alexametrics
Minggu, 05 Apr 2020
radarmadura
Home > Pamekasan
icon featured
Pamekasan

Pemkab Pastikan Satgas Bekerja Maksimal

20 Maret 2020, 16: 14: 01 WIB | editor : Abdul Basri

BERWIBAWA: Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat meluncurkan program Pamekasan Bersalawat beberapa waktu lalu.

BERWIBAWA: Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat meluncurkan program Pamekasan Bersalawat beberapa waktu lalu. (ONGKY ARISTA UA./RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN – Pemkab Pamekasan merampungkan surat keputusan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Non-Alam dan Pencegahan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Rabu malam (18/3). Penerbitan SK tersebut menandai dimulainya kerja-kerja antisipasi persebaran Covid-19 di Pamekasan secara lebih masif dan terstruktur. Termasuk dimulainya pelaporan atau update informasi terkait perkembangan wabah tersebut.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyampaikan, mulai dari pasar, titik keramaian, dan sejumlah tempat pelayanan publik lainnya secara bergantian atau terjadwal akan disemprot cairan disinfektan. Jadwalnya akan disesuaikan dengan hari pasaran (untuk pasar).

Sementara prosesnya secara berkelanjutan akan dirampungkan oleh tim satgas yang sudah dibentuk. Selain itu, Bupati Baddrut Tamam menyampaikan akan menyediakan posko atau kesekretariatan khusus penanganan Covid-19. Juru bicara khusus dalam antisipasi wabah ini adalah Kabag Humas dan Protokol Setkab Pamekasan Sigit Priyono.

”Kita nanti akan update terus. Bahkan, update-nya nanti tidak setiap hari, melainkan setiap jam,” sambung politikus PKB tersebut. Update tersebut dianggap perlu oleh pemkab lantaran persebaran novel coronavirus (2019-nCoV) tersebut sangat cepat.

Baddrut Tamam juga memastikan bahwa per Rabu (18/3) Pamekasan masih aman. Untuk antisipasi, pemkab mengeluarkan imbauan. Agar setiap warga mempraktikkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun atau antiseptik.

Secara berurut, surat edaran imbauan bupati Pamekasan dikeluarkan sebanyak dua kali. Tertanggal 16 Maret edaran dikeluarkan untuk dinas pendidikan, dinas kesehatan, pimpinan BUMN dan BUMD, camat dan lurah. Kemudian keluar kembali surat edaran imbauan kewaspadaan tertanggal 17 Maret.

Edaran ini ditujukan kepada pengelola hotel, losmen, homestay, dan sejenisnya. Juga, ditujukan kepada pengelola restoran, rumah makan, kafe, dan tempat wisata.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanggulanagan Bencana Non-Alam dan Pencegahan Covid-19 Akmalul Firdaus menuturkan, pemkab sudah siap dan terus berkoordinasi dan melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan bersama sejumlah instansi terkait.

”Pemkab sudah menerbitkan SK siaga darurat terhitung mulai 18 Maret ini hingga 15 Mei atau sekitar dua bulan,” ungkapnya. Semua dinas terkait atau instansi yang tergabung dalam satgas tersebut sudah siap melaksanakan tugas masing-masing.

Posko atau kesekretariatan rencananya akan diletakkan di sekitar Pendapa Agung Ronggosukowati. ”Posko ini untuk serap informasi dari semua masyarakat tentang pencegahan wabah korona ini,” terangnya.

Ada sekitar 24 kepala dinas, instansi, dan bidang yang tergabung dalam satgas tersebut. Termasuk ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pamekasan dan Palang Merah Indonesia (PMI). (ky)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia