alexametrics
Kamis, 04 Jun 2020
radarmadura
Home > Bangkalan
icon featured
Bangkalan

Positif Covid-19 di Bangkalan Tembus 24, Pasien Ke-23 Karyawan Bank

18 Mei 2020, 18: 11: 25 WIB | editor : Abdul Basri

PENANGANAN KHUSUS: Petugas Tim Gugus Tugas Bangkalan saat menjemput pasien ke-23 di rumahnya di Kecamatan Labang, Sabtu malam (16/5).

PENANGANAN KHUSUS: Petugas Tim Gugus Tugas Bangkalan saat menjemput pasien ke-23 di rumahnya di Kecamatan Labang, Sabtu malam (16/5). (RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Warga Bangkalan positif terpapar Covid-19 bertambah dua orang. Saat ini angkanya mencapai 24. Pasien ke-23 merupakan seorang karyawan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jatim yang beroperasi di Kota Salak.

Pasien positif Covid-19 ke-23 itu berinisial B. Sebelumnya, dia melakukan survei ke salah satu rumah nasabah di Kecamatan Kamal. Ternyata, nasabah itu diketahui masuk dalam deretan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 lebih dulu.

Kemudian, pria berusia 52 tahun itu langsung dirumahkan oleh pihak kantornya. Meskipun, B tidak mengalami keluhan apa pun atau masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan Agus Zein mengutarakan, atas inisiatifnya sendiri, pada 30 April, karyawan bank tersebut melakukan rapid test mandiri di RS Unair Surabaya. Hasilnya kala itu masih nonreaktif atau negatif. ”Hasil rapid test negatif. Dia melakukan rapid test mandiri,” katanya kemarin (17/5).

Setelah hasil rapid tes negatif, B belum puas. Untuk memastikan keraguannya, dia melanjutkan dengan pemeriksaan swab melalui metode PCR. Pemeriksaan swab itu dilakukan pada 11 Mei.

”Selama menunggu hasil swab, dia isolasi mandiri di rumahnya. Karena memang dia tidak apa-apa,” ujar Agus.

Lalu, pada Sabtu (16/5), hasil swab menyatakan jika pria asal Labang itu positif Covid-19. Kini, yang bersangkutan sudah dirawat di RSUD Syamrabu Bangkalan. ”Tadi malam (16/5) tepatnya pukul 19.30, sudah dijemput dan langsung dirujuk ke RSUD,” terangnya.

Sementara pasien positif Covid-19 ke-24 berinisial SW, 29, asal Kecamatan Kamal. Dia tidak pernah pergi ke luar negeri. Bahkan, luar kota pun juga tidak pernah. Namun, suami SW pernah bekerja sebagai pelayaran di luar negeri. Tetapi, sudah lama berhenti. Kini, suami SW hanya berlayar di dalam negeri, yakni antar pulau.

Menurut Agus Zein, tepat 1 Mei, SW periksa ke salah satu bidan desa dengan keluhan pusing. Namun, selang satu minggu tak kunjung sembuh. Akhirnya, SW pergi ke RSU Anna Medika dengan keluhan yang sama.

”SW dilakukan pemeriksaan di RSU Anna Medika berupa pemeriksaan laboratorium,” beber Agus.

Tak berlangsung lama, SW dirujuk ke RSUD Syamrabu Bangkalan. Yang bersangkutan langsung dilakukan tes cepat. Hasilnya reaktif dan ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

”Setelah di-rapid test, ternyata hasilnya positif. Karena positif, langsung dilakukan swab,” jelasnya.

Saat ini SW masih berada di RSUD Syamrabu Bangkalan menjalani pengobatan. Lalu, pada Sabtu sore (16/5), hasil swab SW keluar dan dinyatakan positif Covid-19. ”Dengan demikian, SW pasien positif Covid-19 yang ke-24,” pungkasnya.

(mr/onk/daf/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia