Senin, 16 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Hunting System Upaya Mencegah Kriminalitas

03 Desember 2019, 09: 18: 23 WIB | editor : Abdul Basri

BELUM JERA: Anggota Satlantas Polres Suemenep ketika memeriksa kelengkapan pengendara di Jalan Slamet Riyadi, Pabian, Sumenep, kemarin.

BELUM JERA: Anggota Satlantas Polres Suemenep ketika memeriksa kelengkapan pengendara di Jalan Slamet Riyadi, Pabian, Sumenep, kemarin. (JUANIDI PONDIYANTO/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Satlantas Polres Sumenep gencar melakukan operasi pelanggaran lalu lintas. Dalam melakukan operasi, korps berselempang putih tersebut menerapkan hunting system. Tujuannya, menekan kecelakaan lalu lintas dan mempersempit ruang kriminalitas.

Kasatlantas Polres Sumenep AKP Deddy Eka Aprianto melalui Kanit Turjawali Ipda Moh. Rofiq menyampaikan, personel tersebar di berbagai titik. Mereka akan memantau pengendara yang melakukan pelanggaran kasatmata. Misalnya, tidak menggunakan helm dan tidak menyalakan lampu kendaraan pada siang hari.

Kemudian, menindak pengendara yang tidak menggunakan spion dan menggunakan handphone saat berkendara. Keberadaan petugas tersebut diharapkan menjadi kontrol bagi seorang yang akan melakukan tindak kejahatan di jalanan.

Menurut dia, terkadang kejahatan dilakukan karena ada kesempatan, bukan karena diniatkan. Namun, dengan operasi hunting system akan mengurungkan niat penjahat untuk melanjutkan aksinya. Untuk pelanggar lalu lintas akan tetap ditindak sebagaimana mestinya.

Dirinya berharap kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Tidak hanya ketika ada jadwal operasi stasioner. Dengan begitu, kecelakaan lalu lintas yang menimbulkan korban jiwa dapat diminimalkan. Rambu-rambu lalu lintas harus ditaati. ”Termasuk berkendara dalam jarak dekat, apalagi jauh,” jelasnya.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh pengendara agar menggunakan kelengkapan berkendara. Termasuk, membawa surat-surat kendaraan. ”Jangan sampai karena meremehkan sesuatu yang dianggap tidak begitu penting, bisa berakibat fatal, apalagi untuk keselamatan,” jelasanya. (c3)

(mr/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia