Sabtu, 18 Jan 2020
radarmadura
icon featured
Berita Kota
Waktu Kontraktor Tinggal 20 Hari

Progres Pengerjaan Rest Area Baru 60 Persen

12 Desember 2019, 11: 35: 17 WIB | editor : Abdul Basri

TERIK: Pekerja hendak istirahat di area proyek rest area di Desa Pangpong, Kecamatan Labang, kemarin.

TERIK: Pekerja hendak istirahat di area proyek rest area di Desa Pangpong, Kecamatan Labang, kemarin. (RadarMadura.id)

Share this      

SURABAYA ­­– CV Grand Jaya belum menyelesaikan pembangunan rest area sisi barat di Kawasan Kaki Jembatan Suramadu sisi Madura (KKJSM) tahap IV. Sampai kemarin progres pengerjaan baru 60 persen. Padahal deadline pengerjaan tinggal 20 hari lagi.

Proyek tersebut melekat di Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS). Lokasinya di Desa Pangpong, Kecamatan Labang, Bangkalan.

BPWS menggelontorkan Rp 9.473.951.000 untuk pembangunan rest area sisi barat di KKJSM tahap IV. Harga perkiraan sendiri (HPS) sebesar Rp 9.451.957.424. CV Grand Jaya jadi pemenang tender dengan harga terkoreksi Rp 8.345.786.854,83.

Seat Manager CV Grand Jaya Sugeng Rastiadji mengutarakan, pasca teken kontrak, pihaknya langsung melakukan beberapa langkah. Mulai survei lokasi dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat hingga pengerjaan. ”Progres pengerjaan (60 persen) sudah sesuai,” ujarnya kemarin (11/12).

Menurut dia, sedikitnya ada empat item pengerjaan. Di antaranya, pemasangan paving. Beberapa bagian sudah rampung dan beberapa bagian lainnya masih proses pengerjaan. Lalu, pemasangan selasar pejalan kaki.

Penyangga coran dan besi sudah terpasang. Tinggal pemasangan atap. Semua bahan atap sudah rampung, tinggal pemasangan. Selain itu, menggarap pembuatan taman. Tinggal menambah hiasan bunga maupun pepohonan. Sementara pemasangan pagar BRC sudah rampung.

Sugeng optimistis pekerjaan rampung tepat waktu pada 31 Desember 2019 mendatang. Sebab, beberapa pekerjaan inti sudah rampung. Tinggal menggarap pekerjaan ringan-ringan dan mudah dilakukan.

Apalagi pihaknya mempekerjakan 65 orang. Lalu, digarap siang-malam. Semua item digarap secara bersamaan atau simultan. ”Setiap item pekerjaan sudah ada tukang masing-masing. Kami garap bersamaan setiap item. Jadi kami optimistis rampung tepat waktu,” tegasnya.

Sugeng memastikan pengerjaan proyek pembangunan rest area sudah sesuai rencana anggaran biaya (RAB). Konsultan pengawasan dan BPWS juga intens melakukan pemantauan untuk mengetahui progres dan kualitas pekerjaan. ”Pasti kami kerjakan sesuai RAB,” imbuhnya.

Kepala Divisi Data dan Informasi BPWS Pandit Indrawan mengaku sering memantau langsung ke lokasi proyek. Progres pengerjaan proyek sudah sesuai. Kemudian, rekanan menggarap pekerjaan juga sudah sesuai RAB.

Pandit meminta rekanan bisa merampungkan proyek tersebut tepat waktu dan terus dikerjakan sesuai ketentuan. Dengan demikian, kualitas proyek bagus dan bisa bermanfaat bagi masyarakat. ”Intinya kami minta rekanan bisa merampungkan tepat waktu dan dikerjakan sesuai RAB,” imbaunya.

(mr/bam/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia