alexametrics
Minggu, 05 Apr 2020
radarmadura
Home > Politik Pemerintahan
icon featured
Politik Pemerintahan

KPU Resmi Tunda Seluruh Tahapan Pilbup

26 Maret 2020, 08: 04: 17 WIB | editor : Abdul Basri

KPU Resmi Tunda Seluruh Tahapan Pilbup

Share this      

SUMENEP – Seluruh tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sumenep 2020 resmi ditunda sampai batas yang tak ditentukan. Langkah itu diambil karena virus korona mewabah di sejumlah daerah.

Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Sumenep Rafiqi membenarkan adanya penundaan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kota Keris. Keputusan itu merupakan tindak lanjut Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 8/2019.

”Setelah ada keputusan dari KPU RI, kami langsung menggelar rapat pleno, Senin (23/3),” ungkap Rafiqi saat dikonfirmasi Selasa (24/3).

Dari hasil rapat pleno tersebut, KPU Sumenep mengeluarkan surat keputusan Nomor 114 tertanggal 23 Maret 2020. Ada tiga poin dalam surat tersebut. Salah satunya, penundaan masa kerja panitia pemungutan suara (PPS) di 27 kecamatan yang dikukuhkan Minggu lalu (22/3).

Tahap pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang dijadwalkan 26 Maret hingga 15 April juga ditunda. Termasuk tahap pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih. Tahapan ini semula akan digelar pada 18 April sampai 17 Mei 2020.

Dalam surat tersebut juga disebutkan penundaan tahap pemutakhiran data pemilih. Awalnya tahapan ini diagendakan pada 23 Maret hingga 17 April. Ditundanya sejumlah agenda tersebut diperkirakan berdampak pada pelaksanaan tahapan atau agenda pilbup lainnya.

”Tapi, sampai saat ini belum ada perubahan untuk hari H. Pemungutan suara sementara tetap 23 September. Hanya tahapan-tahapan agenda terdekat yang ditunda,” terangnya.

Rafiqi menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan waktu dan kelanjutan pelaksanaan tahapan pilbup. Pihaknya masih menunggu keputusan lebih lanjut dari KPU RI untuk melaksanakan tugas kepemiluan.

”Perkembangannya, kami tetap menunggu petunjuk KPU RI. Tidak tahu sampai kapan. Mudah-mudahan Covid-19 ini segera teratasi,” harapnya. 

(mr/bad/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia