alexametrics
Minggu, 05 Apr 2020
radarmadura
Home > Sampang
icon featured
Sampang

Baca Burdah Keliling Desa

24 Maret 2020, 18: 47: 24 WIB | editor : Abdul Basri

Baca Burdah Keliling Desa

Share this      

SAMPANG – Ratusan santri dan warga Desa Jatra Timur, Kecamatan Banyuates, membaca burdah keliling desa selama tiga malam. Mereka mengharap pertolongan Allah supaya terhindar dari virus korona (Covid-19).

H Taufik Abdulloh, salah seorang ustad di Desa Jatra Timur, menuturkan, baca burdah keliling merupakan inisiatif dirinya. Sebenarnya dia bersama para santri rutin tiap bulan sekali melakukan burdah keliling.

Namun, setelah mewabahnya virus korona di sejumlah daerah di Indonesia, baca burdah keliling ditambah menjadi tiga malam berturut-turut. Bulan ini dimulai pada 20–22 Maret.

”Alhamdulillah, burdah keliling ini direspons baik oleh warga. Untuk burdah kali ini, lebih kurang seratus lima puluh orang yang ikut keliling Desa Jatra,” terangnya kemarin (23/2).

Menurut dia, biasanya sebelum ada Covid 19, sangat minim warga yang ikut burdah keliling. ”Kami berdoa dan membaca salawat bersama agar desa kami dan seluruh warga terhindar dari mara bahaya. Terutama, virus korona ini,” harapnya.

Dia menyampaikan bahwa desa lainnya saat ini juga melaksanakan burdah keliling desa. Budaya itu sangat baik dipertahankan oleh warga di seluruh desa meski virus korona sudah tidak ada.

”Burdah ini faedahnya sangat banyak. Makanya, penting dijadikan sebagai kegiatan dan bacaan rutin masyarakat di desa,” paparnya.

Menurut dia, seluruh warga harus percaya bahwa wabah dan virus korona bisa dicegah dengan memohon pertolongan Tuhan Yang Mahakuasa. Selain itu, pihaknya tak lupa berpesan supaya terus menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

”Semoga kita semua masih diberikan pertolongan oleh Allah agar dijauhkan dari virus korona,” harapnya lagi.

Menanggapi hal itu, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Banyuates Hoirul Umam mengatakan, baca burdah di Kecamatan Banyuates masih menjadi tradisi bagi masyarakat. Sebab, sebagian ada yang meyakini bahwa bacaan burdah mampu menolak bala. ”Kami sangat mendukung kegiatan itu,” katanya. 

(mr/rus/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia