Sabtu, 18 Jan 2020
radarmadura
icon featured
Sampang

Disperta Sediakan 335 Ton Benih

07 Desember 2019, 16: 10: 26 WIB | editor : Abdul Basri

PANEN DINI: Petani mengarit tanaman jagung untuk pakan ternak di Desa Taddan, Kecamatan Camplong, kemarin.

PANEN DINI: Petani mengarit tanaman jagung untuk pakan ternak di Desa Taddan, Kecamatan Camplong, kemarin. (ANIS BILLAH/RadarMadura.id)

Share this      

SAMPANG – Dinas Pertanian (Disperta) Sampang menyediakan bantuan 355 ton benih kepada kelompok tani (poktan). Yakni, 250 ton benih padi dan 85 ton benih jagung.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pertanian Sampang Suyono mengatakan, hampir setiap musim tanam pihaknya menyiapkan bantuan benih bagi petani. Yaitu, 250 ton benih padi yang diproyeksikan untuk lahan 10 ribu hektare.

Sementara untuk benih jagung lebih sedikit. Saat ini disperta menyalurkan 85 ton benih jagung untuk penananman 5 ribu hektare lahan. ”Penerima bantuan bibit ini merata di semua kecamatan,” terangnya kemarin (6/12).

Suyono memastikan kebutuhan lain untuk menunjang pertumbuhan tanaman juga masih aman. Termasuk ketersediaan pupuk. ” Intinya, petani tidak usah khawatir. Insyaallah semuanya aman,” klaimnya.

Pria berkacamata itu mengimbau agar petani tidak terburu-buru bercocok tanam. Pasalnya, saat ini air hujan belum merata.

Berdasarkan perkiraan, kemungkinan hujan akan merata pada minggu ketiga Desember. Namun, petani harus mulai siap-siap bercocok tanam. Hal itu penting agar perkembangan tanaman tumbuh dengan baik.

”Normal dalam arti misalnya dalam seminggu turun hujan sampai tiga kali. Jangan sampai setelah bercocok tanam tiba-tiba tidak ada hujan. Nanti petaninya rugi dua kali,” pungkasnya. (bil)

(mr/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia