Selasa, 28 Jan 2020
radarmadura
icon featured
Bangkalan

BPKAD Tertutup tentang Serapan APBD 2019

11 Desember 2019, 15: 33: 19 WIB | editor : Abdul Basri

Plt Kepala BPKAD Bangkalan Abdul Aziz

Plt Kepala BPKAD Bangkalan Abdul Aziz (RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Saat instansi pemerintah berlomba-lomba membenahi pelayanan. Termasuk dalam hal keterbukaan informasi publik. Namun, hal tersebut tidak terlihat di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangkalan.

OPD yang dipimpin Abdul Aziz itu sangat tertutup ketika ditanya serapan APBD 2019. Bahkan, Aziz terkesan menghindar dengan dalih tidak punya wewenang. Hal itu tidak sesuai dengan komitmen Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron tentang keterbukaan informasi publik.

Menurut dia, untuk memberikan informasi serapan anggaran, pihaknya perlu mendapatkan izin dari Pj Sekkab Bangkalan Setijabudhi. ”Harus saya sampaikan dulu pada Sekkab. Saya nggak punya wewenang,” kata Plt kepala BPKAD Bangkalan tersebut.

Aziz menjelaskan, pelayanan informasi yang berkaitan dengan instansi pemerintah sudah ada bidang yang menangani. Yakni, diskominfo. ”Satu pintu ke diskominfo,” kelitnya.

 Sementara itu, Pj Sekkab Bangkalan Setijabudhi mengatakan, sekarang ini era keterbukaan. Tidak perlu ada yang ditutup-tutupi selama itu data publik. Termasuk, informasi serapan APBD 2019. Sebab, hal itu bukan data yang bersifat rahasia. ”Ini kan era keterbukaan. Tidak perlu minta izin segala. Apalagi hanya serapan APBD,” katanya kesal.

Budhi menyampaikan, sudah saatnya instansi pemerintah lebih terbuka selama itu bukan rahasia negara. ”Masyarakat juga perlu tahu tentang serapan APBD,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Ketua KI Bangkalan Yunus Mansur Yasin mengaku tidak elok ketika di era sekarang masih ada instansi pemerintah yang tidak terbuka. Dasar hukumnya jelas, yakni Undang-Undang Nomor 14 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. ”Ada sanksi pidana kalau badan publik tidak menjalankan UU KIP itu,” katanya. 

(mr/han/daf/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia