimalkan di area perkotaan terlebih dahulu, yang lainnya menyusul,” ulasnya.

Kepala Seksi Pengembangan Sarana dan Prasarana Dishub Bangkalan Hasanuddin menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan bahan dengan anggaran yang sudah disediakan sebelumnya. Tetapi, harus diubah ulang lantaran ada perubahan kondisi keuangan. Sementara lokasi penambahan dua PJU baru tersebut masih dipantau. ”Kami akan memilih tempat yang memang benar-benar darurat dan sangat dibutuhkan masyarakat,” paparnya.

Hasan menambahkan, saat ini perbaikan dan perawatan PJU di area perkotaan sedang digenjot. ”Kami sudah selesaikan beberapa titik dan akan diselesaikan sebelum Lebaran tiba,” pungkasnya. (hel)

(mr/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia