Selasa, 10 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Hukum & Kriminal

Gugatan ke PTUN terkait Pilkades DPMD Siap Ikuti Proses Hukum

17 November 2019, 15: 43: 30 WIB | editor : Abdul Basri

Gugatan ke PTUN terkait Pilkades DPMD Siap Ikuti Proses Hukum

Share this      

SUMENEP – Rentetan permasalahan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2019 belum usai. Masih terdapat delapan desa yang melakukan gugatan ke pengadilan tata usaha negara (PTUN). Tiga di antaranya dari kepulauan dan lima dari wilayah daratan.

Untuk wilayah kepulauan pihak yang melakukan gugatan yakni dari Desa/Kecamatan Gayam dan Desa Gendang Barat, Kecamatan Gayam. Kemudian, Desa Sepanjang, Kecamatan Sapeken. Sedangkan untuk daratan dari Desa Bulaan dan Juruan Laok, Kecamatan Batuputih. Selain itu, dari Desa Cangkreng dan Meddelan, Kecamatan Lenteng, serta dari Desa Kalimook, Kecamatan Kalianget.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Moh. Ramli menyampaikan, mayoritas gugatan yang dilayangkan terkait masa penyaringan cakades. Antara lain, mengenai dokumen persyaratan calon. Dalam hal ini ijazah. Sejauh ini, proses dari pengadilan masih sebatas pemanggilan pihak.

”Belum ada putusan dari PTUN. Sidangnya belum dilakukan. Tapi, kami akan tetap memfasilitasi jika ada pihak yang akan mengangkat permasalahan ini ke jalur hukum,” ungkapnya kemarin (16/11).

Tidak hanya soal tahap pencalonan, Ramli juga mempersilakan pihak-pihak yang merasa keberatan terkait hasil pemungutan suara. Dengan catatan, semua proses harus dilalui sesuai prosedur dan berdasar aturan hukum.

”Atau permasalahan lain terkait pilkades bisa ditempuh melalui jalur hukum. Kami ingin pilkades ini benar-benar selesai tanpa permasalahan lagi,” ujar Ramli.

Dia menambahkan, tahap selanjutnya tinggal pelantikan Kades terpilih. Rencananya, pelantikan digelar antara pertengahan atau akhir Desember 2019. Namun, pihaknya belum memastikan tanggal pelaksanaan pelantikan tersebut.

”Pastinya tidak sampai lintas tahun. Paling lambat, akhir Desember sudah dilantik,” tandasnya.

(mr/bad/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia