alexametrics
Kamis, 02 Apr 2020
radarmadura
Home > Features
icon featured
Features

Syaiful Hidayat, Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Smart

Tetap Bertugas meski Keluarga Cemas

19 Maret 2020, 13: 14: 21 WIB | editor : Abdul Basri

SEMANGAT: Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Smart Pamekasan Syaiful Hidayat.

SEMANGAT: Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Smart Pamekasan Syaiful Hidayat. (JUPRI/RadarMadura.id)

Share this      

Wabah virus korona membuat masyarakat khawatir. Namun hal itu tidak berlaku bagi petugas medis RSUD dr Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan. Termasuk yang diberi tugas khusus menangani Covid-19.

AKTIVITAS di RSUD Smart Pamekasan ramai seperti biasa. Pelayanan juga berjalan normal. Pengunjung terlihat keluar-masuk dari pintu utama rumah sakit pelat merah tersebut. Namun, ada perlakuan khusus bagi masyarakat yang datang ke rumah sakit di Jalan Raya Panglegur, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, itu.

Suhu tubuh setiap pengunjung diperiksa oleh petugas satpam menggunakan thermal scanner. Jawa Pos Radar Madura (JPRM) tidak luput dari pemeriksaan itu kemarin (18/3). Pertama pemeriksaan dilakukan ketika hendak memarkir kendaraan.

Petugas satpam dan karyawan rumah sakit kembali melakukan pemeriksaan suhu tubuh ketika JPRM hendak masuk ke ruang pelayanan. Jika suhu tubuh pengunjung di bawah 37 Celsius dan thermal scanner yang digunakan tidak berbunyi, masyarakat dapat diperkenankan masuk ke ruang pelayanan.

JPRM menemui Wakil Direktur (Wadir) Medik Mazar di lantai dua. Orang nomor 2 di lingkungan RSUD Smart tersebut memaparkan kesiapsiagaan lembaganya dalam penanganan Covid-19.

Mazar menyampaikan, lembaganya sudah membentuk tim pengendalian Covid-19. Tim itu sudah membuat regulasi tata cara penanganan penyakit yang membutuhkan penanganan khusus tersebut. Tim ini siap kerja 24 jam.

Ruang isolasi dan alat kesehatan (alkes) juga telah dipersiapkan. Untuk memperkecil penyebaran Covid-19, pihak rumah sakit membatasi masyarakat yang ingin berkunjung kepada pasien rawat inap. Juga, memeriksa suhu tubuh masyarakat yang datang. ”Setiap pasien hanya dapat ditemani 1 orang keluarganya,” tuturnya.

Setelah bertemu dengan Mazar, JPRM kemudian menemui Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 Syaiful Hidayat. Pria berkecamata itu meluangkan 10 menit waktunya di sela-sela memberikan bimbingan kepada mahasiswa kedokteran yang magang di RSUD Smart.

Syaiful menyampaikan, tim medis penanggulangan Covid-19 ada 10 orang. Tim itu terdiri atas beberapa dokter spesialis. Di antaranya, dokter spesialis paru-paru, patologi klinik, anestesi, dan dibantu tim apotek farmasi lainnya. Sedangkan ruang isolasi yang dipersiapkan dua kamar. Mereka siap siaga 24 jam jika ada masyarakat yang terpapar virus korona.

RSUD Smart Pamekasan tidak termasuk sebagai rumah sakit rujukan dalam penanganan korona. Namun, rumah sakit terbesar di Kota Gerbang Salam tersebut dengan alkes yang terbilang cukup lengkap dapat menangani dan menyembuhkan penderita Covid-19.

Sebagai petugas medis yang diberikan tugas menangani penyakit berbahaya tersebut, Syaiful mengakui keluarganya cukup cemas. Namun karena itu menjadi tugas dirinya sebagai dokter, harus siap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam situasi dan kondisi apa pun.

”Keluarga kami sama dengan psikologis masyarakat (khawatir). Bagi saya ini bagian dari tugas, karena penyakit ini menyerang saluran pernapasan,” ucap dokter spesialis paru-paru itu.

Syaiful menjelaskan, gejala bagi masyarakat yang terjangkit Covid-19 yaitu demam, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Namun tidak semua penyakit yang disebutkan dapat dijustifikasi sebagai penderita Covid-19. Perlu didukung faktor risiko sebelum menentukan pasien mengidap penyakit itu. Misalnya, pernah berada di daerah yang menjadi penyebaran Covid-19.

Syaiful berharap masyarakat tidak takut berlebihan. Namun, tetap waspada dan terus menjaga kesehatan dan kebersihan. Misalnya, dengan aktif membersihkan tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. (jup)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia