alexametrics
Kamis, 04 Jun 2020
radarmadura
Home > Berita Kota
icon featured
Berita Kota

Tiga Belas Orang Sudah Sembuh

21 Mei 2020, 18: 37: 48 WIB | editor : Abdul Basri

ALHAMDULILLAH SEMBUH: Pasien ke-12 Lusiana Dewi didampingi dr Catur Budi saat hendak dipulangkan dari RSUD Syamrabu kemarin.

ALHAMDULILLAH SEMBUH: Pasien ke-12 Lusiana Dewi didampingi dr Catur Budi saat hendak dipulangkan dari RSUD Syamrabu kemarin. (RadarMadura.id)

Share this      

”Tambahan pasien yang sembuh dua orang. Total semuanya sudah enam orang,” sebutnya. (Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan Agus Zein)

PASIEN positif Covid-19 di Madura mencapai 58 orang per 20 Mei kemarin. Sementara yang sudah dinyatakan sembuh ada 13 orang. Dengan demikian, tingkat kesembuhan sebesar 22,41 persen.   

Ada tiga pasien yang dinyatakan sembuh kemarin. Yakni, pasien 04 dan 12 di Bangkalan dan pasien 01 di Sampang.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan Agus Zein mengutarakan, banyak pasien positif Covid-19 berangsur-angsur sembuh. Kali ini giliran pasien ke-4 bernama Tri Rudini, 33, warga Desa Mlajah dan pasien ke-12 Lusiana Dewi, 29, asal Kelurahan Bancaran.

”Pada 18 Mei, pasien ke-4 dinyatakan sembuh dari Covid-19. Yang bersangkutan sudah dipulangkan dan tetap melakukan isolasi mandiri,” kata Agus kemarin (20/5).

Tri Rudini divonis positif Covid-19 pada 12 April. Itu setelah hasil swab dari Laboratorium Litbangkes Jakarta turun. ”Sebelum terpapar, yang bersangkutan pernah dirawat inap di Puskesmas Socah,” terangnya.

Bahkan, juga pernah di-rapid test di RSUD Syamrabu Bangkalan. Hasilnya nonreaktif. Namun, pada 3 April dia berobat ke RSJ Menur, Surabaya. Sembari berobat, dia juga menjalani rapid test, hasilnya reaktif.

 ”Sampai dinyatakan positif Covid-19 ya di rumah sakit itu (RSJ Menur, Surabaya). Bahkan, dinyatakan sembuh juga dari sana, bukan dirawat di RSUD Syamrabu,” jelasnya.

Adapun, pasien ke-12 bernama Lusiana Dewi boleh pulang kemarin. Sebab, sudah dinyatakan sembuh dan bebas dari virus korona. Tenaga honorer kejaksaan itu merupakan pasien berstatus orang tanpa gejala (OTG).

”Tambahan pasien yang sembuh dua orang. Total semuanya sudah enam orang,” sebutnya.

Humas Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan dr. Catur Budi Keswardiono menambahkan, pasien Lusiana Dewi dirawat di RSUD Syamrabu selama 20 hari. Setelah hasil swab tenggorokan dua kali berturut-turut di laboratorium Surabaya, ternyata hasilnya negatif.

”Meskipun awal-awal dia mengalami stres, tapi alhamdulillah pasien kooperatif,” ceritanya.

Yang bersangkutan boleh pulang. Namun, pihaknya tetap menyarankan untuk isolasi mandiri selama 14 hari. ”Wajib isolasi mandiri walaupun sudah sembuh,” tegasnya.

Kabar baik juga datang dari pasien 01 di Sampang yang dinyatakan sembuh. Hal itu berdasarkan data sebaran Covid-19 Provinsi Jawa Timur. Kendati begitu, Gugus Tugas Covid-19 Sampang belum memulangkan yang bersangkutan dari rumah perawatan BLK.

Jubir Gugas Covid-19 Sampang Moh. Djuwardi menyatakan, kondisi kesehatan pasien 01 sudah baik. Hasil swab kedua juga sudah keluar. Hasil swab satpam Pasar Rongtengah tersebut negatif.

Hal itu menjadi salah satu pertimbangan provinsi memasukkan pasien inisial A sebagai pasien yang sudah sembuh. ”Ini masalah cara pandang. Tim provinsi menyatakan swab kedua negatif sehingga dinyatakan sembuh,” katanya.

Kendati begitu, pihaknya tidak mau mengambil risiko. Standar pasien dinyatakan sembuh total jika hasil swab kali kedua negatif. Sementara, hasil swab negatif pasien satpam Pasar Rongtengah baru satu kali.

Djuwardi menyampaikan, jika hasil swab lanjutan pada pasien A negatif, maka akan dipulangkan. ”Kita tunggu saja hasilnya. Doakan semoga hasilnya negatif,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan anggota Tim Kesehatan Gugas Covid-19 Sampang Agus Mulyadi. Sampel usap tenggorokan satpam Pasar Rongtengah tersebut sudah dikirm ke RSUD dr Soetomo. Kendati begitu, pihaknya belum bisa memastikan kapan hasilnya akan diketahui.

”Normalnya dalam lima sampai tujuh hari sudah diketahui. Tapi sepertinya sekarang semakin lama, karena antreannya juga lama,” ujarnya. (bil)

(mr/daf/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia