Senin, 16 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

DPMD Siap Hadapi Gugatan

Pastikan Pelantikan Digelar Tahun Ini

26 November 2019, 07: 09: 35 WIB | editor : Abdul Basri

DPMD Siap Hadapi Gugatan

Share this      

SUMENEP – Pesta demokrasi pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2019 tuntas digelar. Pemungutan suara tahap 1 untuk wilayah daratan digelar 7 November. Sedangkan tahap 2 digelar pada 14 November untuk wilayah kepulauan.

Tahun ini ada 226 desa yang menyelenggarakan pilkades. Yakni, 174 desa di 18 kecamatan daratan dan Kecamatan Talango. Sementara untuk wilayah kepulauan dilaksanakan di 52 desa yang tersebar di tujuh kecamatan.

Hingga kemarin (25/11), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep belum menentukan kapan pelantikan kepala desa terpilih. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Moh. Ramli juga tdiak bisa memberikan kepastian.

Namun rencananya, jelas Ramli, pelantikan akan digelar antara pekan ketiga atau akhir pekan Desember 2019. ”Belum. Segera ditetapkan tanggal pelaksanaannya. Yang jelas, tidak sampai lepas tahun,” ungkapnya kemarin (25/11).

Pihaknya mempertimbangkan pengelolaan anggaran desa. Jika dilantik akhir tahun, akan memudahkan pengelolaan keuangan desa. ”Jadi, momentumnya pas dengan pelantikan. Tidak ada kendala, hanya menyesuaikan momen,” kata Ramli.

Mengenai sejumlah gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), Ramli menyebut proses tersebut bisa saja tetap dilanjutkan. Pihaknya siap memfasilitasi segala bentuk proses hukum terkait pelaksanaan pilkades serentak tahun ini.

”Karena kami ingin pilkades ini selesai dan diterima semua pihak. Jadi, kalau ada masalah atau hal lain yang dianggap merugikan salah satu pihak, silakan tempuh jalur hukum yang berlaku,” tukasnya. 

(mr/bad/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia