alexametrics
Minggu, 09 Aug 2020
radarmadura
Home > Pamekasan
icon featured
Pamekasan

Yuk Kenalan dengan Chika, Cara Baru BPJS Kesehatan Berikan Layanan

24 Maret 2020, 14: 04: 00 WIB | editor : Haryanto

SIMPLE: Petugas menunjukka cara mengakses Chika lewat WA.

SIMPLE: Petugas menunjukka cara mengakses Chika lewat WA. (BPJS Kesehatan for RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN – Kemudahan demi kemudahan terus dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) kepada para peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Terbaru, BPJS Kesehatan memperkenalkan Chika atau kepanjangan dari Chat Asistant JKN. Chika merupakan sarana pelayanan informasi dan pengaduan peserta JKN - KIS yang dapat diakses melalui media Facebook, Telegram atau WhatsApp.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan Elke Winasari menjelaskan, Chika merupakan layanan dalam bentuk chat bot, atau layanan informasi yang secara otomatis direspon oleh sistem.

Melalui Chika ini, peserta JKN – KIS dapat mengakses pelayanan cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data fasilitas kesehatan, maupun informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor BPJS Kesehatan terdekat.

“Untuk mengakses Chika, ada tiga cara. Pertama lewat Facebook Messenger melalui akun BPJS Kesehatan RI dan kedua lewat Telegram BPJSKes_bot. Kalau melalui WhatsApp ke nomor 08118750400. Nanti sistem yang akan merespon kebutuhan peserta,” jelasnya.

Elke berharap, dengan bertambahnya kanal – kanal pelayanan peserta yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan, peserta JKN – KIS dapat melakukan pelayanan secara mandiri tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan.

“Untuk layanan – layanan yang bisa diakses secara mandiri, bisa memanfaatkan kanal pelayaan seperti Chika, Mobile JKN, ataupun care center 1500400 ini ya. Tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan. Apalagi, pasca merebaknya Covid-19. Kita harus melakukan Social Distancing dan tetap di rumah,” imbuhnya.

Layanan Chika yang diluncurkan BPJS Kesehatan diapresiasi Budi Handoko, mahasiswa asal Kecamatan Larangan. Hal ini membuktikan bahwa BPJS Kesehatan terus mengikuti perkembangan tekhnologi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta.

“Sekarang, rata – rata hampir semua orang, terutama kalangan milenial pasti punya WA (WhatsApp, Red) lah ya. Jadi, adanya layanan Chika ini merupakan sesuatu yang sangat baik,” pungkasnya. (ar/tw)

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia