alexametrics
Kamis, 04 Jun 2020
radarmadura
Home > Sumenep
icon featured
Sumenep

Satgas Tes Cepat Jamaah Salat Jumat

23 Mei 2020, 18: 52: 51 WIB | editor : Abdul Basri

MENDUNG: Warga berjalan di depan Masjid Jamik Sumenep kemarin.

MENDUNG: Warga berjalan di depan Masjid Jamik Sumenep kemarin. (BADRI STIAWAN/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sumenep melakukan rapid test kepada jamaah salat jumat di Masjid Jamik Sumenep kemarin (22/5). Namun, kegiatan dalam rangka mendeteksi persebaran Covid-19 itu tidak mendapat sambutan hangat dari takmir masjid.

Ketua Takmir Masjid Jamik Sumenep Husin Satriawan menyampaikan, kedatangan Tim Satgas 19 tanpa ada pemberitahuan maupun koordinasi sebelumnya. Hal itu membuatnya berang. Menurut dia, kegiatan yang dipimpin Bupati Sumenep A. Busyro Karim dan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) itu kurang etis.

”Masjid ini memang punya umat muslim. Tapi, ada yang ngurus. Saya tidak tahu, tiba-tiba mereka (Tim Satgas Covid-19) sudah di dalam. Tidak ada koordinasi,” ungkapnya.

Dia berharap pemkab maupun Tim Satgas Covid-19 duduk bersama dengan ulama dan anggota takmir terkait upaya pencegahan. Termasuk kegiatan rapid test pada jamaah di lingkungan masjid bersejarah tersebut.

”Karena kalau sudah ada jamaah yang dianggap ada indikasi Covid-19, bisa jadi dibuat alasan untuk menutup aktivitas di masjid,” kata Husin.

Pria berkopiah itu memaparkan, jika dari awal pihaknya sudah melakukan sosialisasi soal upaya pencegahan Covid-19. ”Kami sudah sediakan tempat mencuci tangan di pintu masuk. Kami juga sudah imbau para jamaah,” tuturnya.

Bupati Sumenep A. Busyro Karim menerangkan, tes cepat dilakukan secara acak untuk mengetahui sebaran Covid-19. Kegiatan serupa juga akan digelar kembali dengan cara acak di tempat-tempat tertentu. ”Di pasar, masjid, atau di mana pun. Namanya juga acak,” ujar bupati dua periode itu.

Kasubbaghumas Polres Sumenep AKP Widiarti menyebut, ada 30 jamaah salat Jumat di masjid tersebut yang dites. Hasilnya masih menunggu dari Tim Satgas Covid-19 Sumenep. ”Sampel ada 30 orang yang dites,” ucapnya. 

(mr/bad/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia