Sabtu, 18 Jan 2020
radarmadura
icon featured
Hukum & Kriminal

70 Persen WB Terjerat Narkoba, Kapolres: Kami Terus Buru Bandar

14 Januari 2020, 22: 25: 35 WIB | editor : Abdul Basri

DIBEKUK: Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi menunjukkan barang bukti narkoba dalam rilis di mapolres kemarin.

DIBEKUK: Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi menunjukkan barang bukti narkoba dalam rilis di mapolres kemarin. (BADRI STIAWAN/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Peredaran narkoba kian memprihatinkan. Nyaris setiap pekan, Polres Sumenep mengungkap kasus tindak pidana narkoba. Mulai dari pengguna, kurir hingga pengedar. Pengungkapan memang belum menyentuh bandar.

Data di Rutan Kelas II-B Sumenep, dari total 300 warga binaan (WB), 70 persen di antaranya karena terlibat tindak pidana narkoba. Dari data Polres Sumenep, kasus narkoba 2019 sebanyak 93 kasus. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 19,2 persen dibandingkan 2018 yang hanya 78 kasus.

Bupati Sumenep A. Busyro Karim menyampaikan, tantangan untuk menumpas peredaran narkoba cukup berat. Dengan 126 pulau, jalur-jalur untuk mengedarkan barang haram tersebut tidak mudah dideteksi. Pemkab, TNI-Polri, serta semua elemen perlu bersinergi. ”Tidak hanya jalur darat, tapi jalur laut juga menjadi atensi peredaran narkoba,” ungkapnya kemarin (13/1).

Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi menyebut Sumenep darurat narkoba. Dia mengaku sampai saat ini pihaknya terus bekerja keras untuk menumpas peredaran obat-obatan terlarang tersebut. ”Masalah narkoba ini menjadi persoalan kita bersama,” ujarnya.

Deddy berharap masyarakat bisa aktif membantu Polri dalam mengungkap kasus peredaran narkoba. Jika masyarakat mengetahui ada transaksi atau penggunaan narkoba, bisa langsung melaporkan kepada pihak berwajib. ”Kami masih terus berusaha memburu bandar,” ujar Deddy.

Kepala Rutan Kelas II-B Sumenep Agus Salim mengatakan, sejauh ini kasus narkoba memang mendominasi penghuni rutan. Pembinaan kepada warga binaan akan terus dilakukan agar bisa terlepas dari kecanduan narkoba. Di antaranya dengan memberikan kegiatan keterampilan dan aktivitas positif lain kepada warga binaan.

(mr/bad/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia