Senin, 16 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Sampang

Menggelikan, Pasutri Sepakat Maju di Pilkades Aeng Sareh. Kok Bisa?

22 November 2019, 15: 32: 12 WIB | editor : Haryanto

SIAP MEMIMPIN: Mairi dan Surrotul Jannah diapit prajurit anggota TNI dan panitia di panggung utama TPS Pilkades Aeng Sareh.

SIAP MEMIMPIN: Mairi dan Surrotul Jannah diapit prajurit anggota TNI dan panitia di panggung utama TPS Pilkades Aeng Sareh. (Imam S Arrizal/RadarMadura.id)

Share this      

SAMPANG - Pelaksanaan Pilkades Aeng Sareh, Kecamatan Kota Sampang berbeda dengan daerah lainnya. Sebab, di desa ini, Calon Kepala Desa (Cakades) yang maju merupakan Pasangan Suami Istri (Pasutri). Mairi, cakades incumbent, bersaing dengan sang istri, Surrotul Jannah.

Amatan RadarMadura.id, panggung utama di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades Aeng Sareh seolah pelaminan. Sebab, dua kursi yang disiapkan panitia diduduki Mairi dan Surrotul Jannah. Keduanya sama-sama maju untuk mendapat suara rakyat.

Mengapa yang maju suami istri? Tentu semua sudah mafhum. Di desa tersebut tidak ada satu pun warga yang mau maju menandingi Mairi. Cakades incumbent itu satu-satunya yang mendaftar ke Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD).

Tapi, persyaratan tidak memperbolehkan calon tunggal. Akhirnya, dia memajukan istri tercintanya. P2KD membuka pendaftaran. Setelah tahapan kedua, tahapan ketiga, tidak ada yang mendaftar. ”Mungkin tokoh masyarakat masih percaya dengan kami untuk memimpin periode kedua,” katanya.

Tidak ada lawan politik membuat Mairi lebih enjoy. Dia tidak pernah turun untuk mengampanyekan diri. Baginya, siapa pun nanti yang terpilih sama saja. Dia mengaku siap manakala sang istri terpilih sebagai pemenang.

”Tidak apa-apa (istri terpilih), karena itu sudah maunya masyarakat,” jelasnya sembari disambut senyum oleh Surrotul Jannah. ”Apakah nanti saya yang menang, saya siap. Kalah juga siap. Kita bertarung,” tambahnya.

Surrotul Jannah mengakui hanya sebagai calon bayangan. Dia justru mendoakan sang suami kembali memimpin Aeng Sareh. Dia lebih enak mendampingi suami daripada menjadi kepala desa. ”Mudah-mudahan, ke depan bisa lebih baik, lebih amanah memimpin Aeng Sareh,” harapnya.

Ketua P2KD Aeng Sareh Ahmad Muwassak menlai pelaksanaan pilkades berlangsung aman dan damai. Ada 3.609 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Aeng Sareh. Mereka tersebar di enam dusun. Yakni Dusun Song Osong, Mandangin, Jlanyar, Demongan, Daksan, dan Takong.

Pihaknya menyediakan konsumsi untuk meningkatkan partisipasi warga. Setelah menggunakan hak suara, pemilih diberi nasi kotak. Panitia sudah menyiapkan ribuan nasi di pintu keluar TPS. ”Ini biasa, orang nyoblos dikasih nasi biar semarak,” katanya. (mam/luq)

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia